Kartu Keluarga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

fungsi KK

Apabila Anda sudah berkeluarga tentunya harus mengurusi berbagai kebutuhan dalam rumah tangga, salah satunya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan memiliki kartu keluarga (KK) sendiri. Karena pada awal menikah mungkin masih ikut orang tuanya, dengan demikian jika sudah membina keluarga penting untuk memperhatikan dan memahami penting untuk pisah KK. 

Dokumen ini harus diperhatikan dan dipahami oleh Anda sebagai warga negara mengenai fungsi kartu keluarga itu ada banyak pilihannya. Dalam KK tersebut Anda akan menemukan susunan keluarga, jumlah anggota keluarga, dan hubungannya. Oleh karena itu, KK menjadi dokumen pendukung penting yang harus Anda perhatikan dan urus semuanya dengan baik. 

Pengertian Kartu Keluarga

Untuk Anda yang belum memahami mengenai KK tersebut, maka penting untuk memahami dan mengetahui beberapa pengertiannya secara menyeluruh. Dalam tahap ini KK adalah identitas yang memberikan mengenai susunan, jumlah, dan anggota keluarga yang ada. Pada prakteknya akan diberikan empat rangkap yang semuanya akan dipegang oleh kepala keluarga, Ketua RT, kelurahan, dan kecamatan.

Memiliki KK atau kartu keluarga ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, karena memberikan berbagai kemudahan dalam mengurus beberapa dokumen yang ada. Hal inilah pentingnya untuk memiliki KK tersebut. Dengan demikian apabila Anda belum mempunyainya, maka penting sekali untuk mengurusnya dan memenuhi semuanya. 

Dalam tahap ini fungsi kartu keluarga memang sangat banyak, karena akan mendapatkan berbagai kemudahan yang akan didapatkan nantinya. Apabila Anda tidak mempunyainya, maka akan kesulitan untuk mendapatkan dan membuat KTP. Hal ini akan sangat merugikan jika Anda status WNI, tetapi tidak mempunyai KK dalam keluarga Anda, karena itu akan mempersulit kegiatan Anda nantinya. 

Apalagi sekarang ini untuk pengurusan dan memiliki kartu keluarga tersebut tidak dikenakan oleh biaya yang ,maha atau dikatakan gratis. Dalam tahap ini langsung saja Anda dan keluarga Anda untuk memiliki KK untuk berbagai kemudahan yang didapatkan. Mengenai cara buat kartu keluarga ini sudah tercantum dalam Undang-Undang No.24 Tahun 2013 pasal 79A. 

Fungsi dan Manfaat Kartu Keluarga 

pengertian kartu keluarga

Jika Anda mempunyai kartu keluarga atau KK, maka ada beberapa fungsi kartu keluarga yang bisa Anda dapatkan secara menyeluruh. Hal ini tentunya penting untuk dipahami dan diketahui dengan jelas untuk diketahui dan dipahami penuh untuk Anda perhatikan. Dalam tahap ini kami akan memberikan beberapa manfaat dan fungsi yang akan didapatkan secara menyeluruh. 

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat yang Anda dapatkan ketika memiliki kartu keluarga tersebut, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Untuk Pembuatan KTP 

Apabila Anda sudah mengetahui cara buat kartu keluarga, maka ada beberapa manfaat yang akan didapatkan secara langsung. Dalam tahap ini Anda akan lebih mudah untuk membuat Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Hal ini sebagai bentuk legalitas dalam menjadi warga negara, tetapi untuk mendapatkannya Anda harus memiliki kartu keluarga atau KK terlebih dahulu. 

Dengan demikian pada tahap ini Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan untuk mengurus beberapa dokumen ke depan lainnya. 

2. Bukti Sah 

Jika Anda tidak mempunyai KK atau kartu keluarga tentunya Anda tidak mempunyai bukti yang kuat mengenai status identitas keluarga yang Anda bina tersebut. Karena beberapa status dan kedudukan anggota keluarga yang Anda miliki tidak mempunyai beberapa ketentuan yang sah. Dalam tahap ini Anda harus bisa dan memiliki kartu keluarga secara utuh. 

Apabila Anda tidak memahami cara buat kartu keluarga, mungkin bisa untuk datang langsung ke kantor kelurahan dekat rumah Anda tersebut. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk proses pengurusan dan pembuatannya secara menyeluruh. Dengan demikian penting sekali untuk memperhatikannya, sehingga pentingnya memiliki kartu keluarga tersebut. 

3. Akta Kelahiran 

Untuk Anda yang baru berkeluarga dan belum pisah KK penting untuk mulai memperhatikan dan mengurus pisah kartu keluarga. Hal ini dilakukan untuk Anda dalam mempermudah pengurusan dokumen lainnya, apalagi jika Anda sudah mempunyai KK. Jika Anda tidak memperhatikannya akan berdampak pada proses pengurusan, terutama untuk akta kelahiran tersebut. 

Dengan demikian penting sekali untuk memiliki dan mengurus KK sendiri, hal ini sebagai bentuk identitas yang sah atau legal dan mendapatkan banyak kemudahan pada aspek lainnya. Untuk itu, pastikan Anda memahami semua prosesnya dan langsung mengurus kartu keluarga secara langsung. 

4. Dokumen Lainnya 

Dengan adanya kartu keluarga tersebut Anda akan lebih mudah dalam mengatur dan mengurus beberapa dokumen lainnya. Hal ini termasuk dalam pembuatan BPJS, E-passport, masuk sekolah, asuransi, dan berbagai dokumen penting lainnya. Oleh karena itu, apabila Anda belum mempunyainya langsung saja untuk mengurus dokumen tersebut. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Kartu Keluarga (KK) tersebut, semoga informasi dan penjelasan diatas dapat memberikan banyak keuntungan yang akan didapatkan.