Kata-kata Motivasi Untuk Memulai Hidup Baru

kata-kata motivasi

Dalam menjalani kehidupan memang tidak selamanya mudah dan lancar. Setiap manusia sudah pasti pernah merasakan titik terendah dalam hidup. Mungkin diantara Anda ada yang sedang merasakan hal ini dan ingin sekali memulai hidup baru agar bisa menjadi lebih baik. Bagi Anda yang ingin memulai hidup baru, maka membaca kata atau kalimat motivasi adalah hal yang paling tepat. 

Kata Motivasi Untuk Anda yang Ingin Mulai Hidup Baru 

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membaca kalimat motivasi. Dimana tentu saja, hasilnya akan sangat baik untuk kesehatan mental dan juga perasaan Anda. Di bawah ini ada beberapa kata motivasi yang tepat untuk Anda yang ingin memulai hidup baru: 

Jangan menyalahkan apapun lagi 

“Tindakan menyalahkan segalanya, hanya membuang waktu. Seberapa pun kesalahan yang Anda lempar kepada orang lain dan sekuat apapun usaha Anda menyalahkannya, hal itu tidak akan mengubah apapun dari diri Anda.” (Wayne Dyer).

Dari kata motivasi tersebut Anda sudah bisa melihat bahwa menyalahkan orang lain maupun keadaan tidak akan mengubah segalanya. Hal yang sudah terjadi, tidak bisa diulang. Percuma jika Anda hanya menyalahkan orang lain. Meski memang itu bukan kesalahan Anda, tapi sudah tidak ada gunanya lagi. 

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan berhenti menyalahkannya semuanya. Introspeksi diri adalah jalan yang paling tepat. Kemudian menyadari bahwa semua yang terjadi sudah ada yang mengatur. Anda harus mulai menerima bahwa hidup ini tetap harus berjalan bagaimanapun caranya. 

Kerjakan sesuatu yang membuat Anda bahagia 

“Jangan bertanya tentang apa yang Anda butuhkan di dunia, tapi bertanyalah tentang yang hal yang menjadikan Anda hidup. Lalu kerjakanlah hal tersebut. Karena dunia membutuhkan orang-orang yang punya antusias.” (Harold Whitman)

Terkadang kita tidak menyadari bahwa apa yang sebenarnya kita kerjakan bukanlah untuk memberikan kebahagiaan. Tapi, hanya dikerjakan karena Anda membutuhkannya. Padahal jika Anda tidak mencari kebahagiaan, maka jelas Anda akan menjadi terbebani. Alhasil, yang Anda kerjakan seluruhnya pun akan sia-sia saja. 

Maka daripada itu, mulailah untuk mencari tahu apa yang membuat Anda bahagia. Jika memang itu mampu membuat Anda bahagia, maka kerjakanlah. Jangan ditunda lagi dan mulai untuk bekerja sesuai dengan hati. Ketika Anda terpaksa melakukan pekerjaan, maka jelas yang akan terjadi adalah hati tidak akan bahagia dan Anda akan semakin jauh dari kebebasan. 

Tidak pernah menyerah 

“Jangan menyerah saat Anda masih bisa berusaha lagi. Tidak boleh ada kata selesai hingga Anda berhenti untuk mencoba” (Brian Dyson)

Tidak menyerah adalah kunci paling utama agar Anda bisa terus melanjutkan hidup dan mulai lembaran baru. Wajar sekali ketika Anda merasakan lelah dan ingin istirahat. Dimana tentu saja Anda boleh melakukannya. Tarik nafas sejenak dan tenangkan pikiran, kemudian Anda harus berusaha lagi. 

Jangan pernah berhenti, sebelum Anda dipaksa berhenti. Selama Anda masih bernafas, segala usaha yang akan dilakukan sudah pasti ada hasilnya walau sedikit. Tapi, tetap saja ada perubahan yang akan didapatkan. Jika Anda perhatikan, orang sukses di dunia ini mempunyai satu kesamaan, yaitu tidak pernah menyerah. Maka, Anda pun harus melakukannya. 

Bersyukur akan segalanya

“Jangan pernah anggap remeh terhadap hal yang paling dekat dengan diri dan hati Anda. Rangkullah seluruhnya seperti Anda menganggap bahwa mereka sangat berharga. Karena tanpa adanya mereka, hidup sudah pasti akan sia-sia.” (Peribahasa China)

Apapun yang Anda miliki, sekecil apapun yang Anda punya, maka syukurilah. Karena walaupun itu kecil, tapi hal tersebut sama berharganya dengan hal lainnya. Meski Anda dalam keadaan susah, juga harus tetap bersyukur. Karena, dalam kesusahan pasti akan ada hikmah yang bisa Anda dapatkan. 

Jadi, hal baik atau hal buruk yang Anda rasakan, tidak mungkin tidak akan mempunyai arti. Maka daripada itu, Anda harus benar-benar mulai bersyukur akan segala sesuatu yang didapatkan, dirasakan dan dialami. Dengan Anda bersyukur, maka Anda akan mudah untuk melanjutkan hidup dan memulai lembaran baru. 

Jangan pernah ragu 

“Hanya ada satu hal yang membatasi Anda dalam meraih mimpi, yaitu keraguan yang Anda rasakan hari ini. Mari maju dan pegang keyakinan yang kuat serta aktif.” (Franklin Roosevelt)

Ya, keraguan adalah musuh paling besar ketika Anda ingin meraih mimpi. Walaupun pasti ada rasa cemas dan khawatir, tapi buang rasa ragu yang Anda miliki. Yakinlah terhadap apa yang telah Anda pegang sebagai mimpi. Karena dari keyakinan ini, Anda akan terus berusaha dan bisa memulai hidup yang baru dengan lebih baik. 

Itulah beberapa kata-kata motivasi untuk memulai hidup baru. Pada dasarnya hal yang paling penting adalah Anda tidak pernah menyerah dan terus berusaha. Hidup ini cuma sekali, jadi jangan pernah menganggap apapun yang telah kerjakan akan sia-sia.