Mengenal Apa Itu Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan oleh manusia dan memiliki kaitan dengan proses berlangsungnya hidup seseorang.  Selain kebutuhan primer manusia juga memiliki kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti  tersier dan juga sekunder.

Kebutuhan  primer merupakan kebutuhan yang paling utama dan paling dasar di dalam kehidupan manusia. kebutuhan primer digunakan agar dapat memenuhi dan mempertahankan kehidupan manusia secara layak,  Sehingga kebutuhan primer merupakan salah satu kebutuhan yang yang paling harus dipenuhi.

Kebutuhan primer merupakan  segala sesuatu hal memiliki kaitan terhadap hal-hal pokok di kehidupan manusia. Karena kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang  dipenuhi maka kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang sifatnya wajib untuk dipenuhi.

Bentuk Kebutuhan Primer

  • Pangan

Pangan merupakan salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan pokok yang diperlukan manusia agar terus dapat melangsungkan kehidupannya dengan baik.

Pangan merupakan sebuah makanan dan minuman yang dibutuhkan untuk memberikan nutrisi kepada tubuh manusia sehingga tubuh manusia akan dapat melakukan metabolisme sebagaimana mestinya. Pangan adalah hal yang harus dipenuhi karena jika tidak terpenuhi maka tubuh seseorang akan mulai kekurangan tenaga dan dapat berakibat fatal seperti kematian.

  • Papan

Papan merupakan hal kedua dari kebutuhan primer atau kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Istilah papan memiliki arti yaitu adalah tempat tinggal. Manusia harus mempunyai tempat tinggal, agar dapat melindungi dirinya dari berbagai hal seperti cuaca yang buruk layaknya angin kencang hingga hujan badai. Selain itu, papan atau tempat tinggal juga berfungsi untuk melindungi manusia dari serangan hewan buas.

  • Sandang

Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok ketiga yang harus dipenuhi adalah sandang. Sandang memiliki arti yaitu adalah pakaian.

Dengan menggunakan pakaian maka akan memberikan perlindungan terhadap tubuh manusia sehingga membentuk pola bahwa manusia adalah makhluk yang berbudaya. Selain itu, sandang juga melindungi tubuh manusia dari gigitan serangga yang beracun sehingga kualitas hidup manusia akan meningkat.

Seiring dengan pertumbuhan zaman, terdapat beberapa kebutuhan yang selain kebutuhan primer, yaitu adalah kebutuhan sekunder dan juga kebutuhan tersier.

Kebutuhan sekunder merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan sehari hari yang memiliki kaitan dengan sebuah usaha manusia dalam menciptakan dan juga menambah derajat kebahagiaan di dalam hidupnya.

Selain itu terdapat juga istilah kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier adalah suatu kebutuhan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari manusia dan memiliki hubungan dengan sebuah usaha manusia dalam menciptakan dan juga meningkatkan sebuah harga diri maupun gengsi dari seorang individu. Oleh karena itu, istilah kebutuhan tersier sering kali dikait kaitkan dengan kebutuhan mewah di dalam hidup seorang manusia.

Dengan berkembangkan zaman ini, kebutuhan primer atau kebutuhan pokok juga mengalami perubahan. Perubahan tersebut menyebabkan kebutuhan primer menjadi bertambah dari yang awalnya hanya tiga hal yaitu pangan papan dan sandang, pada saat ini telah banyak penambahannya.

Oleh karena bergesernya sebuah zaman, hal ini telah membuat beberapa kebutuhan sekunder telah berubah menjadi kebutuhan primer. Hal ini berlaku juga kepada masuknya beberapa kebutuhan tersier kedalam kebutuhan sekunder.

Contoh dari kebutuhan primer yang tadinya adalah kebutuhan sekunder yaitu seperti kebutuhan mengenai listrik, kebutuhan BBM atau bahan bakar minyak dan juga pendidikan termasuk kedalam kebutuhan primer.

Sementara itu, terdapat juga beberapa kebutuhan tersier yang pada zaman ini telah dianggap sebagai kebutuhan sekunder yaitu merupakan kebutuhan mengenai kepunyaan barang elektronik seperti smartphone, televisi,  AC dan juga kulkas yang dilengkapi dengan lemari pembeku.

Bahkah dalam beberapa hal, kebutuhan tersier telah menjadi sebuah kebutuhan primer, contohnya seperti kepemilikan ponsel pintar dan juga laptop untuk sekolah maupun bekerja.

Terlebih lagi dengan situasi seperti sekarang yaitu pandemi, mengharuskan semuanya dilakukan dalam jarak yang jauh sehingga mulai dikenal istilah work from home atau school from home.

Tentunya hal ini akan membuat kebutuhan tersier seperti ponsel pintar, laptop dan juga kebutuhan internet semakin tinggi dan akhirnya menjadikan ketiga hal tersebut menjadi masuk ke dalam golongan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok.

Demikianlah penjelasan mengenai kebutuhan primer. Memang dalam zaman ini telah banyak sekali terjadi perubahan mengenai hal hal yang termasuk kedalam kebutuhan primer, namun kebutuhan primer dari setiap individu adalah berbeda beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia dan juga pekerjaan masing-masing.

Sehingga Anda tidak perlu menyamaratakan kebutuhan primer Anda dengan orang lainnya, karena jelas sekali hal tersebut akan berbeda. Selain itu, jika Anda menyamakan kebutuhan Anda dengan orang lain, itu akan membuat Anda merasa terbebani.