Kelebihan Tabungan Berjangka

tabungan berjangka

Tabungan berjangka adalah kategori tabungan memiliki jangka waktu tertentu, mulai dari enam bulan sampai dengan 20 tahun. Tabungan ini pada umumnya dapat ditarik secara otomatis dari rekening yang telah buat oleh Anda. 

Sebab mempunyai nur atau jangka waktu, oleh sebab itu Anda tidak dapat menarik uang yang telah anda tabung dari dalam rekening sampai periode yang telah ditentukan. Bank akan memberikan Anda denda jika menarik uang tersebut sebelum waktunya. Namun, pada umumnya bank mempunyai toleransi tunggakan yaitu tidak lebih dari 3 kali.

Mengapa Memilih Tabungan Berjangka?

Terdapat beberapa alasan untuk memilih tabungan berjangka sebagai investasi, diantaranya seperti berikut ini.  

  • Melatih untuk Disiplin Menabung

Apakah anda termasuk ke dalam orang yang lupa untuk menabung atau susah untuk menabung? Tabungan berjangka ini dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk Anda, sebab uang secara otomatis akan ditarik dari rekening Anda ke rekening tabungan, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk melakukannya sendiri. 

Kelebihan tabungan berjangka yaitu Anda dapat mengelola keuangan pribadi menjadi lebih mudah sebab uang tabungan telah Disisihkan secara otomatis. Selain itu, Anda juga dapat mengelola tanggal penarikan sesuai dengan kemampuan Anda supaya lebih mudah, seperti dua hari setelah tanggal gajian.

  • Keuntungan Mendapatkan Suku Bunga

Suku bunga yang tinggi menjadi sebuah alasan mengapa orang-orang memilih tabungan berjangka ini. Pada setiap bulannya, Bank akan memberikan suku bunga yang tinggi, sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang semakin banyak. Sehingga semakin lama anda menabung, hasilnya akan semakin tinggi juga. Suku bunga dari tabungan ini dapat mencapai 4 hingga 5% untuk setiap tahunnya. Tentu saja lebih tinggi daripada tabungan konvensional pada umumnya.

  • Dana Tabungan Tersimpan Aman

Kelebihan tabungan berjangka selanjutnya yaitu itu saja menabung pada bank jauh lebih aman dibandingkan dengan menabung pada celengan hal tersebut tentu saja tidak aman. Selain itu, Anda pun tidak harus membawa uang tunai dengan nominal yang besar, sebab aktifitas dari auto debit dan juga teknologi ini membuat kegiatan menabung dapat dilaksanakan apa harus Anda meninggalkan rumah.

Pada umumnya bank yang telah terpercaya adalah peserta dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).  Menabung dengan menggunakan hubungan berjangka ini sama saja menjaga dana Anda agar tetap aman. Hal tersebut pastinya sangat berguna untuk meminimalisir uang anda apabila terjadi suatu masalah ataupun perubahan drastis seperti likuidasi. Tidak perlu khawatir sebab LPS akan menjamin dana Anda 100% kembali.

  • Setoran Tabungan Rendah

Wapaupun uang anda akan secara langsung dipotong, tabungan ini tidak akan menyulitkan Anda untuk mengelola keuangan. Setoran pertama dan kotoran lainnya terbilang cukup rendah daripada setoran deposito. Misalnya seperti, dapat bank yang meminta sekarang awal sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu, namun untuk setoran rutin pada umumnya hanya mulai dari Rp 100 ribu setiap bulannya.

Nilai setoran tersebut memang terdengar biasa saja, namun apabila dilakukan secara rutin setiap bulannya serta dengan tingginya suku bunga, Anda dapat memperoleh sangat banyak dana di akhir periode

  • Menjadi Asuransi

Pada umumnya tabungan berjangka akan menawarkan bersama dengan layanan asuransi, meskipun rinciannya mungkin akan berbeda untuk setiap bank nya. Ada yang memberikan asuransi jiwa untuk beberapa peristiwa misalnya meninggal dunia ataupun cacat total. Empat pula yang menawarkan jaminan untuk dapat meneruskan setoran sampai akhir periode apabila nasabah tersebut udah dapat meneruskan nya karena beberapa hal.

Cara Kerja Tabungan Berjangka

Pada umumnya tabungan akan mempunyai cara kerja yang tidak sama dengan tabungan biasanya. Jika di rekening tabungan biasa, Anda dapat menyimpan uang melalui bank dan menerima bunga dari hasil anak yang terdapat pada rekening tersebut dengan periode tertentu. Anda pun bisa mengakses uang simpanannya dengan mengambil secara langsung di ATM, Mbanking maupun teller.

Namun, berbeda dengan tabungan berjangka, langsung anda akan menyetorkan sejumlah uangangsung anda akan menyetorkan sejumlah uang sudah ditentukan dengan jangka waktu yang sudah disepakati. Uang tersebut disetorkan secara langsung dengan auto debit dari rekening anda ke rekening tabungan berjangka.

Pilihan Tabungan Berjangka Terbaik

tabungan berjangka adalah

Untuk anda yang berminat untuk menabung dengan jangka waktu tertentu, berikut ini terdapat pilihan tabungan berjangka terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Mandiri Tabungan Rencana

Tabungan berjangka ini dibuat secara langsung oleh Bank Mandiri untuk membantu Anda menabung dengan konsisten dengan setoran awal sebesar Rp 100 ribu saja.

2. BritAma Rencana BRI

Pilihan produk tabungan lainnya yang bisa Anda coba yaitu BritAma Rencana BRI. Tabungan ini tidak akan membebankan biaya admin untuk per bulannya. Bunga yang diberikan sebesar 1% pertahun dengan tenor 20 tahun.

3. Jenius Dream Saver

Rekomendasi tabungan berjangka yang terakhir yaitu Jenius Dream Saver berbentuk aplikasi. Tabungan yang dapat membantu Anda untuk menabung dan juga Anda akan mendapatkan bunga hinggan 4% setiap tahunnya.