Kenali Perbedaan Kartu Debit dan Kredit supaya Nggak Salah Kaprah

Era sekarang ini pembayaran secara digital telah menjadi bagian hidup banyak orang, karena memberikan banyak kemudahan dan praktis untuk dilakukan. Apalagi semenjak adanya badai pandemi Covid 19, banyak orang mulai beralih dan memaksimalkan digital untuk memenuhi segala kebutuhan dalam hidupnya. 

Untuk melakukan transaksi tersebut, biasanya beberapa orang akan menggunakan kartu kredit dan kartu debit. Tentu kedua kartu ini mempunyai perbedaan, memang sama-sama diterbitkan oleh pihak bank, namun ketentuannya sangat berbeda. Nah, untuk lebih mudah dalam memahaminya, berikut ini perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit, simak ulasannya. 

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

1. Bentuk Fisik 

Hal pertama kali yang bisa Anda perhatikan mengenai bentuk fisik dari kedua kartu tersebut mempunyai perbedaan yang jelas. Kartu debit sendiri memiliki nama bank atau institusi yang mengeluarkan kartu debit tersebut. Dalam kartu debit sendiri mempunyai chip baik itu EMV atau NSICCS yang bisa digunakan dengan cara dip. 

Tujuan dari adanya chip tersebut sebagai pengganti dari magnetic stripe, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan transaksi dan penarikan pada EDC, ATM, dan lainnya. Dalam kartu debit sendiri mempunyai hologram yang bisa menjadi ciri keaslian dari kartu tersebut, biasanya terdapat logo Visa atau Mastercard. 

Dalam kartu debit juga mempunyai 16 angka PAN atau payment account number yang mana 1 digit pertamanya berkaitan dengan major brand. Sedangkan, untuk kartu kredit sendiri bentuk fisiknya akan jauh lebih elegan, apalagi jika Anda memiliki kartu kredit dalam bentuk gold atau platinum, maka semuanya akan benar-benar terlihat mewah. 

Pada kartu kredit, beberapa angka atau huruf yang ada akan muncul, selain itu juga nama pemiliknya juga dibuat dengan sangat jelas dan terdapat juga tanggal kadaluarsanya. Bagian ini tentunya memberikan berbagai keuntungan, sehingga sangat menarik untuk diperhatikan dalam kedua kartu tersebut. 

2. Limit Penggunaan 

Dalam limit penggunaannya sendiri terdapat perbedaan, kartu kredit mempunyai limit yang disesuaikan dengan pilihan kartu yang diterbitkan oleh pihak bank. Karena setiap pengajuan kartu kredit harus disesuaikan dengan penghasilan atau pendapatan dari para nasabah, sehingga ada batas limit yang bisa digunakan dalam kartu kredit tersebut. 

Hal ini berbeda dengan kartu debit, semuanya bisa Anda lakukan untuk kebutuhan transaksi dan tidak ada batasan yang terjadi. Terpenting apabila Anda mempunyai saldo dalam kartu debit tersebut, maka kapanpun dan dimanapun Anda ingin melakukan transaksi tetap bisa dilakukan. 

Selanjutnya, kartu kredit mempunyai sistem pembayaran yang akan ditagih kepada nasabah yang menggunakannya setiap akhir bulan. Sedangkan, kartu debit sendiri hanya mengacu pada setoran tunai atau lewat transfer. Sederhananya, kartu debit Anda memiliki uang Anda sendiri dan kartu kredit hanya pinjaman. 

3. Biaya Transaksi

Pada proses pembayarannya, kartu debit termasuk memberikan biaya transaksi yang sangat murah dibandingkan dengan kartu kredit. Karena, kebutuhannya sendiri hanya mencakup kebutuhan administrasi yang ada, sehingga nominal yang harus Anda keluarkan pun sudah sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu besar. 

Hal ini sangat berbeda ketika Anda menggunakan kartu kredit. Karena ada beberapa biaya yang harus Anda bayarkan dari penggunaan yang ada dan juga terdapat biaya tahunan, biaya materai, biaya bunga, biaya keterlambatan, over limit, tarik tunai, dan sebagainya. Ketentuan yang ada dalam kartu kredit sangat banyak. 

Bahkan, tidak hanya itu saja. Pemegang kartu kredit juga diharuskan untuk membayar mengenai biaya salinan, biaya pergantian kartu, biaya pembatalan cicilan, dan sebagainya juga harus diperhatikan oleh pihak nasabah. Dengan demikian, biaya transaksi yang ada pada kartu debit dan kredit, jelas kartu debit lebih murah. 

4. Mekanisme Transaksi 

Untuk mekanisme penggunaan dalam transaksi sendiri, kartu kredit dan kartu debit mempunyai perbedaan yang besar. Biasanya kebutuhan dalam kartu kredit sendiri hanya diperuntukkan untuk membayar beberapa hal dan dalam prosesnya sendiri harus melakukan verifikasi dan harus ada tanda tangan yang dilakukan. 

Dalam penggunaannya pun harus sesuai dengan identitas pemiliknya, sehingga tidak boleh dan tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Berbeda dengan menggunakan kartu debit, semuanya bisa jauh lebih fleksibel dan bisa dilakukan oleh orang lain. Terpenting Anda sudah memegang dan mengetahui PIN nya saja. 

Melalui bagian yang ada, kartu debit memang fungsi dan kegunaannya akan jauh lebih praktis dan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Apabila tidak mendesak, rasanya kartu debit tetap menjadi pilihan, karena tidak repot dan tidak rumit dalam menggunakan kartu kredit tersebut. Oleh karena itu, apabila Anda hanya cukup transfer dan menggunakan tabungan saja, kartu debit masih menjadi pilihan. 

 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit yang bisa Anda ketahui, sehingga tidak salah kaprah lagi.