Kerja Sampingan di Rumah Tanpa Modal

kerja sampingan tanpa modal

Mendapatkan penghasilan besar adalah keinginan dari setiap orang. Hanya saja tidak semua orang beruntung mendapatkan penghasilan besar dari pekerjaannya. Bahkan untuk mencukupi kebutuhannya, banyak orang harus melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukannya demi mencukupi kebutuhan. 

Pada dasarnya, pekerjaan sampingan dilakukan untuk menambah penghasilan dari pekerjaan utama. Pekerjaan sampingan diharapkan bisa menyokong keuangan dan menutup kekurangan dari penghasilan utama. Tapi tidak jarang juga malah pada akhirnya pekerjaan sampingan malah lebih menghasilkan dibanding pekerjaan utama. Selain untuk menyokong, pekerjaan sampingan bisa menjadi sumber penghasilan untuk memperbesar tabungan dan memperkuat finansial kita untuk masa depan. 

Biasanya orang merasa takut untuk memulai kerja sampingan karena terbentur modal untuk memulai usaha. Padahal banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan modal terlebih lagi di era modern sekarang. Dengan memanfaatkan internet dan online, kita bisa memulai pekerjaan sampingan di rumah tanpa harus mengeluarkan modal.  Lalu apa saja pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan tanpa modal? Yuk mari kita simak beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan dirumah tanpa modal. 

Kerja sampingan di rumah tanpa modal

  • Dropshipper

Salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak dilakukan dan bisa dicoba adalah menjadi dropshipper. Kita hanya bertugas untuk menawarkan produk dari produsen atau supplier yang bisa kita lakukan secara online maupun offline dan ketika kita mendapatkan pembeli, kita tinggal menginfokan kepada supplier lalu pihak supplier yang akan mengurus pengiriman kepada pembeli. Disini kita bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang kita tentukan sendiri setelah mendapat harga modal dari pihak supplier.  

  • Jastip

Salah satu bisnis sampingan yang juga sedang booming adalah Jastip atau jasa titip. Jastip ini simplenya adalah membantu orang untuk membelikan sesuatu dengan tambahan fee yang bisa kita tentukan besarannya sebagai keuntungan. Pada awalnya jastip ini popular dilakukan oleh orang-orang yang bepergian ke luar negeri dan membuka jasa untuk membeli titipan-titipan barang dari orang-orang. Semakin kesini jastip kini merambah ke semua hal. Dari membelikan barang elektronik hingga makanan tradisional serta oleh-oleh. Apalagi dikala pandemic seperti ini ketika orang-orang dilarang ataupun enggan mudik, kita bisa membuka jastip makanan daerah dan oleh-oleh untuk mengobati kerinduan mereka akan kampung halaman. 

  • Makelar

Salah satu usaha sampingan yang juga cukup menjanjikan berikutnya adalah menjadi makelar. Terlebih lagi bila kita mempunyai kemampuan lebih untuk menjual, bisnis makelar ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan.  Hampir semua barang bisa kita bantu jual dan komisi yang kita dapatkan menjadi keuntungannya. Mulai dari properti hingga kendaraan bisa kita bantu jual secara online maupun offline untuk mendapatkan komisi apa bila kita bisa mendatangkan pembeli. Walaupun tidak semudah menjual barang-barang retail, komisi makelar cukup besar apabila kita sukses menjual barang yang kita makelari. 

  • Translator

Apabila mempunyai kemampuan lebih dalam berbahasa asing, kita bisa mencoba untuk membuka usaha translator atau penerjemah. Kita bisa mendaftar di agensi penerjemahan ataupun bekerja secara individu dan mencari klien di beberapa website freelance. Keuntungan yang ditawarkan dari usaha penerjemah ini cukup menjanjikan mulai dari per artikel hingga perkata tergantung dari kemampuan dan juga portofolio yang kita miliki.

  • Jasa desain 

Apabila kita mempunyai skill desain, kita bisa membuka jasa desain freelance yang bisa kita lakukan di rumah. Berbekal portofolio, kita bisa mencari klien secara online di website penyedia pekerjaan online. Kita juga bisa menawarkan secara offline dan menerima pekerjaan dari relasi-relasi kita  Selain itu kita bisa juga mengikuti lomba-lomba desain untuk memperkuat skill dan juga portofolio untuk menambah peluang mencari klien. 

  • Penulis 

Untuk yang hobi menulis, jasa penulis artikel bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan yang cukup menguntungkan. Kita bisa mendapatkan rupiah dari setiap artikel yang kita tulis. Banyak sekali website penyedia pekerjaan penulisan artikel dan juga agensi-agensi yang membuka lowongan untuk penulis artikel freelance. Selain menulis artikel, kita bisa juga menulis novel dan mempublishnya secara online di web novel. Apabila tulisan kita cukup menarik dan aktif, sangat mungkin kita mendapatkan kontrak penulisan dari pihak webnovel. Bahkan bukan tidak mungkin novel yang menarik mendapatkan kontrak untuk diterbitkan dan kita bisa mendapat keuntungan dari royalti di setiap buku yang terjual. 

  • Admin online

Belakangan pekerjaan admin online sedang cukup marak. Pekerjaan ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun hanya berbekal gadget dan juga koneksi internet untuk selalu online. Admin online biasanya adalah untuk berinteraksi dengan konsumen ataupun follower dari sosial media untuk meningkatkan penjualan.  

Itulah beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan tanpa modal. Hanya berbekal online dan juga skill yang kita miliki, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk menyokong penghasilan utama serta menambah tabungan.