Keunggulan Tabungan Anak BCA dan Cara Membukanya

tabungan pendidikan anak BCA

Pada bank BCA, nama untuk suatu produk dari tabungan anak BCA untuk pendidikan yaitu bernama Tahapan Berjangka BCA. Tabungan yang dikhususkan bagi individu dengan melakukan setoran rutin yang memiliki jumlah dan juga jangka waktu yang ditentukan dan juga sebagai asuransi jiwa bagi anak apabila orang tua terkena sebuah musibah.

Fitur dari Tahapan Berjangka BCA

Cara kerja tabungan BCA ini yaitu tabungan yang memiliki jangka waktu untuk menabung dengan minimal waktu mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan maksimalnya, dan juga tidak bisa melakukan penarikan pada saat waktu menabung.

Penyetoran tabungan BCA juga dilakukan dengan cara autodebet setiap setoran bulanan melalui rekening sumber dana. Sumber dana dari rekening tersebut berasal dari jenis Tahapan, Tahapan Xpresi, Tapres BCA dan juga Tahapan Gold.  Yang memiliki setoran pada setiap bulan dimulai sebesar 500 ribu. Pengecekan melalui fitur e-statement tiap bulannya hingga 2 tahun berjalan pada KlikBCA individu serta KlikBCA Bisnis.

Pemegang rekening juga dapat mempunyai rekening lebih dari 1 yang dapat dikaitkan ke rekening utama. Bukti dari kepemilikan rekening yaitu melalui identitas dari kepemilikan melalui rekening utama. 

Keuntungan dalam Tabungan Pendidikan Anak

  • Tabungan BCA dalam pendidikan anak menjadi suatu produk tabungan yang memiliki setoran rutin, dan memiliki beragam keuntungan. Contohnya yaitu:
  • Membentuk kebiasaan diri agar menabung dengan rutin 
  • Dapat mengumpulkan dana yang akan digunakan dalam kebutuhan yang diinginkan.
  • Suku bunga dari tabungan reguler sendiri memiliki imbalan hasil menarik dari pihak bank BCA yang ditawarkan pada produk tersebut.
  • Dapat dengan bebas menambahkan dana diluar dari setoran setiap bulan.
  • Mendapatkan asuransi jiwa secara gratis untuk para nasabah dalam masa tabungan pendidikan.

Tahapan untuk Membuat Tabungan BCA  Anak

tabungan pendidikan anak

Cara untuk membuatnya yaitu memilih tabungan BCA yang memiliki syarat dari pembuatannya yang dibolehkan pada usia anak jika dibawah 17 tahun. Rekening tabungannya yaitu:

  1. Rekening jenis Tahapan Xpresi BCA

Jenis rekening ini merupakan salah satu dari beragam tabungan BCA yang ditujukan untuk anak. Yang memiliki lebih dari 50 desain kartu ATM yang dapat dipilih, dan juga syarat dari cara membuatnya disesuaikan dengan kriteria mereka. Tahapan Xpresi BCA ini juga pada segala usia, yang terbagi menjadi 3 kelompok. Untuk usia dibawah 12 tahun, 12-17 tahun dan untuk usia di atas 17 tahun.

Untuk kelompok di atas usia 17 tahun, dapat membuka rekening dengan KTP serta memiliki setoran awal sebesar 50 ribu, dan juga tidak perlu untuk menyertakan NPWP. Untuk usia 12-17 tahun sendiri dapat menggunakan kartu pelajar maupun surat keterangan sekolah, identitas orang tua, data nasabah dari orang tua dan juga surat persetujuan yang ditandatangani dari orang tua.

Dan untuk yang berada dibawah usia 12 tahun dapat membuat rekening dengan syarat untuk cara buka tabungan anak bca harus diwakili oleh orang tua maupun wali. Dan rekening tersebut atas nama anak.

  1. Rekening jenis TabunganKu BCA

Jenis rekening tabungan ini merupakan rekening yang dapat dibuat untuk para calon nasabah di semua usia. Tidak hanya diperuntukan orang dewasa yang sudah mempunyai KTP, anak dibawah umur juga bisa memilikinya. Dikarenakan jenis tabungan ini adalah program dari pemerintah yang akan ditujukan untuk masyarakat umum pada beberapa bank nasional dan juga bank pembangunan daerah.

Syarat dalam membuat rekening jenis ini dibagi menjadi 3 kelompok juga seperti diatas, untuk usia dibawah 12 tahun cara buka tabungan anak bca tanpa memerlukan wali. 

  1. Rekening jenis Simpanan Pelajar 

Sama seperti jenis sebelumnya, jenis rekening ini juga merupakan program dari pemerintah. Akan tetapi memiliki perbedaannya yaitu usianya lebih muda lagi. Dan juga jenis rekening ini dapat dibuat untuk masyarakat umum dalam segala usia.

Akan tetapi cara buka tabungan anak bca ini sedikit berbeda, lantaran rekening hanya dapat dibuat melalui sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan BCA. Dengan memiliki setoran awal hanya sekitar 5 ribu saja dan biaya dari administrasi untuk bulanannya gratis.

Keuntungan dari Tabungan Pendidikan Anak

Menjadi produk tabungan yang memiliki setoran rutin, rekening dari BCA ini akan memberikan berbagai keuntungan seperti:

  • Rencana tabungan yang memiliki setoran secara rutin yang bertujuan dalam mengumpulkan dana untuk keperluan dalam menggapai cita-cita yang ingin dimiliki.
  • Untuk membentuk suatu kebiasaan dalam menabung menjadi rutinitas, dikarenakan merupakan suatu tantangan bagi banyak orang yang sulit untuk menabung dengan teratur. Dan dapat memaksa kebiasaan untuk menabung dengan rutin.
  • Memiliki suku bunga yang sedikit besar dibandingkan dengan tabungan reguler dan memiliki imbal hasil menarik dari bank BCA yang ditawarkan dalam jenis rekening tabungan ini.
  • Dapat dengan bebas dalam menambah dana di luar dari setoran bulanan. Rekening yang memiliki fitur menarik dikarenakan pada bank lainnya untuk kategori tabungan pendidikan maka tidak dapat menambah setoran apabila diluar dari jadwal setoran.
  • Memiliki asuransi jiwa untuk nasabahnya secara gratis pada jangka waktu dari rekening tabungan pendidikan. Fitur yang memiliki peranan penting apabila ada suatu musibah sedang menimpa para orang tua akan dilanjutkan dari pihak asuransi untuk setoran rutin tabungan pada pendidikan.

Itulah beberapa informasi mengenai tabungan anak BCA dan fitur, keuntungan serta cara membuatnya yang dapat menjadi bahan pembelajaran bagi Anda.