Keuntungan Investasi ORI Obligasi Negara Ritel

Surat Berharga Negara atau SBN merupakan salah satu sarana investasi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk mendanai anggaran negara. SBN dapat menjadi sarana investasi bagi pemilik (investor) karena dapat mendatangkan keuntungan atau profit. 

Untuk investor individu, SBN diterbitkan melalui penawaran umum (non-lelang) dan sekarang tersedia secara online melalui banyak mitra distribusi (Midis) seperti Valexa. Setelah Bareksa sebelumnya menawarkan  Savings Bonds Ritel (SBR) dan Suku Tabungan (ST), Bareksa kini juga menjual Obligasi Negara Ritel  (ORI) seri ORI016.

Mengenal ORI

Obligasi Negara Ritel atau yang biasa disebut ORI merupakan salah satu produk investasi yang paling aman karena risikonya yang rendah. Bentuk ORI adalah surat obligasi atau surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dan kemudian ditawarkan secara individual kepada masyarakat. 

Dalam hal ini, negara akan membayar investor utang obligasi kepada masyarakat hingga tanggal jatuh tempo disertai imbalan hasil atau biasa disebut kupon. Investor yang membeli ORI atau SBN lain dari pemerintah pasti akan diuntungkan dengan kupon yang ditawarkan. Negara akan membayar kupon investor setiap bulan. 

Karena jumlah kupon ORI  setiap bulannya sama, maka tidak ada pengaruhnya meskipun pasar surat berharga berfluktuasi. Keuntungan lain yang ditawarkan investor ORI adalah mereka dapat menjual kepada investor lain di pasar sekunder.

Obligasi Ritel Negara Indonesia memiliki beberapa karakteristik. Fitur pertama berupa Scripless, yang memungkinkan untuk diperjual belikan antar investor domestik. Membeli ORI tidak mendapatkan sertifikat  kepemilikan fisik kepada investor. 

Bukti kepemilikan investor dicatat secara elektronik. Investor dapat memperoleh bukti kepemilikan SUN Ritel dari Distributor melalui email atau media komunikasi lainnya. Fitur selanjutnya dari kupon yang ditawarkan ORI juga adalah fixed atau fixed rate. 

ORI juga berpotensi menghasilkan capital gain atau loss. Investor dapat memperoleh keuntungan berupa capital gain jika harga jual di pasar sekunder melebihi 100  persen saat melakukan pembelian di pasar perdana. Namun, jika investor menjual obligasi di pasar sekunder di bawah harga beli di pasar perdana, investor akan mengalami kerugian modal. Fitur lain yang membedakan ORI dengan investasi lainnya adalah memiliki harga beli minimal Rp1 juta dengan maksimal harga beli Rp3 miliar. 

Investasi ORI membawa banyak keuntungan bagi investor selain keuntungan berupa imbalan hasil dari kupon. ORI juga memberikan Anda keuntungan berupa mengamankan keuangan Anda, mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat, membangun aset Anda, dan menggunakannya sebagai pensiun. Berikut adalah keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi ORI.

Keuntungan Investasi ORI

  1. Kupon dan nilai pokok dijamin oleh undang-undang
    kupon dan nilai pokok sekarang bersih dijamin oleh pemerintah oleh hukum. Untuk deposito, jumlah maksimum yang dijamin oleh LPS adalah Rp2 Miliar, tetapi untuk obligasi pemerintah, nilai pokok dan kupon dijamin oleh undang-undang negara.
  2. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo
    Suku bunga tetap sampai dengan jatuh tempo. Tentu saja, pendapatan ini akan dipotong dengan pajak  15%. Pajak ini kurang dari deposit dengan tingkat bunga pajak 20%.
  3. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder (antar investor domestic)
    ORI dapat dijual kembali kepada investor domestik di pasar sekunder. Siapapun yang memiliki KTP Indonesia dapat membeli obligasi ritel Indonesia di pasar perdana. Di sisi lain, baik investor  individu maupun institusi dapat membeli obligasi individu Indonesia di pasar sekunder.
  4. Berpotensi memperoleh capital gain
    Anda bisa mendapatkan capital gain jika harga jual di pasar sekunder lebih tinggi dari harga beli di pasar perdana. Harga ini akan berfluktuasi tergantung pada  inflasi dan suku bunga deposito bank. Inflasi menurunkan daya beli masyarakat, sehingga suku bunga deposito  bank naik. Kenaikan tingkat inflasi menyebabkan penurunan nilai moneter riil. Masyarakat cenderung menyimpan uangnya di deposito sehingga pembelian  obligasi menurun. Hal ini akan menyebabkan harga obligasi turun di pasar sekunder.
  5. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP)
  6. Kupon yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN
  7. Kupon dibayar setiap bulan setiap tanggal 15
  8. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi
  9. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing mitra distribusi)
  10. Risiko kerugian relatif rendah
  11. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional seperti saat ini pasca pandemic Covid-19

Demikianlah penjelasan mengenai ORI atau Obligasi Negara Ritel beserta keuntungannya. ORI merupakan investasi yang sudah dijamin aman oleh pemerintah, sekaligus terjangkau dan menguntungkan. Sehingga Anda dapat merasa aman untuk dapat berinvestasi di bidang ini. Namun sebelum berinvestasi, Anda tetap perlu mempelajari lebih dalam mengenai ORI agar anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari.