Kiat Sukses Investasi saat Penghasilan Pas Pasan

Untuk seorang pemula yang masih awam dengan dunia investasi mungkin akan merasa kebingungan sehingga ada begitu banyak pertanyaan yang berkecamuk di dalam kepalanya dan merasa ragu untuk melangkah atau mulai untuk berinvestasi.

Padahal investasi sendiri akan lebih bagus jika kamu melakukannya sedini mungkin. Memang lebih baik jika kamu mengenali apa itu investasi dari mulai keuntungan, keamanan, risiko serta manfaat-manfaatnya. Jangn lupa juga untuk mencari tahu dan mempelajari tentang instrumen investasi.

Tips Sukses Berinvestasi Walau Penghasilan Minim

Investasi merupakan sebuah komitmen yang memang dimiliki oleh setiap orang pada sejumlah aset di masa sekarang dan diharapkan akan mampu untuk memberikan keuntungan bagi kamu di masa mendatang.

Karena itu apabila kamu belum pernah berinvestasi, maka bisa mencoba dengan instrumen yang sesuai profil resikomu. Nah, berikut adalah beberapa kiat sukses investasi saat penghasilan pas-pasan.

Mulai berinvestasi sedini mungkin

Belakangan ini modal yang digunakan untuk memulai berinvestasi tidaklah harus dalam jumlah yang besar. Ada beberapa platform investasi yang bisa memulai hanya dengan 10 ribu rupiah saja. Tetapi pada jenis yang lain ada pula yang 100.000 atau jutaan rupiah. Kamu hanya perlu menentukan berapa besaran yang bisa kamu investasikan untuk di awal.

Lalu jika dipertanyakan mengapa harus melakukan investasi sendiri mungkin, alasannya adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh penghasilan tambahan
  • Mempersiapkan dana darurat
  • Mempersiapkan dana pensiun
  • Mempersiapkan dana untuk bisnis impian, sll.

Pelajarilah hal-hal tentang investasi

Sebagai seorang investor baik pemula ataupun yang sudah pengalaman sangat amat disarankan sebelum berinvestasi pada instrumen yang diincar ada baiknya untuk mempelajari profil risiko di mana ini merupakan tingkatan bagi seseorang apakah kamu termasuk yang berani untuk mengambil resiko atau tidak.

Jika kamu termasuk tipe yang suka dengan tantangan maka silakan mencoba pada instrumen investasi saham, namun jika ternyata profesi komputer masuk yang rendah akan sangat disarankan bagi kamu untuk memilih deposito, emas atau reksa dana pasar uang.

Tentukan dengan pasti aset investasi

Apabila kamu sudah mengetahui bagaimana profil resiko dan mempelajari tentang instrumen investasi, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan pada aset investasi yang mana kamu akan menanamkan modal.

Dalam penentuan instrumen investasi kamu harus melihat resiko, prospek di masa depan, modal dan beberapa hal lain. Tentunya jenis instrumen yang bisa kamu pilih pun bervariasi, contohnya properti, obligasi, saham, emas, reksadana, SBN dan masih banyak lagi.

Menentukan besaran modal dan jangka waktu

Kiat sukses investasi saat penghasilan pas-pasan yang selanjutnya adalah dengan menentukan besaran modal serta jangka waktu dalam melakukan investasi, hal ini sangatlah berpengaruh pada jenis instrumen yang nantinya akan kamu pilih.

Misalnya kamu memilih investasi yang jangka waktunya pendek tentu resiko yang dimiliki juga tidak terlalu tinggi, namun kamu harus tahu bila nantinya keuntungan yang bisa diperoleh setelah tidak maksimal.

Berinvestasi pada beberapa instrumen

Mungkin kamu pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan jangan menaruh telur di dalam satu wadah yang sama. Pada frasa ini kerap dihafalkan oleh para investor baik mereka yang telah memiliki pengalaman ataupun yang masih pemula.

Pepatah ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah saran bagi kamu untuk tidak hanya menanamkan modal pada satu instrumen investasi saja. Ada baiknya kamu berinvestasi pada beberapa instrumen berbeda.

Tujuan apabila salah satu dari investasi yang kamu ikuti ada yang mengalami penurunan maka setidaknya pada aset yang lain masih dapat memberikan keuntungan. Contohnya bila kamu berinvestasi pada jenis Reksadana nantinya akan ada bantuan dari manajer investasi dalam menyalurkan dana yang akan kamu tanamkan tersebut ke beberapa instrumen lain.

Perbanyak pengetahuan tentang investasi dan literasi keuangan

Kiat sukses investasi saat penghasilan pas-pasan dan selanjutnya adalah lama memperbanyak pengetahuan tentang investasi dan juga literasi keuangan. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa memperoleh keuntungan maksimal.

Karena dengan mempunyai informasi terkait dunia investasi serta finansial tentunya akan membantu kamu sebagai investor terhindar dari hal-hal yang merugikan contohnya seperti penipuan.

Menyisihkan dana untuk investasi secara rutin

Investasi selalu akan memberikan keuntungan kepada pelakunya, bila memang dilakukan dengan konsisten dan rutin. Dimana secara sengaja kamu selalu mengusahakan untuk menyisihkan dana pada persentase tertentu dari gaji yang kamu miliki untuk berinvestasi. Dengan begitu, masa depan kamu tentu akan lebih terjamin.

Pastikan jika produk sudah terdaftar di OJK

Ketika kamu ingin berinvestasi, maka sangatlah penting bagimu untuk memilih instrumen atau produk yang aman. Kamu harus ingat bila investasi yang memberikan keuntungan tinggi tanpa resiko adalah hal yang tidak mungkin. Sebab serendah apapun resikonya, tetaplah sebuah resiko.

Jadi, pastikan bila intrumen yang dipilih untuk kamu modali adalah produk yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai salah satu badan pengawas dari aktifitas yang berkaitan dengan jasa keuangan di Indonesia.