Kisah-Kisah Pengusaha Sukses Indonesia yang Inspiratif

kisah pengusaha sukses Indonesia

Akhir-akhir ini semakin banyak saja orang-orang yang lebih melirik sektor bisnis daripada menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan. Sukses secara finansial yang didapatkan dari membangun bisnis sendiri mendorong banyak orang memilih menjalankan bisnis mereka sendiri. Contohnya seperti kisah pengusaha sukses Indonesia yang dapat menjadi inspirasi untuk siapa saja yang ingin memulai sebuah bisnis.

Pada artikel ini Anda dapat menyimak beberapa kisah sukses dari para pengusaha asli Indonesia dari skala menengah sampai besar, dari muda atau pun lanjut usia yang mana mereka memulai bisnis tersebut dari bawah dengan berbagai hambatan dan rintangan yang tidak hingga mereka berhasil sukses seperti saat ini. Berikut ini beberapa tokoh pengusaha di Indonesia yang sangat inspiratif.

pengusaha sukses

Bob Sadino

Bob Sadino merupakan pria kelahiran Lampung tanggal 9 Maret tahun 1939 lalu, pengusaha yang memiliki nama panjang Bambang Mustari Sadino tersebut adalah seorang pebisnis hebat yang juga merasakan namanya jatuh bangun sebelum meraih kesuksesan yang besar. Setelah sembilan tahun mengabdi sebagai pegawai, beliau memutuskan keluar lalu banting setir untuk menjadi seorang pengusaha.

Bisnis pertama yang ia rintis yaitu usaha penyewaan mobil, yang baru bermodal satu mobil saja dan dia sekaligus dia menjadi supirnya. Akan tetapi dengan musibah kecelakaan ketika mengendarai mobil yang disewakan tersebut, usaha ini pun akhirnya berhenti. Tidak patah arang, Bob Sadino langs beralih menjadi buruh bangunan yang dengan upah atau gaji harian.

Ketika menjadi buruh bangunan, ia merasa datang peluang bisnis lain, yaitu usaha ternak ayam dan juga telur ayam negeri. Bermodalkan pinjaman dari tetangga, akhirnya beliau memulai usaha tersebut. Pada prosesnya, ia menawarkan dagangannya sendiri dari pintu ke pintu dimulai dari sekitar tempat tinggalnya, khususnya ke para ekspatriat di kawasan bilangan Kemang, Jaksel.

Usaha telur Bob Sadino akhirnya membuahkan hasil dan ia terus mengembangkan bisnisnya dengan menjajakan daging serta sayuran hidroponik. Dengan keuletan yang dimilikinya, bisnis ini pun semakin sukses dan Bob Sadino berhasil mendirikan bisnis bernama Kem-Chicks dan supermarket terkenal di tanah air yang menjual berbagai jenis produk pertanian dan peternakan. Walau di sudah sukses, namun beliau tetap tampil begitu sederhana.

Susi Pudjiastuti

Wanita tangguh satu ini lahir tahun 1965 yang sempat menjabat sebagai salah satu Menteri di Indonesia yang dipilih oleh Presiden Jokowi. Beliau adalah seorang pengusaha yang tegas dan ia merintis usahanya di sektor perikanan serta memulai bisnis maskapai penerbangan yang juga dari nol.

Ketika dia memilih untuk tidak melanjutkan sekolah semasa SMA, Susi memulai bisnis sebagai pedagang bed cover dan pakaian. Setelah sadar dengan potensi yang ada di tempat tinggalnya, yakni Pangandaran, sebagai kawasan penghasil ikan, beliau langsung memanfaatkannya sebagai potensi usaha dan beralih ke bisnis perikanan.

Bermodal kan uang 750 ribu dari hasil menjual perhiasan dia sendiri, Susi mulai membeli beberapa ikan dari pelelangan lalu memasarkan sendiri ke sejumlah restoran. Meski di perjalananya sempat mengalami naik turun, usaha Susi pun akhirnya berhasil merajai bursa pelelangan ikan laut di Pangandaran, bahkan setelahnya juga berhasil membawa bisnisnya ke skala internasional untuk lobster dan ikan laut.

Usaha maskapai penerbangan miliknya juga bermula dari memiliki usaha perikanan tersebut. Agar mengatasi permasalah terkait lambatnya pengiriman ikan jika melalui jalur laut maupun darat, ia akhirnya membeli pesawat yang uangnya dia dapat dari pinjaman dana bank untuk bisa mengangkut produk, yang setelahnya berkembang menjadi sebuah armada maskapai bernama Susi Air yang menyediakan rute dan pedalaman hingga carter.

Gibran Rakabuming

Bisa dikatakan Gibran Rakabuming sudah tidak asing lagi ditelinga seluruh rakyat Indonesia, selain merupakan anak dari presiden Joko Widodo, Gibran merupakan pemilik bisnis di sektor catering dan juga wedding organizer yang bernama Chili Pari.

Jauh sebelum Jokowi menjadi Presiden Indonesia, beliau adalah pengusaha mebel. Akan tetapi, Gibran lebih memilih merintis bisnisnya sendiri tanpa bantuan ayahnya. Dimana dia memulai bisnis tersebut dengan meminjam uang ke bank sebagai modal.

Saat ini bisnis Gibran sudah semakin terkenal dan besar. Itu juga tidak lepas dari keuletannya dalam menangani sebuah usaha, saat ini Chili Pari telah menangani berbagai order besar yang jumlah tamunya sampai ribuan dan bisnisnya pun semakin hari semakin berkembang pesat.

Ferry Unardi

Berikutnya adalah Ferry Unardi, dia adalah pria yang lahir tanggal 16 Januari tahun 1988 dan berhasil mendirikan bisnis digital yaitu Traveloka tepat di usia 20 tahun.

Munculnya ide ini pertama kali tercetus saat dia masih menjadi seorang mahasiswa disebuah universitas. Dengan memiliki ide startup yang begitu unik, maka tidak heran apabila tidak sedikit investor yang merasa tertarik untuk memberikan suntikan dana. Sejak didirikan pada tahun 2012 silam, situs Traveloka sampai saat ini masih menjadi salah satu situs pencarian tiket pesawat paling populer.

Dengan pencapaian yang dilakukan oleh Ferry Unardi ini, membuat perjalanan bisnisnya masuk ke dalam daftar kisah-kisah pengusaha sukses Indonesia yang inspiratif.