Kode Bank BNI dan Bank BUMN Lainnya Untuk Keperluan Transfer

kode bank bni

Menjadi salah satu kegiatan keuangan sering dilakukan banyak orang yaitu transfer uang antar bank, ditambah jaman yang semuanya serba digital saat ini. Macam-macam transaksi, seperti melakukan pembayaran pembelian online. Setiap bank memiliki kode bank nya masing-masing, sama halnya seperti kode Bank BNI.

Akan tetapi, karena jenis bank di Indonesia sangat banyak dan orang-orang memiliki jenis bank yang berbeda-beda pula tentu perbedaan bank tersebut akan mempengaruhi ketika akan melakukan transfer, seperti kode bank Mandiri, kode Bank BRI dan Kode BNI, dimana Anda akan terkena beban biaya yang cukup besar.

Pada proses ini aktivitas transfer uang antar bank menjadi sangat vital, sebab jika melakukan transfer ke sesama bank tentu tidak ada biaya transfer, namun jika melakukan transfer ke bank berbeda Anda akan dibebankan biaya transfer sekitar 6.500 rupiah.

Khusus melakukan transfer berbeda bank, pastinya membutuhkan kode khusus dari setiap bank, seperti kode bank BNI syariah dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mentransfer sejumlah uang ke bank BNI lewat bank yang berbeda tentu Anda memerlukan kode BNI untuk bisa melakukan transfer.

Maka dari itu terdaftar berbagai macam kode bank dari masing-masing bank di Indonesia, khususnya di pembahasan kali ini akan berbicara tentang kode bank BNI serta bank BUMN lainnya. Nah, untuk itu simak beberapa kode BNI serta kode bank BUMN lain yang perlu Anda ketahui, diantaranya seperti berikut :

  •         Kode Bank Mandiri: 008
  •         Kode Bank BRI: 002
  •         Kode Bank BNI: 009
  •         Kode Bank BTN: 200
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks Mandiri Syariah: 451
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BNI Syariah: 427
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BRI Syariah: 422

Berbicara mengenai bank plat merah atau bank dari perusahaan BUMN tentu Anda perlu tau ciri-ciri dari perusahaan milik BUMN, diantaranya adalah :

1.       Dikuasai Sepenuhnya oleh Pemerintah

Menjadi ciri perusahan BUMN pertama yakni kekuasaan sepenuhnya dipegang oleh pemerintah. Seluruh aktivitas dari perusahaan BUMN selalu diawasi dan dikontrol oleh pemerintah. Kekuasaan ini bertujuan agar dapat menjaga keseimbangan serta mencegah potensi penyalahgunaan kewenangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

2.       Menjadi Sumber Pemasukan Bagi Negara

Lewat BUMN tentu menjadi salah satu sumber pemasukan sebuah negara khususnya Indonesia. Bahkan terdapat begitu banyak pendapatan serta penyediaan barang atau jasa yang dimiliki BUMN dan diberikan ke masyarakat,dimana semua itu akan menjadi pemasukan bagi negara. Dengan ini maka tidak heran, karena adanya BUMN tersebut, negara Indonesia masih akan bisa melakukan berbagai aktivitas, sebab semua keuntungan dari perusahaan BUMN akan masuk ke dalam tabungan negara

3.       Berbagai Macam Resiko akan Ditanggung Negara

BUMN merupakan perusahaan  yang seluruh tanggung jawabnya ditangan pemerintah, dan termasuk bagaimana sistem setiap perusahaan akan ditentukan juga oleh pemerintah.

4.       Melayani Kepentingan Umum serta Pelayanan Publik

Adanya BUMN sendiri memang dibuat untuk memberi pelayanan kepada masyarakat lewat berbagai macam jenis perusahaan. Hal tersebut dapat dilihat dimana perusahaan-perusahaan BUMN memang diperuntukan agar dapat memenuhi keperluan masyarakat sehari-harinya seperti air, listrik, bahan bakar, layanan keuangan seperti bank hingga bahan bakar transportasi.

5.       Produk yang Dibutuhkan Masyarakat

Memiliki tujuan agar dapat melayani seluruh masyarakat, maka tidak heran apabila produk yang dihadirkan memang untuk memenuhi keperluan masyarakat. Umumnya jika produk dari salah satu perusahaan BUMN habis atau kosong, tentu akan sangat berdampak bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dimana mereka akan merasa kebingungan untuk memenuhi keperluan mereka seperti air, listrik, komunikasi dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari BNI Syariah

transfer bank bni

BNI syariah merupakan salah satu bank milik BUMN dimana lewat bank tersebut Anda akan memperoleh berbagai macam keuntungan, dan kode bank BNI syariah sendiri adalah 427. Kode tersebut dapat digunakan untuk merek yang ingin mentransfer uang ke bank tersebut.

Berikut ini beberapa Kelebihan yang didapatkan ketika Punya Tabungan di Bank BNI Syariah, diantaranya:

1.       Tidak Ada Bunga dan Potongan

Bank BNI syariah merupakan salah bank dari BUMN atau perusahaan yang dimiliki oleh negara. Jika Anda menggunakan jasa dari bank tersebut Anda tidak akan dikenakan bunga apapun serta potongan. Hal ini membuat uang Anda tidak berkurang atau bertambah alias stabil. Beda halnya dengan akad mudharabah Anda akan dikenakan biaya potongan 5 ribu tper bulan.

2.       Gratis Transfer Uang BNI Konvensional atau Sebaliknya

Bank BNI sendiri merupakan salah satu bank naungan pemerintah yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia. Bank BNI saat ini begitu populer dan banyak orang yang menggunakan bank tersebut. Saat Anda menggunakan bank BNI syariah tersebut, ketentuan dalam urusan transfer uang sama seperti BNI konvensional.

3.       Leluasa Menggunakan ATM BNI

Meski menggunakan bank BNI syariah, namun Anda tetap leluasa untuk menggunakan ATM BNI, hal tersebut tentu akan memudahkan para pengguna bank BNI syariah dalam aktivitas transaksi dan bebas biaya meski dari ATM bank BNI. Jika mentransfer uang dari BNI tentu tidak memerlukan kode bank BNI syariah, dan begitu juga sebaliknya.

4.       Dapat Menabung dari Kantor Cabang Bank BNI

Anda dapat melakukan aktivitas simpanan uang atau menabung di bank BNI konvensional,

5.       Mendapatkan Mobile Banking dan Internet Banking

Fitur ini merupakan yang paling sering digunakan oleh orang. Dari sinilah orang bisa semakin leluasa untuk melakukan berbagai macam transaksi. Seperti mentransfer uang atau mengecek info lainnya. Dari fitur tersebut Anda bis amelakukan transfer uang ke berbagai bank, dan perlu kode dari bank lain untuk bisa melakukan aktivitas transfer, seperti kode bank BNI.