Kode Bank Mandiri dan Bank BUMN Lainnya Untuk Keperluan Transfer

daftar kode bank mandiri

Apabila Anda ingin melakukan aktivitas transfer uang dari bank lain ke bank mandiri, itu berarti Anda memerlukan kode bank Mandiri agar bis amelakukan transfer tersebut. Khusus bila Anda melakukan transfer sejumlah uang lewat mesin ATM atau menggunakan layanan Mobile Banking, jika tidak menggunakan kode bank pastinya transaksi ini tidak bisa diproses alias gagal.

Hadirnya kode bank fungsinya untuk bisa diidentifikasi oleh bank lain, dimana saat Anda melakukan transaksi dari bank Mandiri ke bank lain atau dari bank lain ke Mandiri. Dua arah pengiriman tersebut sama-sama membutuhkan kode bank agar bisa melakukan transfer dengan lancar.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kode bank Mandiri dan kode bank Mandiri Syariah itu berbeda, meski keduanya di dalam atap yang sama.

Kode Transfer Rekening Bank Mandiri

Kode transfer bank Mandiri yakni 008, kode tersebut bisa Anda pakai untuk keperluan transaksi seperti transfer uang atau pengiriman sejumlah uang lewat ATM atau Mobile Banking. Kode bank tersebut adalah kode resmi dari bank Mandiri yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas finansial antar bank.

Umumnya kode bank memang terdiri dari 3 digit angka, dimana angka ini bisa digunakan untuk keperluan transaksi kepada bank lokal atau dengan bank dari luar negeri. Setiap Anda akan melakukan aktivitas pengiriman uang, di sana akan tersedia kolom khusus untuk memasukan kode rekening bank tertentu, salah satunya bank Mandiri.

Anda wajib untuk memasukkan kode di saat akan mentransfer uang ke rekening tujuan khususnya ke bank berbeda. Hal ini sangat dibutuhkan, baik saat Anda melakukan transfer uang lewat Mobile Banking atau menggunakan mesin ATM.

Apabila Anda tidak mencantumkan kode transfer rekening bank Mandiri saat akan mengirim uang, tentunya transaksi Anda tidak akan berhasil dan akan ditolak. Sebab sistem bank terkait tidak bisa mengidentifikasi kode bank yang menjadi tujuan Anda.

Dengan begitu aktivitas transaksi pengiriman Anda akan gagal, dan harus mencobanya hingga kode dan no rekening tujuan Anda sesuai. Sama halnya jika Anda mentransfer uang ke Mandiri syariah juga memerlukan kode bank Mandiri Syariah.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui beberapa kode bank khususnya bank BUMN atau bank yang dimiliki pemerintah, antara lain :

  •         Kode Bank Mandiri: 008
  •         Kode Bank BNI: 009
  •         Kode Bank BTN: 200
  •         Kode Bank BRI: 002
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BNI Syariah: 427
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BRI Syariah: 422
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks Mandiri Syariah: 451

Setiap kode yang dimiliki setiap bank mempunyai kegunaan dan fungsinya sendiri-sendiri. Tidak hanya dipakai untuk keperluan transaksi pengiriman sejumlah uang saja, akan tetapi kode setiap bank mempunyai fungsi serta manfaat lainnya. Mungkin Anda juga paham mengapa seluruh bank mempunyai kodenya masing-masing.

Adapun kegunaan atau fungsi dari kode bank, yakni :

kode bank mandiri

1.       Identitas dari Suatu Bank

Adanya kode bank akan menjadi identitas dari setiap bank. Di dunia perbankan sendiri, kode yang ada dari setiap bank merupakan angka identifikasi resmi. Kode tersebut akan membantu proses identifikasi bentuk transaksi apapun antar bank. Selain itu data transaksi bisa dengan sangat mudah dibedakan oleh sistem bank agar bisa menyelesaikan sebuah transaksi.

2.       Keperluan Identifikasi Transaksi

Pihak bank manapun akan memberi isyarat bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas transfer ke antar bank dengan mencantumkan kode bank yang menjadi tujuan Anda. Hal tersebut dibuat bukan tanpa adanya alasan, menjadi salah satu alasan yang melandasi kondisi yakni kode bank dapat menjadi identifikasi resmi yang akan diterima sebuah bank. Jika tidak ada kode bank maka seluruh transaksi terkait pengiriman uang antar bank akan gagal.

3.       Pembeda dari Masing-Masing Bank

Bukan hanya sebata nama bank saja, kode bank akan menjadi pembeda atau menjadi identitas resmi dari sebuah bank tertentu, dan setiap bank memiliki kode yang berbeda, seperti contoh kode bank Mandiri syariah pastinya berbeda dengan kode bank BNI atau bank BTN. Jika sebuah nama menjadi identitas resmi suatu bank didunia nyata, sementara kode bank akan menjadi identitas resmi untuk berbagai macam transaksi yang dilakukan oleh sebuah bank ke bank lain agar dapat diproses dengan cepat.

4.       Digunakan Ketika Melakukan Transaksi

Setiap Anda melakukan sebuah transaksi pengiriman sejumlah uang ke berbeda bank, seperti dari bank BNI ke bank BRI, atau sebaliknya. Itu berarti syarat yang paling penting adalah memasukan kode khas dari bank yang dituju, lalu diiringi dengan no rekening bank tujuan.

Pastinya seluruh bank akan mewajibkan para pengguna untuk memasukan kode bank tujuan transfer  seperti kode bank Mandiri, agar bisa mengidentifikasi bank terkait, jika sudah sistem akan memproses transaksi tersebut dan jika tidak mengalami kendala lain maka transaksi Anda akan berhasil.