Kode BRI Untuk Transfer Antar Bank

kode bri

Kode BRI merupakan kode angka yang digunakan untuk keperluan transfer uang ke rekening BRI. Apabila Anda melakukan transfer dari bank lain ke rekening BRI, tentu kode bank BRI harus dicantumkan pada mesin ATM, internet banking atau mobile banking. Kode angka transaksi antar bank umumnya terdiri dari 3 digit angka dan setiap bank mempunyai kode banknya sendiri.

Maka dari itu, sebelum melakukan aktivitas transfer antar rekening ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kode transaksi dari bank BRI atau bank lain.

Apabila terjadi kesalahan dalam memasukkan kode bank tersebut, tentu transaksi yang Anda lakukan tidak bisa berjalan dengan lancar.

Agar lebih jelas lagi, Anda perlu menyimak artikel ini sampai habis. Dimana akan dijelaskan juga kode BRI serta beberapa bank ternama lainnya yang ada di Indonesia hingga mengetahui fungsi dan arti dari kode suatu bank.

Daftar Kode Angka Transfer Bank Lokal Indonesia

Biasanya kode transaksi antar bank berupa 3 digit angka. Setiap bank mempunyai kode bank berbeda. Jadi sebaiknya, sebelum melakukan aktivitas transfer ke bank lain, diutamakan untuk mengetahui terlebih dahulu kode bank tujuan Anda. Apabila Anda salah memasukan kode bank, pastinya transaksi tidak bisa dilakukan.

Memang pada mesin ATM atau di internet banking telah menyediakan daftar kode bank. Akan tetapi bila Anda perlu mencari dan memilih kode bank dahulu dari sekian banyaknya bank yang ada di dalam fitur ATM pastinya akan sangat memakan waktu dan menjadi tidak efektif dan efisien. Tapi kali ini kita hanya akan membahas terkait bank BRI dan beberapa kode bank dari bank BUMN, seperti:

  •         Kode Bank BNI: 009
  •         Kode Bank BTN: 200
  •         Kode Bank BRI: 002
  •         Kode Bank Mandiri: 008
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BNI Syariah: 427
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BRI Syariah: 422
  •         Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) eks Mandiri Syariah: 45

Fungsi dan Arti Kode Bank

Dengan semakin tingginya minat masyarakat dalam aktivitas belanja online, tentunya ikut meningkatkan aktivitas transaksi. Kemudahan yang ditawarkan oleh para e-commerce atau toko online dalam menjual produk atau barang mereka kepada masyarakat dimana para pelanggan bisa dengan leluasa melihat, memilih dan memesan barang yang mereka inginkan, kemudian membayarnya melalui ponsel atau mesin ATM.

Akan tetapi, tidak seluruh pembeli mempunyai rekening yang serupa dengan penjual, itu berarti pembeli harus tahu kode bank yang dituju supaya transaksi bisa dilakukan. Kode bank umumnya terdiri dari tiga digit angka dan setiap bank memiliki angkanya sendiri dan menjadi ciri khas dari masing-masing bank yang ada.

kode bank di indonesia

Untuk Anda yang tergolong sering melakukan aktivitas transfer antar bank lewat internet banking atau mesin ATM, tentu Anda sudah sangat familiar dengan fungsi dari 3 digit angka yang biasa disebut dengan kode bank.

Namun, sebetulnya apa fungsi dari tiga digit angka tersebut ketika melakukan aktivitas transfer antar bank? Berikut alasannya.

  • Identitas Bank

Tanpa adanya kode bank, transfer antar bank tidak akan bisa berjalan. Kode bank diperlukan sebagai langkah identifikasi dari sistem bank. Kode tersebut adalah identitas yang dihadirkan untuk pembeda antar bank satu dan bank lain.

Selain sebagai proses identifikasi dari sistem bank itu sendiri dan menjadi pembeda dari setiap bank yang ada, kode bank ini juga berguna untuk menghindarkan para pengguna jika mengalami kesalahan transaksi di suatu bank tertentu.

  • Kode Bank Dapat Memudahkan Transaksi

Seiring berkembangnya zaman yang semakin maju dan canggih dan mempermudah berbagai aktivitas transaksi seperti transfer uang antar bank membuat kode bank menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan agar transaksi yang dilakukan bisa berjalan lancar dan mudah. Ketika Anda akan mengirim sejumlah uang ke bank yang berbeda, Anda harus memastikan bahwa kode bank sudah sesuai dengan kode bank yang Anda tuju sudah benar supaya uang bisa ditransfer.

Karena, dengan adanya kode bank yang Anda cantumkan nantinya akan membantu sistem bank agar mengetahui hak serta kewajibannya di saat transaksi antar dua pihak bank terjadi.

Nha, itulah fungsi kode bank yang sejauh ini mungkin sudah Anda gunakan di setiap aktivitas transfer antar dua bank berbeda. Akan tetapi untuk Anda yang tidak mengetahui caranya tidak perlu khawatir. Caranya yakni, Anda hanya perlu mencantumkan 3 digit angka yang merupakan kode bank tertentu di pangkal penulisan no rekening tujuan. Mudah bukan?

Seperti Anda ingin mengirim sejumlah uang dari bank lain ke bank BRI, tentu Anda membutuhkan kode BRI. Dengan masuk ke menu transfer antar bank lalu masukkan kode bank BRI 002 dan diiringi dengan nomor rekening tujuan.