Kupas Tuntas Keuntungan Investasi Emas dan Cara Memulainya

cara investasi emas

Apakah Anda sudah tahu jika harga emas pada tahun 2020 naik 20% selama pandemi. Walaupun kondisi pasar sedang turun, emas merupakan aset yang akan terus meningkat, dan juga pernah mempunyai harga sebesar  1.770 USD dan juga sampai 1.800 USD.

Tidak heran jika banyak sekali investor yang memperhatikan cara dari berinvestasi emas untuk mendapatkan keuntungan. Jika Anda tertarik untuk memulainya sebelum itu simak seputar penjelasan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam investasi emas.

Investasi aset emas mempunyai nilai yang akan terus bertahan walaupun dimana kondisi yang tidak terduga. Nilai emas juga biasanya bersifat fluktuasi, harganya naik disaat kondisi yang tak terduga dan bertahan dibandingkan investasi lain yang mengalami kejatuhan.

Jika Anda mencari aset yang stabil dan juga bertahan lama, emas merupakan pilihan investasi yang tepat dan juga mempunyai peluang yang besar dalam mendapatkan untung. Dan juga Anda bisa mempunyai aset tersendiri yang biasanya adalah emas batangan dikarenakan pilihan yang paling aman.

Topik yang sering kali di perbincangkan yaitu Investasi emas, dikarenakan banyaknya peminat dan juga bukanlah logam yang hanya bernilai tinggi. Mencari keuntungan investasi emas menjadi salah satu peranan yang sangat penting didalam sektor perekonomian di berbagai belahan negara. Investasi emas juga merupakan investasi yang kuat dan juga mempunyai jangka lama.

Emas juga merupakan mata uang cadangan, tercatat didalam sejarah dikatakan jika emas memiliki peranan penting di dalam perekonomian. Kemudian emas juga bisa dijadikan portofolio berharga apalagi mengingat saat ini kondisi perekonomian pasar sedang menurun yang disebabkan pandemi.

Keuntungan Dari Berinvestasi Emas

Berikut merupakan keuntungan dari berinvestasi emas, yaitu :

1. Nilainya yang Stabil

Emas memiliki kecenderungan yang mampu untuk menstabilkan nilainya. Dan juga banyak dari ahli ekonomi yang mengeluarkan pendapat bahwa harga dari sebuah emas tidak sama seperti nilai dari emas tersebut. Oleh karena itu apabila harga emas mendapat penurunan, nilai dasar dari emas tidak akan berubah. Emas juga mempunyai kuantitas tetap dan juga jelas dan merupakan sebuah komoditas.  

2. Bebas dari pajak

Investasi emas berbeda jika dibandingkan mempunyai saham disuatu perusahaan. Keuntungan dari investasi emas juga memiliki perbedaan pada investasi yang biasanya keuntungan yang diperoleh dari perusahaan biasanya tidak dapat langsung dinikmati bagi sang pemegang saham di perusahaan itu. Mempunyai emas yang menjadi aset investasi menjadi pilihan yang sangat tepat jika Anda ingin investasi yang bebas dari pajak.

3. Bisa diperjual belikan

Dikarenakan berkembangnya teknologi kini menjadi salah satu peluang untuk berinvestasi emas. Emas bisa Anda perjual belikan secara online dan prosesnya begitu mudah, bisa dimana saja, dan kapan saja.

Cara Untuk Memulai Berinvestasi Emas

apa itu investasi emas

Emas merupakan investasi yang terbukti paling aman jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Resiko dalam berinvestasi emas mempunyai kecenderungan resiko yang lebih minim dan juga bisa menahan suatu inflasi. Dan juga emas mempunyai nilai yang stabil walaupun dengan jangka panjang. Kemudian kelebihan selanjutnya, emas mempunyai likuiditas yang tinggi yang menyebabkan bisa dijual dengan waktu singkat.

 Setelah mengetahui Keuntungan investasi emas, berikut adalah beberapa tips berinvestasi emas yang bisa Anda terapkan:

1. Memperhatikan kecukupan finansial Anda

Sebelum memikirkan tentang Keuntungan investasi emas, sebaiknya Anda harus memikirkan tentang dana yang Anda miliki terlebih dahulu. Jika dalam beberapa bulan Anda sudah memiliki dana yang lebih, maka Anda bisa mengalokasikannya untuk berinvestasi emas supaya berguna di masa mendatang. Jangan sampai Anda mengorbankan seluruh pendapatan apalagi berhutang agar memperoleh untung dari investasi. 

2. Menentukan tujuan dan juga membuat perencanaan

Anda harus mempunyai tujuan, contohnya jika Anda berinvestasi untuk dijadikan sebagai biaya pernikahan, biaya untuk berangkat haji, ataupun biaya untuk sekolah anak anda di masa depan. Jika Anda memiliki tujuan yang lebih jelas, Anda bisa menentukan seberapa banyak emas yang ingin Anda kumpulkan di dalam tujuan Anda.

3. Memperhatikan waktu untuk berinvestasi emas

Jika Anda sudah mempunyai keinginan dalam berinvestasi emas, maka Anda perlu memantau harga dari emas yang ada dipasaran. Dan juga, Anda harus mempelajari dari pergerakan emas. Hal itu berguna untuk menentukan kapan harus membeli dan menjual nya kembali agar mendapatkan keuntungan optimal dari berinvestasi emas. Dan sebaiknya investasi emas disimpan terlebih dahulu dengan jangka waktu seperti 5 tahunan. 

4. Memilih emas yang cocok untuk investasi

Disarankan untuk para calon investor untuk memilih logam mulia jika ingin berinvestasi emas, dikarenakan logam mulia jauh lebih menguntungkan juga cocok untuk menjadi simpanan di masa mendatang, daripada menginvestasikan emas perhiasan. Logam mulia juga memiliki kelebihan dari harga jualnya yang lebih tinggi.

5. Memilih lokasi penyimpanan emas

Kelalaian saat memilih penyimpanan emas yang salah bisa menimbulkan emas hilang. Sebaiknya Anda menyimpan emas tersebut di dalam brankas rumah dan juga bisa disimpan pada safe deposit box. SDB adalah sebuah layanan yang merupakan sebuah penyimpanan barang yang berharga, biasanya layanan ini disediakan dari pihak bank. Selain itu Anda bisa memanfaatkan tabungan emas di sebuah Pegadaian untuk menjadikannya sebagai investasi emas.