Kursus Pelatihan Prakerja yang Bagus

Prakerja adalah salah satu terobosan dari pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia yang semakin lama semakin banyak terlebih  lagi setelah serangan pandemi yang mengakibatkan banyaknya perusahaan yang harus gulung tikar. Prakerja awalnya dikhususkan untuk mereka yang sedang akan mulai bekerjadan butuh pelatihan untuk memperkuat skill dan juga pengalaman agar ketika terjun ke dunia kerja dia sudah mempunyai pengalaman yang cukup mumpuni untuk memulai pekerjaan. 

Banyak manfaat yang bisa di dapat dari program prakerja yang disponsori oleh pemerintah. Prakerja memberi fasilitas untuk mengikuti pelatihan dari penyedia pelatihan yang ditunjuk oleh pemerintah secara gratis dengan menukar biaya pelatihan dengan deposit yang sudah disediakan oleh pemerintah yang berjumlah Rp. 1.000.000,- untuk setiap orangnya. Selain itu setiap orang yang sukses mendaftar prakerja akan mendapat insentif yang diberikan setiap bulannya selama 3 bulan dengan syarat sudah menyelesaikan program pelatihan dengan bukti sertifikat pelatihan. 

Banyak jenis pelatihan yang bagus dan menarik untuk dicoba. Dengan mengikuti pelatihan yang tepat, kita bisa menambah skill dan kompetensi kita sesuai dengan bidang yang kita tekuni atau ingin pelajari. Pelatihan apa sajakah yang bagus untuk diikuti dari prakerja? Yuk mari kita simak kursus pelatihan prakerja yang bagus untuk diikuti.

Kursus pelatihan prakerja yang bagus

  • Wirausaha

Pelatihan prakerja yang bagus untuk diikuti yang pertama adalah pelatihan yang berfokus pada bidang wirausaha. Dengan mengikuti pelatihan yang berfokus pada skill dan kemampuan untuk berwirausaha, kita bisa membuka peluang kerja yang lebih besar secara mandiri. Banyak pelatihan wirausaha yang ditawarkan pada program prakerja. Kita bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang mengedepankan skill seperti pelatihan menjahit, memasak, membuat masker, dan juga pelatihan-pelatihan lain yang mendukung kewirausahaan. Dengan mengikuti program pelatihan yang berfokus pada skill, harapan kedepannya kita bisa membuka usaha sendiri dan bisa menjadi sukses dan berpenghasilan serta bisa membuka peluang kerja yang lebih besar.

  • Teknologi informasi

Sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dimasa sekarang yang hampir semua sector membutuhkan tenaga di bidang teknologi informasi, memilih pelatihan prakerja yang berfokus pada teknologi informasi adalah pilihan yang tepat karena penyerapan tenaga kerja yang dari bidang tersebut memang cukup besar. Jenis-jenis pelatihan yang bisa diambil dari sector teknologi informasi antara lain desain grafis, pelatihan coding, ilmu jaringan, fotografi dan videografi  serta  masih banyak yang lain yang berhubungan dengan teknologi informasi. Dengan mengasah skill di pelatihan dari prakerja yang berfokus pada teknologi informasi, kita bisa mempunyai peluang untuk bekerja di bidang tersebut dengan lebih baik karena tambahan sertifikat yang didapatkan dari pelatihan-pelatihan prakerja yang kita ikuti. 

  • Bahasa asing

Bahasa asing juga menjadi pilihan pelatihan prakerja yang sangat tepat menmgingat Indonesia kini sudah ikut dalam pasar bebas. Kini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memasang kriteria multi bahasa sebagai kualifikasi untuk bekerja. Selain itu dengan mengikuti program pelatihan bahasa asing bisa mengasah dan menambah skill kita dalam berbahasa sebagai modal untuk bekerja di berbagai sektor usaha terutama bila kita harus berhadapan dengan orang asing yang sebagai konsumen atau bahkan owner dari dari perusahaan yang kita ikuti. Selain itu bahasa asing juga bisa menjadi bekal yang baik ketika kita mempunyai kesempatan untuk melakukan perjalanan yang membutuhkan bahasa lain selain bahasa Indonesia sebagai komunikasinya. 

  • Industri makanan

Pelatihan dari industry makanan juga cukup menjanjikan diikuti terutama bagi kalian yang mempunyai hobi dan perhatian lebih pada industry makanan. Banyak pelatihan yang berfokus pada industry makanan dari kursus pelatihan memasak, baking, hingga pemasaran dan juga manajemen keuangan dari industry makanan. Hal tersebut pasti bisa menjadi skill tambahan yang cukup menguntungkan terutama kita yang memang ingin bekerja pada industry makanan yang memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang berfokus pada industry makanan akan membekali kita untuk bekerja di bidang tersebut ataupun bahkan kita bisa berwirausaha secara mandiri di bidang makanan dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan. 

  • Marketing

salah satu jenis pelatihan yang juga tidak kalah menariknya dan sangat berguna adalah pelatihan marketing dan pemasaran. Semua sektor usaha pasti membutuhkan marketing dan pemasaran jadi pelatihan ini adalah salah satu yang cukup baik dan bisa dipertimbangkan untuk diikuti apalagi untuk kalian yang sangat hobi berjualan. Dengan pelatihan yang tepat bisa menambah skill dalam marketing dan juga bisa meningkatkan omset penjualan. Selain itu sertifikatnya juga bisa untuk menambah portfolio ketika melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tim marketing. 

  • Pengembangan diri

Selain dari 5 jenis pelatihan di atas, kita juga bisa mengikuti pelatihan yang berfokus pada pengembangan diri seperti bagaimana cara wawancara yang benar, bagaimana cara membuat curriculum vitae dan juga portfolio serta semua hal yang berfokus pada karir dan juga pengembangan diri. 

Itulah beberapa kursus pelatihan yang difasilitasi oleh prakerja yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Dengan mengikuti pelatihan prakerja, kita bisa menaikkan skill dan kompetensi kita serta mendapatkan sertifikat yang bisa menjadi tambahan untuk portfolio ketika melamar pekerjaan. Selain itu skill yang diajarkan juga bisa menjadi ilmu yang bisa diterapkan ketika berwirausaha untuk membuka lapangan pekerjaan.