Lakukan Hal Ini Jika Interview Kerja Tak Berjalan Lancar

Interview Anda tidak berjalan dengan lancar? Tidak perlu khawatir sebab hal tersebut tidak Anda alami sendirian. Namun, semua orang yang sering mencari kerja juga pernah merasakan hal yang sama. Bahkan untuk orang-orang yang sekarang sudah bekerja di perusahaan yang bagus dan memiliki jabatan tinggi juga pastinya pernah melakukan hal yang sama dengan Anda. 

Supaya interview yang tak berjalan dengan lancar ini tidak membuat mood  Anda hancur di hari itu, lakukan hal-hal ini untuk memperbaiki perasaan Anda. Dijamin Anda akan bersemangat lagi untuk menjalankan interview selanjutnya. Tidak perlu berlama-lama lagi, Yuk simak tipsnya berikut ini. 

1. Tenangkan dirimu 

It’s Okay sekarang wawancara tidak berjalan dengan lancar, tetapi wawancara yang gagal tersebut, dunia menjadikan dunia Anda akan berakhir. Tetap tenang selama beberapa menit hingga bayangan wawancara yang buruk hilang dari kepala Anda. 

Tarik napas dalam-dalam dan tutup mata untuk meredakan ketegangan yang Anda rasakan selama percakapan dengan setiap nafas. Ulangi hingga Anda merasa lebih baik. Ingatlah bahwa apa yang buruk bagi mata Anda belum pasti buruk bagi perekrut Anda. Jadi jangan membuat pikiran negatif menghancurkan hari Anda dan membuat Anda merasa terpuruk!

2. Cari tempat favorit untuk meredakan pikiran 

Supaya hasilnya lebih bagus lagi, Anda dapat menemukan salah satu tempat favorit untuk menenangkan diri sesudah wawancara. Melihat semua sudut akan membuat Anda merasa tenang karena dekorasi dan konsep yang disajikan.

Anda dapat pergi ke restoran, kafe atau tempat lain yang sepi. Sehingga Anda bisa benar-benar menikmati di sana. Tidak lupa makan makanan dan minuman manis misalnya es krim dan kue coklat. Keduanya konon bisa meremajakan dan cepat menenangkan pikiran.

3. Jangan membahasnya lagi 

Apabila wawancara ternyata merusak hari Anda, yang dapat Anda lakukan hanyalah melupakannya. Tidak berarti Anda tak memperdulikannya, tetapi melupakan hal yang  terjadi dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Anda tidak perlu membicarakan betapa buruknya yang Anda lakukan dalam sebuah wawancara dengan teman-teman atau keluarga. 

Karena hal tersebut bisa mengingatkan Anda kembali pada saat-saat buruk yang Anda sendiri sedang belajar melupakannya. Lebih baik mengganti topik pembicaraan untuk bersenang-senang, seperti tempat yang bagus untuk dikunjungi sesudah wawancara. Dengan begitu, satu sesi wawancara tidak akan membuat hari Anda berantakan selama berhari-hari.

4. Maafkan diri sendiri 

Anda tidak boleh menyalahkan diri Anda sebab wawancara tidak berjalan sesuai rencana. Lebih baik memaafkan diri sendiri atas apa yang terjadi, karena menyalahkan diri Anda hanya membuatnya lebih buruk. Catatlah kesalahan-kesalahan yang Anda buat selama wawancara. Buat catatan rinci tentang semua kesalahan ini sehingga tidak akan terjadi lagi dalam wawancara Anda berikutnya. 

Jika Anda bisa memaafkan diri Anda dan belajar dari kesalahan tersebut, percayalah. Wawancara berikutnya akan lancar. Diperlukan persiapkan dengan lebih matang  supaya semuanya sesuai pada tempatnya.

5. Buat rencana berikutnya 

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah sesuatu yang wajib Anda tanyakan ke diri sendiri jika Anda merasa ada yang tidak beres, bahkan selama wawancara. Ada baiknya untuk melamar ke banyak perusahaan sekaligus, Anda juga harus meningkatkan wawancara. 

Apabila Anda perlu merevisi resume Anda, segera revisi sehingga perusahaan benar-benar dapat mempertimbangkan surat lamaran. Yang penting jangan khawatir tentang apa yang  terjadi.

6. Selalu follow up 

Anda mungkin merasa gagal dalam wawancara, tetapi perusahaan tidak selalu berpendapat yang sama. Oleh karena itu, melakukan follow up dalam beberapa hari ke depan tidak ada salahnya dan Anda akan tahu jika Anda masih memiliki harapan. 

Dalam hal ini, pakailah waktu luang sekarang untuk memaksimalkan kinerja pada sesi berikutnya. Tingkatkan rasa percaya diri dan pastikan Anda siap secara mental. Belajarlah untuk maju ketika Anda tidak memiliki harapan. Jangan berkecil hati, sebab masih ada perusahaan lain yang ingin mempekerjakan Anda.

7. Banyak membaca tips interview 

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan banyak membaca. Bahan tersebut tidak hanya digunakan untuk tes tertulis saja, namun juga trik dan tips ketika Anda ingin interview kerja. Trik dan tips tersebut bisa membantu Anda untuk memaksimalkan diri Anda sebelum berhadapan langsung dengan interview kerja. Hasilnya, Anda tidak lagi harus merasa bersalah dan gagal ketika menghadapi interview berikut nya. 

8. Pahami silsilah perusahaan 

Proses interview mencakup tidak hanya menilai kesesuaian kandidat untuk perusahaan, namun memeriksa pengetahuan Anda tentang silsilah perusahaan. Oleh karena itu, langkah pertama dalam mempersiapkan wawancara  yaitu  mencari  profil perusahaan Anda dan berita terbaru melalui situs pencarian atau teman. Informasi yang perlu Anda berikan meliputi informasi background, visi dan misi, produk serta layanan perusahaan.