Long Weekend di Depan Mata? Atur Keuanganmu Biar Nggak Boncos

Libur long weekend adalah momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang, tak terkecuali pasti kamu, kan ? Nah sebentar lagi momen itu bakal kita temui karena bertepatan dengan perayaan hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Sabtu. 

Ini saat yang tepat untuk merencanakan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman, terutama bagi orang-orang yang masih bekerja selama 6 hari dalam seminggu. Banyak yang memanfaatkan momen libur akhir pekan dengan berlibur, misalnya bepergian ke luar kota, staycation atau sekedar jalan-jalan keliling kota dan mengunjungi tempat wisata.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dibilang butuh budget tersendiri karena pada akhirnya justru bikin pengeluaran membengkak. Nah, untuk itu kami akan berikan tips biar kamu tetap bisa atur keuangan sambil menikmati libur long weekend. 

5 Tips Atur Keuangan Agar Tetap Aman Saat Long Weekend

Meskipun long weekend hanya berlangsung selama dua atau tiga hari, tapi kalau tidak diatur dengan baik maka mungkin saja gajimu bisa habis seketika. Ini sebabnya kamu harus tetap perhatikan pengeluaranmu,  jangan sampai liburan malah bisa bikin kamu boncos. Gimana caranya ? Simak tips berikut ini, ya ! 

  • Berburu Diskon atau Voucher

Biasanya kalau ada libur panjang, banyak bertebaran diskon, voucher dan promo menarik lainnya. Nah, jangan lewatkan untuk berburu promo seperti potongan harga, cashback, buy one get one, dan lain sebagainya. Manfaatkan sosial media maupun marketplace yang kamu miliki untuk mencari informasi.

Kamu bisa memilih penginapan dan transportasi yang murah atau sedang promo. Dan kalau kamu punya voucher khusus yang bisa digunakan, manfaatkan biar biaya liburan semakin murah. Selain transportasi dan penginapan, pihak dari tempat wisata juga banyak yang sedang menawarkan promo-promo menarik. 

  • Pilihlah Destinasi yang Sesuai dengan Budgetmu

Jangan memaksakan diri berlibur ke destinasi yang melebihi budget liburanmu. Saat ini banyak sekali tempat-tempat yang menarik dikunjungi dan sangat terjangkau. Misalnya, pantai, daerah pegunungan, dan wisata alam lainnya. Atau kamu bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah, kota tua dan masih banyak lagi. 

Liburan tak selalu identik dengan tempat yang mahal dan mewah. Dimana pun itu yang paling penting kamu bisa melepas penat sejenak dan meluangkan waktu bersama orang-orang terdekat. 

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan dengan berlibur, lebih baik tentukan dahulu berapa budget yang akan dialokasikan. Hal ini dilakukan biar tidak mengganggu alokasi untuk kebutuhan lainnya. Jangan utamakan gengsi sementara kebutuhan pokok belum bisa terpenuhi.   

  • Buatlah Rincian Biaya selama Berlibur

Tips yang satu ini sering dianggap remeh, padahal sangat penting lho ! Ini adalah cara yang tepat biar kamu bisa mengontrol pengeluaran selama liburan. Sebelum kamu berlibur, buatlah catatan yang berisi rincian biaya seperti transportasi, penginapan, makan, pembelian tiket masuk wisata, hingga belanja oleh-oleh. 

Semua keperluan liburan harus kamu catat secara rinci dan detail, jangan sampai ada yang terlewatkan. Sehingga nantinya kamu lebih mudah memperkirakan berapa budget yang diperlukan. Dengan adanya rincian biaya ini, pengeluaranmu selama berlibur jadi lebih terkontrol dan mudah untuk menentukan keperluan mana saja yang kiranya penting dan tidak begitu penting. 

  • Jangan Mudah Tergoda untuk Membeli Banyak Barang di Tempat Wisata

Meskipun rincian biaya sudah dibuat, kebiasaan ini masih saja sering dilakukan dan malah membuat pengeluaran membengkak. Tak heran karena di tempat wisata banyak yang menjual pernak-pernik, makanan dan minuman dengan harga yang relatif mahal hingga berkali-kali lipat dari harga normal. 

Tak masalah kalau kamu memang ingin membeli beberapa barang di tempat wisata, asalkan tidak melebihi budget yang sudah kamu tentukan. Sekalipun harganya masih terjangkau tapi jangan sampai kebablasan dengan membelinya dalam jumlah yang sangat banyak. 

5. Habiskan Long Weekend untuk Kegiatan yang Lebih Produktif

Akhir pekan tidak melulu digunakan untuk liburan saja, kamu bisa memanfaatkannya dengan melakukan hal-hal yang jauh lebih produktif. Ditambah lagi kalau kamu punya hobi yang bisa menghasilkan cuan misalnya menjadi fotografer, freelance writer, make up artist dan lain-lain. Beberapa pekerjaan tersebut pasti banyak dibutuhkan pada saat weekend, jadi tak ada salahnya kalau kamu gunakan kesempatan itu sebagai peluang yang menjanjikan. 

Disamping kegiatannya menyenangkan, penghasilanmu justru bisa bertambah. Bahkan koneksi dan pengetahuanmu semakin luas. Hal ini tentu sangat baik buat kamu kedepannya karena penghasilan itu bisa kamu alokasikan untuk tambahan tabungan.

Nah, itulah tadi lima tips untuk atur keuangan biar tetap aman dan tidak boncos saat long weekend. Seberapa pun besarnya gaji yang kamu miliki, tetap bijaklah menggunakan uang untuk bekal masa depan yang lebih baik. Semoga tips-tips di atas bisa kamu terapkan, ya!