Manfaat Dari Persaingan Bisnis Yang Ketat

Tuntutan jaman menghendaki kita harus semakin inovatif dan kreatif mengikuti perkembangan bisnis yang terjadi. Persaingan antar bisnis semakin tak menemui celahnya, makin ketat sehingga tenaga dan pikiran semakin di optimalkan. Kata persaingan ini sering kali kita temui bermakna negatif. Persaingan bisnis merupakan bagian dari kompetisi dimana pebisnis melakukan segala daya dan upayanya untuk menuju pada sebuah keuntungan bisnis yang di dapat masing – masing pelaku bisnis baik bisa menguasai pasar serta dapat terjual dengan baik produk maupun pelayanannya. Hal tersebut tak menampik membuat persaingan itu timbul stigma negatif namun tidak semua hal tersebut buruk terkadang dari adanya persaingan muncul sebuah ide yang luar biasa yang menyebabkan orang jadi kian kreatif dan inovatif. Kali ini kami akan berikan pikiran terbuka beberapa manfaat yang kita dapat dengan adanya persaingan bisnis yang ketat. Yuk sama – sama kita simak!

  • Dapat Meningkatkan Kualitas atau Performa  Produk atau Layanan

Kemampuan yang kita dapat sebelum adanya persaingan bisa di bilang datar – datar saja, ketika kemudian muncul sebuah persaingan bisnis yang dalam produk atau layanan wujud nya sama. Alhasil kita mengupayakan agar produk atau layanan kita bisa bertahan apapun situasi dan kondisinya. Dalam menempuh perjalanan ini biasanya para pelaku bisnis menemukan ide – ide cemerlang yang mampu menunjang skala perbaikan kualitas produk atau layanan yang ada dalam bisnis mereka. Pepatah lama mengatakan dalam kondisi buntu atau terpepet, manusia akan menemukan jalan keluar melalui idenya yang terkadang cemerlang.

  • Meningkatkan Daya Kreatifitas

Keberadaan teknologi yang semakin mutakhir saat ini mendorong manusia ikut melewatinya dengan kredibilitas personal sehingga muncul daya kreatifitas yang dimilikinya. Biasanya dari kreatifitas ini muncul produk – produk baru, atau kemasan produk yang lebih kreatif dan inovatif. Adanya persaingan dalam bentuk pelayanan juga akan memberikan kekreatifitasan tersendiri baik dari segi standar operating procedure yang dioptimalkan dan cara berkomunikasi dengan pelanggan juga dioptimalkan.

  • Mendapatkan Brand Awareness

Jika kretifitas dan inovasi dipacu terus kemudian pelayanan terhadap pelanggan juga baik dan bagus. Hal tersebut mampu mendorong pelanggan loyal terhadap produk maupun pelayanan yang kita berikan. Dan ini meningkatkan brand awareness pada bisnis kita sehingga sangat kecil sekali terjadi pelanggan kita berpaling terhadap produk kita sebab kita pada akhirnya selalu memprioritaskan kepuasaan pelanggan.

  • Memberi Motivasi yang Lebih Tinggi

Tak hayal jika dalam melakukan bisnis kita mengalami pasang surut keadaan untuk memotivasi diri terhadap bisnis yang dijalankan. Hal tersbut sering dialami para pelaku bisnis penyebabnya karena mencapai titik bosan dan jenuh pada bisnis yang dijalaninya, tak heran jika banyak pelaku bisnis yang gulung tikar karena bosan. Dalam hal ini persaingan bisnis berperan secara tidak langsung dapat menumbuhkan motivasi lebih tinggi kepada para pelaku bisnis. Sebab adanya gairah yang muncul untuk menjaga kualitas atau malah meningkatkan kualitas dengan memperbarui produk atau pun pola pelayanan yang sudah ada dengan memberikan fasilitas yang belum ada dimiliki oleh pesaing tersebut.

  • Dapat Keluar dari Zona Nyaman

Sering kali kita itu terbawa suasana nyaman karena kita sudah mencapai kesuksesan menurut kitasendiri sehingga terkadang lupa menyadari bahwa di sekitar kita tumbuh persaingan – persaingan bisnis yang nyata. Persaingan – persaingan bisnis ini memaksa kita agar dapat terus bergerak dan keluar dari zona nyaman atau malas malasan karena faktor cepat puas dengan keadaan.

  • Persaingan Sebagai Bentuk Koreksi dan Renungan

Hal positif dari adanya persaingan bisnis yang ketat adalah kita akhirnya menemukan beberapa kekurangan yang ada dalam diri kita. Sehingga kita dapat sejenak merenungkan kelemahan kita dan bagaimana menyikapi kelemahan dan kekurangan yang ada dalam diri kita.

  • Mengajak Kita Untuk Belajar Sesuatu Hal Baru

Persaingan bisnis membuat kita juga dapat belajar beberapa hal yang baru, hal ini terjadi jika kita menyikapi dengan arif dan bijak. Kemampuan yang ada sebelumnya dapat kita upgade dengan terciptanya persaingan di dalam bisnis kita. Pikiran kita pada akhirnya terbuka dan luas sehingga mencari tempat – tempat pembelajaran baru, baik dengan mengikuti acara pelatihan, seminar, workshop yang disediakan oleh pemerintah ataupun swasta yang menyangkut dengan bisnis anda. Sehingga ilmu yang di dapat mampu memberikan jalan ide baru dan pengalaman baru yang pesaing bisnis anda belum pernah mengalami dan mempunyai pengetahuan tersebut.

 

Mulai sekarang cobalah untuk mengubah pandangan kita terhadap persaingan, maka kita akan menemui beberapa manfaat yang sudah dipaparkan d atas. Persaingan tidak selamanya buruk dan negatif, ambil saja manfaat dan nilai positifnya agar kita menjalani bisnis dengan persaingan yang ketat sehingga mampu bertahan dalam kondisi apapun. Selamat mencoba!