Masih Menggunakan Cara Lama? Yuk, Kenali Fitur Bank Digital Ini

bank digital

Bukan rahasia lagi, dunia digital telah menggeser gaya hidup manusia. Bahkan yang awalnya manusia membuka rekening harus ke kantor unit bank terdekat, saat ini membuka rekening bisa dilakukan di rumah saja dengan menggunakan fasilitas bank digital.

Tentunya, fitur yang ada di bank digital sangat memudahkan aktivitas kita. Selain itu, bank digital dapat menghemat waktu. Jadi, Anda tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke bank untuk transfer atau membayar tagihan. Nah, apa saja sih fitur yang ada di bank digital itu? Yuk, simak kenali fitur bank digital berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Bank Digital Itu?

Sesuai dengan namanya, bank digital merupakan salah satu bentuk layanan bank yang bersifat elektronik berbasis internet atau layanan digital lainnya. Dasar penggunaan bank digital ini adalah untuk mempermudah dalam melayani nasabah, sehingga layanan perbankan untuk nasabah menjadi lebih cepat, mudah dan sesuai kebutuhannya.

Perlu diingat, tidak semua bank memiliki layanan bank digital. Hal tersebut karena pemerintah melalui lembaga Otoritas Jasa Keuangan menetapkan peraturan yang mengikat lembaga keuangan baik bank maupun non bank untuk mematuhi sistem digitalisasi perbankan. 

Jadi, bagi Anda yang belum menggunakan bank digital, layanan perbankan yang satu ini dinilai aman. Itu karena layanan perbankan digital diatur oleh pemerintah.

Keunggulan Menggunakan Bank Digital

Bagi Anda yang sudah merasakan manfaat bank digital tentunya, sudah menikmati keunggulan menggunakan bank digital. Adapun keunggulan menggunakan bank digital adalah sebagai berikut.

  1. Mudah diakses, Anda hanya memanfaatkan akses internet dan smartphone saja.
  2. Praktis karena Anda tidak perlu lagi menunggu sampai bank buka. Sementara, menggunakan bank digital, Anda bisa 24 jam mengakses layanan tersebut.
  3. Fitur bank digital user friendly atau mudah diaplikasikan bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

Fitur – Fitur Bank Digital yang Perlu Anda Ketahui

Nah, apa saja sih sebenarnya fitur bank digital yang ada di Indonesia? Pada dasarnya, fitur bank digital yang dikeluarkan oleh setiap bank berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari kebijakan setiap bank. Berikut adalah fitur-fitur bank digital yang perlu Anda ketahui.

1. Layanan Berbasis Pesam Menggunakan SMS (SMS Banking)

Siapa sih yang tidak kenal dengan layanan SMS atau kepanjangan dari short message service. Tentunya, ketika awal-awal ponsel ada, layanan SMS ini sangat disukai banyak orang. Seiring perkembangan zaman, SMS pun tergeser.

Nah, ternyata salah satu fitur bank digital adalah SMS banking. Sesuai dengan namanya, fitur yang satu ini merupakan salah satu layanan perbankan di mana segala transaksi perbankan dapat dilakukan melalui SMS. 

Adapun layanan yang menggunakan fitur SMS banking, antara lain: info saldo, mutasi rekening, pembayaran (seperti: kartu kredit dan tagihan), pembelian pulsa elektrik sampai dengan transfer uang sesama bank maupun antar bank.

2. Layanan Via Telepon (Phone Banking)

Selain layanan SMS banking, beberapa bank umum di Indonesia juga menyediakan fitur phone banking. Fitur yang satu ini merupakan salah satu layanan perbankan berbasis telepon dimana nasabah dapat menikmati layanan perbankan dengan cara menghubungi call center bank.

Perlu diketahui, umumnya untuk menindaklanjuti layanan phone banking ini, pihak bank menyediakan customer care untuk memberikan layanan telepon. Berikut adalah layanan perbankan yang biasanya dapat dilayani menggunakan phone banking.

  • Layanan informasi saldo.
  • Transfer uang baik ke antar rekening sesama bank maupun antar bank.
  • Mutasi rekening.
  • Pembayaran tagihan bulanan.
  • Pembelian beberapa jenis produk.

3. Layanan Berbasis Internet (Internet Banking)

Seiring perkembangannya, fitur phone dan SMS banking sudah mulai tergeser dengan penggunaan internet banking. Itu karena internet banking mudah diakses dan digunakan. Umumnya, internet banking melayani layanan perbankan baik secara finansial maupun non finansial.

Berikut adalah transaksi yang biasanya dapat digunakan menggunakan internet banking.

  • Informasi saldo, informasi nilai tukar mata uang sampai dengan mutasi rekening.
  • Transfer dana baik antar rekening maupun antar bank.
  • Pembayaran tagihan sampai dengan pembelian berbagai jenis layanan produk.

4. Layanan Berbasis Aplikasi di Smartphone (Mobile Banking)

Di era yang serba digital ini, ada satu lagi fitur bank digital yang dinilai mudah diakses dan cepat, yaitu mobile banking. Saat ini, setiap bank di Indonesia memiliki layanan mobile banking. Perlu diketahui, layanan yang satu ini menggunakan aplikasi mobile banking yang harus diunduh di playstore.

Adapun fitur-fitur pada mobile banking adalah sebagai berikut.

  • Mobile information, berisi layanan yang berkaitan dengan informasi saldo, mutasi rekening, informasi kurs sampai dengan informasi pinjaman dan transaksi saham.
  • Mobile transfer, khusus untuk layanan transfer mulai dari transfer antar rekening sampai dengan antar bank.
  • Mobile payment, memberikan layanan berbagai jenis pembayaran dari kartu kredit hingga tagihan listrik.
  • Mobile admin merupakan layanan bantuan bagi Anda yang ingin memanfaatkan jasa customer call.

Perlu Anda ketahui, saat ini ada tambahan fitur bank digital, seperti cardless yaitu layanan tanpa menggunakan kartu debit atau ATM. Jadi, layanan tersebut memungkinkan Anda untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu. 

Nah, apakah Anda masih ragu menggunakan layanan bank digital? Tidak perlu ragu lagi karena keamanan layanan bank digital sudah dijamin oleh pemerintah melalui OJK.