Masih Ragu Menabung di Bank Umum? Inilah 5 Bank Terbaik untuk Menabung

keuntungan menabung di bank

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan. Itu karena menabung memiliki banyak keuntungan di masa depan. Memang, beberapa orang masih ada keraguan soal menabung di bank, alasan utamanya adalah soal keamanan.

Pada dasarnya, menabung di bank memiliki banyak manfaat, seperti: keamanan lebih terjamin, ada banyak kemudahan dan beberapa bank menawarkan suku bunga yang kompetitif. Namun, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda menabung di bank yang tepat.

Nah, apa saja bank terbaik yang aman untuk menabung? Berikut adalah 5 bank terbaik untuk menabung yang perlu Anda ketahui.

1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Sebagai bank milik pemerintah, BRI selalu memberikan layanan terbaiknya kepada nasabah. Perlu diketahui, cabang BRI banyak, pesebaran cabang BRI ini hingga ke pelosok desa di Indonesia. Itu karena memang visi dan misi BRI adalah menjangkau masyarakat pedesaan. Adapun jenis tabungan yang ada di BRI adalah sebagai berikut.

Simpanan Pedesaan (Simpedes)

Sesuai dengan namanya, Simpanan Pedesaan atau disingkat Simpedes, tabungan BRI yang satu ini memiliki target pasar mengajak masyarakat pedesaan untuk gemar menabung. Perlu diketahui, keuntungan menabung di Simpedes tidak membatasi jumlah setoran.

Britama

Selain Simpedes, jenis tabungan lainnya yang tidak kalah populernya di BRI adalah Britama. Kabarnya, menabung di Britama aman dan memiliki banyak keuntungan. Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut.

  • Dilengkapi dengan kartu debit yang bisa digunakan di berbagai transaksi.
  • Tersedia mobile banking dan internet banking untuk transaksi online.
  • Bisa ikut serta dalam undian Britama.

Deposito BRI

Selain menyediakan jenis tabungan, BRI juga menawarkan simpanan atau tabungan dalam bentuk deposito. Tentunya, deposito BRI memberikan suku bunga yang menguntungkan nasabah.

Bank Negara Indonesia (BNI)

Satu lagi bank yang dikelola oleh BUMN, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Sama halnya dengan BRI, BNI juga memberikan layanan terbaiknya kepada nasabahnya. Bagi Anda yang berminat menabung di BNI, berikut jenis pilihan tabungannya.

 Taplus

Tabungan yang tak kalah menariknya adalah Taplus BNI. Kabarnya, tabungan yang satu ini memberikan banyak keuntungan bagi nasabahnya. Salah satunya adalah memberikan suku bunga progresif. Selain itu, Taplus juga dilengkapi dengan berbagai jenis kartu debit mulai dari silver, gold hingga platinum.

Taplus Muda

Bagi Anda yang berusia di bawah 25 tahun dan ingin menabung di BNI, Anda dapat memilih Taplus Muda. Perlu diketahui, tabungan yang satu ini memang dikhususkan untuk remaja berusia antara 15 – 25 tahun. Adapun keuntungan menabung di Taplus Muda adalah sebagai berikut.

  • Ada fasilitas kartu debit yang bisa digunakan di mana saja.
  • Pemotongan biaya administrasi yang cukup rendah dibandingkan dengan Taplus BNI.
  • Dilengkapi dengan fasilitas e-banking, mobile banking, cashless dan BNI CDM.

BNI Deposito

Selain menyediakan produk tabungan, BNI juga menyediakan simpanan dalam bentuk deposito. Nah, deposito BNI ini beragam jenisnya, mulai dari mata uang JPY, GBP, SGD, HKD, EUR sampai USD. Soal suku bunga, deposito BNI juga menawarkan suku bunga yang kompetitif dan menguntungkan nasabah.

3. Bank Mandiri

Satu lagi bank yang dinilai memanjakan nasabahnya, yaitu Bank Mandiri. Kabarnya, bank yang dikelola BUMN ini juga menyediakan berbagai jenis tabungan. Tentunya, tabungan dari Bank Mandiri memberikan banyak keuntungan kepada nasabahnya.

Adapun jenis tabungan dari Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

  1. Tabungan Mandiri. Kabarnya, tabungan yang saru ini memberikan banyak keuntungan bagi nasabahnya, seperti: dilengkapi kartu debit, ada fitur internet banking, mobile banking sampai dengan sms banking.
  2. Tabungan Rencana Mandiri merupakan jenis tabungan menggunakan sistem autodebit. Jadi, tabungan ini mewajibkan nasabahnya menabung secara rutin setiap bulannya dengan nominal yang sama.
  3. Deposito Mandiri merupakan salah satu jenis simpanan berjangka yang ditawarkan oleh Bank Mandiri kepada nasabanya. Kabarnya, suku bunga yang diberikan untuk deposito Mandiri cukup tinggi.

4. Bank Central Asia (BCA)

Siapa sih yang tidak kenal bank swasta yang satu ini, yaitu Bank Central Asia (BCA). Bukan rahasia lagi, BCA merupakan bank swasta yang terpercaya. Itu karena BCA selalu memberikan layanan terbaiknya kepada nasabah.

Adapun jenis tabungan di BCA adalah sebagai berikut.

  1. Tahapan BCA merupakan tabungan yang menawarakan berbagai jenis pilihan. Tabungan ini dilengkapi dengan kartu debit dan layanan perbankan online.
  2. Tahapan Xpresi merupakan tabungan tahapan dari BCA yang khusus diberikan kepada nasabah minimal berusia 12 tahun.
  3. Deposito BCA merupakan jenis tahapan berjangka yang dilengkapi dengan beragam keunggulan. 

5. Citibank

Satu lagi bank swasta yang merupakan bank terbaik di Indonesia, yaitu Ctibank. Kabarnya, bank ini memberikan berbagai macam layanan keuangan yang dibutuhkan oleh para nasabah. Layanan tersebut mulai dari tabungan, pinjaman, kartu kredit hipotek dan layanan perbankan lainnya.

Tersebut adalah 5 bank terbaik untuk menabung yang layak Anda jadikan referensi untuk menabung. Apapun pilihan Anda, yang terpenting adalah tanamkan budaya menabung supaya masa depan Anda cerah. Selain itu, Anda bisa melakukan investasi jangka panjang.