Memahami Pengertian Pembukuan untuk Perusahaan Rintisan

pembukuan perusahaan

Membangun suatu bisnis atau usaha entah itu dalam skala besar ataupun kecil , tentunya membutuhkan perencanaan serta pembukuan pengeluaran serta pemasukan yang matang. Pastinya pembukuan keuangan tersebut merupakan acuan agar usaha bisa berjalan lancar serta efektif dalam urusan finansial.

Akan tetapi cukup sering para pelaku usaha terlalu menganggap enteng terkait penerapan serta contoh pembukuan pengeluaran serta pemasukan keuangan perusahaan. Sebab di saat mereka membuka usaha, umumnya para pebisnis baru akan terfokus hanya ke produk serta pemasarannya saja dan tidak terlalu memperhatikan alur dana yang masuk ataupun keluar atau cash flow. Dengan menerapkan pembukuan tersebut, sebuah perusahaan dapat mengetahui pergerakan finansial mereka.

Definisi Pembukuan

Pembukuan merupakan sebuah aktivitas pencatatan yang dilaksanakan secara berkala untuk mengumpulkan setiap data serta informasi keuangan seperti kewajiban, harta, penghasilan, modal, biaya dan jumlah harga yang diterima serta penyerahan barang ataupun jasa yang diakhiri dengan penyusunan laporan finansial berupa laporan untung rugi dan neraca di periode tersebut.

Akan tetapi tidak jarang juga para pebisnis baru yang keteteran ketika usaha yang mereka rintis sudah berkembang dan telah dikenal banyak orang. Karena kemajuan suatu usaha seiringan dengan tingginya angka transaksi. Apabila Anda tidak menyiapkan pembukuan keuangan dari awal memulai bisnis, maka proses alur finansial menjadi sulit sebab tidak ada kejelasan mengenai pencatatan keuangan perusahaan.

Untuk mengetahui seberapa penting pembukuan keuangan bagi perusahaan. Nah, dibawah ini terdapat beberapa manfaat yang diperoleh oleh pelaku bisnis dari penerapan laporan keuangan tersebut.

1.       Menjaga Agar Tidak Tercampur Aset Bisnis dan Pribadi

Dengan menyusun pembukuan keuangan perusahaan bisa menghindari tercampurnya aset pribadi dan aset perusahaan. Secara tidak langsung juga terhindar resiko dalam berbisnis ke kehidupan pribadi. Jika hal ini ini bisa diterapkan dengan baik maka pengusaha bisa mengelola perusahaannya dengan baik.

2.       Menentukan Kebijakan Perusahaan

Memiliki laporan keuangan yang baik memungkinkan dari sisi manajemen perusahaan dapat memantau apakah finansial perusahaan sedang dalam kondisi bangkrut, kritis atau bahkan baik-baik saja. Sehingga pembukuan keuangan dapat menjadi dasar ketika akan membuat kebijakan suatu perusahaan., seperti pembagian bonus, kenaikan gaji karyawan, pembelian aset, dan sebagainya.

3.       Informasi untuk Perhitungan Pajak

Laporan keuangan berperan sebagai pedoman perhitungan pajak suatu perusahaan, yang mana pembukuan atau laporan keuangan perusahaan berfungsi untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan serta bisa menentukan besaran pajak yang ada di dalam perusahaan secara akurat.

4.       Laporan Ke Pihak Luar

Agar dapat mengembangkan bisnis lebih baik dan lebih luas lagi, seorang pengusaha harus bekerja sama oleh pihak luar, entah itu pihak pemerintah atau swasta. Memiliki laporan keuangan yang rapi dan teratur dapat menjadi penilaian tersendiri apakah perusahaan Anda memiliki prospek yang bagus di masa akan datang.

Laporan keuangan merupakan syarat utama agar bisa berkomunikasi oleh jajaran para pemegang saham serta transparansi ke ranah publik

5.       Mengetahui Besaran Laba Rugi

Pastinya hal tersebut merupakan hal paling penting dalam menjalankan suatu bisnis, sebab dalam menjalankan suatu usaha yang dicari pasti keuntungannya. Apabila mengalami kerugian sebagai langsung dicarikan solusi supaya tidak berlarut dalam kerugian yang dapat berimbas ke perusahaan yang berujung bisnis menjadi berhenti.

Apabila mengetahui semua transaksi yang dilakukan setiap hari dan mengetahui alur keluar masuk uang dan produk pada perusahaan, pastinya Anda bisa mengetahui secara akurat untuk yang akan diperoleh atau kerugian yang akan diterima.

Lewat laporan dari setiap transaksi yang dilakukan, dari sana akan terlihat sebuah data yang menunjukan sejauh mana perkembangan keuangan perusahaan.

6.       Acuan Penilaian Bisnis perusahaan

Pembukuaan keuangan merupakan sebuah rekapan tentang semua kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan tertentu. Lewat laporan ini akan diperoleh gambaran seperti apakah bisnis yang sudah dijalankan oleh perusahaan.

Dimana akan terpantau apakah seluruh upaya yang dilakukan untuk perusahaan memiliki dampak baik atau bahkan cenderung mengarah hasil yang buruk seperti kerugian. Apabila sudah diperoleh keuntungannya maka akan disusun sebuah strategi untuk bisa mempertahankan keberlangsungan usaha supaya dapat memberi keuntungan terus menerus.

Dari sini juga akan membantu untuk memudahkan rencana kedepan, apakah tetap menggunakan strategi dan cara yang lama atau mencoba untuk menerapkan cara dan strategi baru. Hal sebaliknya juga berguna apabila perusahaan mendapatkan kondisi yang tidak beruntung atau mengarah ke rugi. Dengan begitu perusahaan bisa langsung mengetahui titik-titik dimana harus ada banyak perbaiki serta menerapkan cara dan strategi baru yang lebih jitu supaya perusahaan bisa kembali ke jalur yang tepat dan memperoleh keuntungan yang semestinya diraih.

Itulah jika Anda tidak mengetahui seberapa pentingnya penerapan pembukuan atau laporan keuangan suatu perusahaan. Begitu banyak hal yang dimudahkan apabila sebuah perusahaan menerapkan metode tersebut supaya rencana bisnis dan visi misi yang diinginkan dapat tercapai.