Menawarkan Biaya Administrasi yang Ringan, Inilah Rekomendasi 6 Tabungan Mahasiswa yang Menarik

Menabung memang harus diterapkan sejak usia muda, supaya di masa depan bisa mengelola keuangan dengan baik. Namun, terkadang banyak kendala untuk menabung di bank, salah satunya adanya biaya administrasi yang tinggi. 

Saat ini, soal biaya administrasi bukan menjadi halangan lagi untuk menabung di bank. Hal tersebut karena ada beberapa produk tabungan dari beberapa bank yang menawarkan biaya administrasi yang ringan. Umumnya, jenis produk tabungan tersebut dinamakan tabungan khusus pelajar dan mahasiswa.

Berikut disajikan informasi tabungan khusus pelajar dan mahasiswa dari beberapa bank yang ada di Indonesia. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Lebih Dekat dengan Tabungan Khusus Mahasiswa

Gerakan gemar menabung memang harus ditanamkan sejak usia dini. Hal tersebut karena menabung dapat memberikan keuntungan untuk masa depan. Oleh karena itu, saat ini banyak produk perbankan yang familiar dengan kebutuhan anak muda.

Umumnya, produk tersebut berupa tabungan khusus pelajar dan mahasiswa. Nah, tabungan mahasiswa di setiap bank berbeda-beda. Namun, yang pasti tabungan mahasiswa dilengkapi dengan fasilitas yang sama seperti tabungan biasa. 

Jadi, bagi mahasiswa yang menggunakan tabungan mahasiswa, tidak perlu khawatir lagi soal biaya administrasi. Hal tersebut karena biaya administrasi untuk tabungan mahasiswa dinilai kecil. Namun, dengan menggunakan tabungan mahasiswa, tetap bisa mendapatkan fasilitas perbankan yang lengkap, seperti: mobile banking, sms banking dan fasilitas lainnya.

Rekomendasi 6 Tabungan Mahasiswa yang Perlu Diketahui

Bagi mahasiswa yang ingin menabung di bank, berikut adalah 6 rekomendasi tabungan mahasiswa yang bisa dijadikan referensi untuk menabung. Adapun jenis tabungan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Britama X (BRI)

Britama X merupakan salah satu produk tabungan dari BRI yang didesain khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Adapun keuntungan menabung di Britama X adalah sebagai berikut.

  • Setoran awal ringan yaitu Rp100.000,00.
  • Dilengkapi dengan kartu debit dengan logo Mastercard yang bisa diakses di seluruh jaringan perbankan baik di dalam maupun diluar negeri.
  • Memiliki fitur lengkap, seperti disediakan mobile banking dan fitur lainnya.
  • Biaya administrasi bulanan ringan, yaitu sebesar Rp6.000,00/bulan.

2. Tabungan Easy Wadiah (BSI)

Satu lagi tabungan mahasiswa yang pas banget untuk simpanan pelajar adalah Tabungan Easy Wadiah dari Bank Syariah Indonesia. Tabungan yang satu ini memang didesain khusus untuk tabungan pelajar dan mahasiswa. Berikut keunggulan tabungan Easy Wadiah.

  • Setoran awal ringan, yaitu Rp100.000,00.
  • Setoran minimum Rp50.000,00.
  • Gratis biaya administrasi dan bebas biaya untuk transaksi di seluruh EDC dari seluruh bank dengan jaringan Prima.
  • Dilengkapi dengan fitur transaksi online yang lengkap.

3. Tabungan NOW (Bank Mandiri)

Tabungan NOW dari bank Mandiri merupakan salah satu produk tabungan dari bank Mandiri yang didesain khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Meski tabungan khusus untuk mahasiswa, tabungan yang satu ini memiliki fasilitas perbankan yang lengkap.

Adapun keuntungan menggunakan Tabungan NOW bagi mahasiswa adalah sebagai berikut.

  • Setoran awal : Rp50.000,00.
  • Biaya administrasi : Rp2.500,00/bulan.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi bagi rekening pasif.

4. Taplus Muda (BNI)

Bagi mahasiswa yang ingin menabung di BNI, bisa menggunakan produk Taplus Muda. Tabungan yang satu ini memang khusus untuk pelajar dan mahasiswa yang berusia antara 17 – 35 tahun. Adapun keunggulan yang bisa didapat dari menabung di Taplus Muda adalah sebagai berikut.

  • Dilengkapi fasilitas lengkap, seperti: kartu debit, mobile banking, akses di seluruh jaringan bank Prima dan fitur lainnya.
  • Minimum setoran awal: Rp100.000,00 dan setoran selanjutnya bisa Rp10.000,00.
  • Biaya administrasi : Rp5.000,00/bulan.

5. Tahapan Xpresi (BCA)

Ternyata selain memiliki Tahapan untuk masyarakat umum, BCA juga memiliki produk Tahapan untuk pelajar dan mahasiswa, yaitu Tahapan Xpresi. Adapun keunggulan menggunakan Tahapan Xpresi bagi para pelajar adalah sebagai berikut.

  • Dilengkapi fasilitas perbankan yang lengkap, mulai dari sms banking, kartu debit sampai dengan mobile banking.
  • Setoran awal : Rp50.000,00. 
  • Biaya administrasi : Rp7.500,00/bulan.

6. Air Asia Savers (CIMB Niaga)

Satu lagi bank swasta yang menyediakan tabungan mahasiswa, yaitu CIMB Niaga. Bank yang satu ini menawarkan produk tabungan mahasiswa dengan nama Airasia Savers. 

Tidak kalah dengan produk tabungan dari bank lain, Air Asia Savers CIMB Niaga juga memiliki keunggulan. Adapun keunggulan tersebut sebagai berikut.

  • Dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, seperti: internet banking, mobile banking, cardlessi dan fitur lainnya.
  • Setoran awal terjangkau untuk mahasiswa, yaitu Rp100.000,00.
  • Air Asia Savers CIMB Niaga bebas biaya administrasi. Jadi, setiap bulannya tidak ada potongan biaya administrasi.

Bagaimana menurut pendapat Anda, tentang tabungan mahasiswa tersebut? Tentunya, beberapa pilihan tabungan mahasiswa tersebut dapat dijadikan referensi untuk menabung. 

Tentu saja, setiap produk tabungan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, disarankan memilih jenis tabungan mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan, supaya menabung di bank menjadi lebih maksimal.