Pentingnya Analisis Usaha Sebelum Memulai Sebuah Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis merupakan bukan hal yang mudah dan secara sekejap menjadi sukses, namun pasti akan ada hambatan-hambatan kecil maupun besar yang akan datang, paling utama ketika Anda akan melakukan bisnis pertama kali maka harus memiliki strategi analisis usaha.

Berbagai manfaat ketika sebelum menjalankan suatu bisnis Anda bisa menganalisis data terlebih dahulu akan memberikan beberapa manfaat seperti memunculkan ide-ide baru, strategi produksi hingga dapat meningkatkan rasa percaya diri akan produk yang kedepannya Anda pasarkan secara luas.

Secara harfiah analisis usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk upaya riset, perencanaan, proses produksi, strategi pemasaran, merancang manajemen hingga evaluasi strategi yang akan dijalankan dalam bisnis.

Analisis usaha sangat membantu dalam optimasi untuk prediksi keuntungan. analisis usaha yang baik biasanya akan memiliki data dari semua riset yang bisa dipertanggung jawabkan dari beberapa faktor internal dan eksternal.

Tujuan Analisis Usaha

Analisis usaha memiliki tujuan utama adalah mempersiapkan strategi yang baik untuk bisnis yang akan dijalani perorangan atau perusahaan, hal ini menjadi sangat penting karena Anda bisa memikirkan rencana pemasaran, bagaimana langkah awal dalam menangani masalah dan lain sebagainya namun tujuan analisis juga tidak kalah penting untuk bisnis, apa saja tujuannya?

  • Mempunyai Prediksi Nilai Produk
    Dengan analisis usaha yang baik Anda akan memiliki gambaran apakah produk dipasarkan akan diterima dengan baik oleh masyarakat atau tidak, hal ini juga berpengaruh pada kualitas, kuantitas dan bagaimana para sales dapat memberikan edukasi produk kepada calon konsumennya.
  • Persaingan di Pasar Bisnis
    Analisis juga dapat bertujuan sebagai tolak ukur untuk mengetahui pesaing-pesaing dalam bisnis yang sama pada suatu perusahaan, lalu Anda bisa menerapkan strategi yang baik dengan data-data analisis sebelumnya.
  • Mencegah Kebangkrutan
    Kebangkrutan merupakan resiko terburuk yang diterima oleh pelaku usaha yang tidak memiliki analisis yang baik sebelum melakukan bisnis, hal ini bisa menjadi faktor gagalnya bisnis yang cenderung dengan terburu buru ingin memasarkan produk atau jasa supaya langsung mendapat keuntungan namun hal ini bisa berbanding terbalik karena tidak adanya persiapan oleh pelaku usaha untuk menganalisa pasar.
  • Mengetahui Bisnis Layak atau Tidak
    ketika semua analisis baik sudah dilakukan maka Anda bisa langsung mengeksekusi usaha tersebut, namun juga harus membuat analisis dan evaluasi lanjutan ketika usaha sudah berjalan, dan menentukan usaha atau bisnis ini layak untuk dijalankan lebih lama atau evaluasi tentang usaha tersebut.-

Cara Analisis Usaha

Analisis usaha juga memiliki langkah penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha, dengan melakukan analisis maka akan mengurangi resikonya kegagalan dalam usaha.

Di tengah perekonomian yang sedang tidak stabil seperti saat ini menggunakan analisis usaha menjadi jawaban sebuah peluang yang dapat memperkecil kegagalan dalam usaha, lalu apa saja cara yang tepat untuk analisis usaha? simak dibawah ini ya

  • Analisis SWOT
    Analisis yang pertama adalah SWOT merupakan jenis analisis yang dinilai dari semua aspek seperti kekuatan, kelemahan, kesempatan dan hambatan sebuah usaha. SWOT ini bisa digunakan untuk mengembangkan poten yang ada dalam suatu usaha sehingga dapat memberikan dampak positif dalam mendukung kelangsungan suatu usaha. misalnya ada rumah makan tapi lokasinya jauh dari jalan utama atau kota, untuk analisisnya kesempatan yang baik adalah dengan menggunakan sistem COD atau Take Away, lalu untuk analisis hambatan rumah makan tersebut bisa menggunakan jasa pesanan antar berbasis online seperti shopee food atau grab food.
  • Meningkatkan Inovasi
    setelah melakukan analisis SWOT, lalu Anda bisa melakukan analisis dengan meningkatkan Inovasi, karena jika Anda tidak meningkatkan inovasi maka akan banyak pesaing di usaha yang sama dengan Anda, maka akan membuat minat calon konsumen kepada usaha Anda. inovasi inilah yang bisa menjadi strategi ampuh untuk antisipasi pengusaha yang dapat menjadi ancaman usaha Anda.
  • Menentukan Target
    Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menganalisa suatu target pasar yang cocok untuk usaha Anda, dalam suatu usaha pastinya akan ada segmentasi tertentu dan juga dikategorikan berdasarkan usia, minat dan juga pekerjaan target. hal ini harus dilakukan supaya dapat membuat konten pemasaran yang tepat sasaran.
  • ¬†Menghitung Modal Usaha
    Cara yang tidak kalah penting dalam melakukan usaha adalah menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk proses produksi, operasional dan juga pemasaran, ketiga instrumen ini sangat penting karena dapat memberikan Anda kemudahan dalam menentukan Hpp, lalu berapa penjualan yang cocok untuk dipasarkan kepada calon konsumen, setelah itu Anda bisa mengatur berapa prosentase keuntungan dari penjualan tersebut.

Jadi Kesimpulannya mengapa analisis usaha sangat diperlukan ketika memulai usaha, hal tersebut supaya mengurangi resiko-resiko yang membuat kerugian kepada usaha yang dimiliki Anda, lalu analisis usaha dapat dijadikan tolak ukur bagaimana mengembangkan usaha di tengah persaingan yang sangat ketat saat ini.