Mengenal Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

Brand awareness atau yang disebut juga dengan kesadaran merek adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses membangun suatu bisnis dan sangat penting untuk dilakukan. Setiap brand yang menawarkan produk atau jasa wajib menyadarkan konsumen akan ‘kehadirannya’ jika ingin dikenali dan diingat oleh mereka. Jika menjadi konsumen, tentu Anda cenderung membeli produk atau jasa yang sudah dikenal atau familiar bukan? Maka dari itu, kesadaran merek sangat penting bagi bisnis dan harus ditingkatkan.

Meningkatkan kesadaran merek memang memerlukan upaya keras. Karena tidak mudah dilakukan, wajar jika saat ini banyak pebisnis yang rela membayar mahal jasa branding untuk kemajuan bisnisnya. Untungnya setiap usaha yang dilakukan sepadan dengan dampak yang diberikan di masa mendatang. Keberhasilan proses ini akan baik bagi bisnis, maka dari itu Anda wajib menemukan cara membangun brand awareness untuk perkembangan bisnis.

Untuk membantu Anda, berikut telah kami sediakan rangkuman dari jurnal yang membahas tentang cara meningkatkan brand awareness. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

fungsi brand awarness

  • Menarik Perhatian Konsumen Melalui Logo dan Tagline

Menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran konsumen akan brand Anda memang bukan proses yang mudah dilakukan. Dan hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah menciptakan logo dan tagline yang menarik perhatian konsumen. Logo akan selalu digunakan untuk setiap kegiatan yang berhubungan dengan bisnis. Mulai dari dokumen, kartu nama, media sosial, website, poster, produk, dan masih banyak lagi. Jadi, buatlah logo semenarik mungkin dan pastikan juga terlihat ikonik agar dalam sekali pandang orang-orang dapat lebih mudah mengingat brand Anda.

Selain logo, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tagline. Buatlah tagline yang dapat merepresentasikan merek Anda, sederhana dan melekat di ingatan orang-orang. Dengan demikian, konsumen dapat lebih mudah mengingat merek ketika membaca tagline tersebut. Cara meningkatkan brand awareness yang satu ini memang terlihat mudah, namun tetap tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Pemilihan logo dan tagline yang baik akan membantu meningkatkan reputasi suatu brand. Jadi, pastikan brand Anda sudah memiliki logo dan tagline yang mewakili, mudah diingat serta dekat dengan kehidupan sehari-hari.

  • Menggunakan Media Sosial Secara Aktif 

Ingin lebih dekat dengan konsumen? Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan aktif menggunakan media sosial. Saat ini, ada beberapa platform yang menawarkan fitur-fitur canggih untuk pengguna yang ingin membangun citra suatu merek di media sosial. Tentunya kehadiran platform tersebut sangat membantu perkembangan bisnis Anda, apalagi hampir tidak ada konsumen yang tidak memiliki akun media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

Menjangkau konsumen kini lebih mudah dengan memanfaatkan platform-platform sosial media yang ada. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menargetkan pasar lebih luas dan spesifik. Menggunakan fitur promotion atau iklan misalnya, gunakan fitur tersebut ketika Anda ingin merek atau brand lebih cepat dikenal para konsumen.

  • Memiliki Website yang Informatif dengan Tampilan Menarik 

Aktif bermain media sosial bukanlah satu-satunya cara membangun brand awareness di zaman modern seperti sekarang. Masih ada alternatif seperti blog atau website yang apabila bisa dimanfaatkan dengan baik akan memberikan dampak positif bagi brand Anda. Buatlah sebuah website yang informatif dengan tampilan menarik. Berikan informasi yang berguna dan terlihat user friendly agar para pengunjung mudah mengerti produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda dapat menambahkan konten-konten artikel yang relevan dengan kebutuhan para konsumen. Dan melalui artikel tersebut, Anda juga bisa mengarahkan konsumen pada brand yang ingin dikenalkan.

  • Berpartisipasi dalam Berbagai Event         

Cara membangun brand awareness selanjutnya yang efektif untuk dicoba adalah dengan mengikuti berbagai event. Melalui event tersebut, Anda bisa lebih mudah memperkenalkan merek secara langsung di khalayak umum. Brand milik Anda akan mendapatkan exposure pada event yang diikuti ketika membuka booth ataupun menjadi sponsor.

Namun, pastikan untuk tidak sembarang memilih event. Pilihlah event yang benar-benar dihadiri konsumen sesuai dengan target pasar Anda. Pada kesempatan tersebut, konsumen bisa berkenalan langsung dengan brand yang bersangkutan. Kesimpulannya, semakin banyak event yang Anda sponsori, maka semakin familiar pula konsumen dengan brand Anda.

  • Memberikan Reward kepada Konsumen

Seroyal apapun konsumen terhadap sebuah merek, mereka tentu akan tetap suka dengan hal-hal yang berbau promo. Mulai dari voucher, diskon, hingga potongan harga. Anda bisa menggunakan strategi ini untuk menarik calon konsumen baru yang belum pernah mencoba produk Anda. Berikan mereka reward yang menguntungkan, dan gunakan kesempatan tersebut untuk membuat mereka secara tidak langsung mempromosikan merek Anda. Dan inilah cara meningkatkan brand awareness terakhir yang dapat dicoba.

Melalui informasi di atas, kini Anda tahu bahwa ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan brand awareness. Tentukan dari sekarang strategi yang tepat supaya bisnis yang dibangun dapat berkembang sesuai target jangka panjang. Selamat mencoba.