Mengenal Kakeibo, Metode Orang Jepang dalam Mengelola Uang

Kakeibo merupakan kata yang berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti yaitu buku rekening rumah tangga. Kakeibo merupakan salah satu cara untuk melacak keuangan yang dilakukan secara manual.  Hal ini dapat membantu Anda dalam menetapkan suatu anggaran dan mencapai tujuan  menabung.

Menurut salah satu disertasi oleh Hillary dari University of Oregon,  yang memiliki judul kakeibo monogatari:  women’s consumerism and the postwar Japanese kitchen,  dikatakan bahwa kakeibo diciptakan oleh Hani Makoto. Hani Makoto merupakan seorang jurnalis wanita yang pertama di Jepang.  Ia telah menerbitkan salah satu majalah yang ditargetkan untuk ibu rumah tangga,  yaitu Fujin No Tomo di tahun 1908. Melalui majalahnya tersebut,  Makoto mendorong pembacanya untuk membuat sebuah jadwal dan sistem yang tertata dalam menjalankan tugas rumah tangga. Selain itu, ia juga memperkenalkan konsep ibu rumah tangga yang berperan sebagai manager keuangan rumah tangga.  Dengan peran tersebut, Makoto menyarankan untuk dapat menyisihkan tabungan yang diperuntukkan untuk keluarga.

Terdapat empat prinsip dasar yang digunakan pada Kakeibo, yaitu adalah jumlah yang tersedia,  jumlah yang ingin disimpan,  jumlah yang akan dibelanjakan, dan bagaimana cara memperbaikinya supaya menjadi lebih baik lagi.  Apabila Anda sudah mencermati empat prinsip dasar tersebut, maka Anda akan bisa mengubah kebiasaan keuangan Anda dan dapat mencapai tujuan dari keuangan.

Cara Melakukan kakeibo

Dalam menerapkan kakeibo, Anda tidak perlu memakai sebuah aplikasi khusus ataupun menggunakan komputer seperti Microsoft Excel.  Berikut merupakan empat langkah mudah dalam menerapkan kakeibo untuk mengatur kondisi keuangan keluarga Anda.

1. Melakukan tinjauan tahunan

Pada bagian ini, anda bisa melakukan pencatatan pengeluaran yang dikeluarkan setiap 1 tahun sekali, contohnya adalah membayar untuk liburan ataupun untuk asuransi. Anda dapat merencanakan liburan serta pengeluarannya pada tahap ini. Selain itu, Anda dapat melihat pengeluaran tahun sebelumnya sebagai referensi, sehingga Anda memiliki gambaran tentang pengeluaran apa saja yang harus dicatat pada tahun setelahnya.  Pada tahap ini, Anda juga perlu memperhatikan tentang rencana keuangan yang perlu diselesaikan selama 1 tahun  ke depan,  dan juga tagihan apa saja yang akan jatuh tempo pada tahun tersebut.

2. Membuat rencana pengeluaran bulanan

pada tahap ini anda perlu menjawab 2 pertanyaan

  • Berapa banyak uang yang akan diterima?

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda dapat melakukan pencatatan dari sumber penghasilan yang didapatkan pada bulan tersebut, kemudian dapat diberikan keterangan darimana sumbernya.  Apakah dari gaji atau penghasilan freelance maupun penghasilan tambahan. Setelah itu dapat dijumlahkan totalnya.

  • Berapa Jumlah uang yang akan dihabiskan untuk pengeluaran tetap?

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda dapat melakukan pencatatan mengenai pengeluaran setiap bulannya, contoh pembayaran listrik, asuransi kesehatan, hingga sewa rumah. Kemudian di total keseluruhannya.  Apabila Anda telah mendapatkan total dari pengeluaran tetap, kurangi jumlah tersebut dengan jumlah uang yang Anda miliki di bulan itu.

Selanjutnya Anda dapat mulai memikirkan tentang tujuan menabung di bulan ini. Untuk dapat menabung pada bulan ini,  Anda dapat memikirkannya dengan menjawab 2 pertanyaan, yaitu berapa jumlah uang yang ingin disimpan?  dan apakah tujuan dari tabungan tersebut? Setelah menjawab dua pertanyaan tersebut, kurangilah jumlah target dari tabungan dari total uang yang dimiliki.

3. Menentukan pengeluaran mingguan

Jika Anda telah memahami gambaran besar dari pengeluaran yang diperlukan untuk bulanan maupun tahunan, langkah selanjutnya adalah dengan memusatkan perhatian untuk pengeluaran mingguan. Dalam menentukan jumlah dari uang yang harus dikeluarkan,  Anda dapat mengambil dari jumlah uang yang tersedia kemudian membaginya dengan jumlah uang mingguan dalam sebulan. Jumlah uang yang didapatkan dari hasil perhitungan tersebut merupakan jumlah dari banyaknya uang yang dapat Anda belanjakan setiap minggunya. Dalam kakeibo terdapat empat klasifikasi pengeluaran,  yaitu adalah

  • Kebutuhan bertahan hidup.

Melingkupi pengeluaran  yang tidak tetap namun pasti.

  • Kebutuhan keinginan.

Melingkupi hal-hal yang menjadi keinginan namun tidak wajib untuk dibeli.

  • Kebutuhan tambahan.Melingkupi biaya sporadis yang tidak bisa direncanakan setiap tahunnya.
  • Kebutuhan kultural.Contohnya seperti membeli buku atau berlangganan  TV.

4. Melakukan tinjauan serta analisis bulanan

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara agar dapat memperbaiki lebih baik lagi?  Anda dapat menjawabnya dengan memikirkan total uang yang harus dikeluarkan, total dari uang yang dihabiskan, dan total dari uang yang sudah ditabung. Kemudian untuk bisa menemukan cara dalam memperbaikinya,  Anda dapat menanyakan pertanyaan ini kepada diri anda sendiri.

  • Apakah target tabungan Anda sudah tercapai?
  • Apa yang dapat dilakukan agar Anda bisa mencapai tujuan tabungan tersebut?
  • Apakah Anda terlalu banyak menghabiskan uang dalam beberapa kategori?
  • Bagaimanakah  Cara anda agar dapat meningkatkan perbaikan pada bulan selanjutnya?