Mengenal Manfaat dan Jenis-Jenis Asuransi

jenis-jenis asuransi

Motor atau mobil setiap tahunnya akan selalu mengalami peningkatan, menariknya hampir setiap wilayah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Keadaan ini memang memberikan trend ekonomi yang positif, tapi sisi lainnya membuat beberapa daerah mengalami kepadatan. Paling sering terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. 

Mungkin permasalahan macet paling banyak ditemukan pada kota-kota besar, namun mengenai kecelakaan kan tidak bisa terprediksi. Dampak yang muncul pun jauh lebih besar, bisa mengalami kematian atau menghabiskan banyak biaya perbaikan kendaraan. Nah, untuk mengurangi resiko kerugian terlalu besar, asuransi bisa menjadi alternatif Anda miliki. 

Apa Saja Manfaat Menggunakan Asuransi Kendaraan?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika kendaraan Anda di rumah menggunakan asuransi tersebut. Berikut ini kami akan memberikan beberapa penjelasan lengkap mengenai keuntungan dalam menggunakannya, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Perlindungan Diri 

Mungkin Anda akan menganggap asuransi hanya beban yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Padahal, apabila Anda jauh kedepan memikirkannya, asuransi bagian penting untuk melindungi diri dan kendaraan Anda. ada banyak manfaat yang didapatkan, sehingga memberikan banyak keuntungan yang akan didapatkan. 

Jika mobil atau motor yang Anda miliki sudah terlindungi oleh asuransi, suatu waktu mengalami kecelakaan atau bencana lainnya, maka pihak perusahaan asuransi akan menanggung jumlah yang telah Anda disetujui sebelumnya. Dengan begitu, sebagai pihak tertanggung Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai pengeluaran yang terjadi, tentu keuangan Anda tidak terganggu. 

2. Rasa Aman 

Kecelakaan atau sebagainya memang bukan hal yang direncanakan, dalam artian semuanya tidak dapat Anda prediksi akan terjadi pada hari atau waktu tertentu. Namun, apabila Anda memiliki asuransi otomatis semuanya akan jauh lebih dari rasa aman. Karena, jika terjadi keadaan yang tidak baik-baik saja, asuransi mampu memberikan perlindungan. 

Tapi, bukan berarti Anda bertindak ceroboh dan mengabaikan semuanya. Tetap utamakan keselamatan perjalanan dan selalu berhati-hati dalam berkendara. Terpenting Anda sudah mengusahakan yang terbaik dan merencanakan semuanya secara terperinci, karena asuransi juga bagian dari kewaspadaan. 

3. Meminimalisir Pengeluaran

Untuk tetap menjaga kesehatan keuangan, tentu Anda sudah memiliki perencanaan yang matang dan tidak sembarangan dalam bertindak. Semuanya sudah diperhitungkan secara terperinci dan jelas. Salah satunya mengenai asuransi kendaraan, tindakan ini bagian dari mengatur dan menentukan keuangan masa mendatang. 

Karena, masih banyak masyarakat yang abai dan tidak memperhatikannya. Padahal, asuransi bagian dari tindakan untuk meminimalisir persoalan yang ada didepan. Salah satunya jika kendaraan Anda mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan, maka pihak asuransi akan bisa melunasinya dan tidak mengganggu perencanaan keuangan Anda yang ada. 

4. Layanan Tambahan 

Tidak hanya sebagai perlindungan tambahan, namun pihak asuransi juga memberikan bentuk pelayanan tambahan yang memberikan banyak kemudahan untuk berkendara.  Ada banyak bentuk yang diberikan, semuanya tergantung masing-masing perusahaan asuransi yang menawarkan dan memberikan layanannya. 

Ada asuransi yang memberikan fasilitas mobil derek, hotline 24 jam, atau menyediakan mobil pengganti apabila mobil sedang masa perbaikan atau sebagainya. Beberapa layanan ini tidak mungkin sama, tapi ketika Anda menggunakan asuransi akan lebih mempermudah Anda dan tidak mengganggu rutinitas yang berlangsung. 

Jenis – Jenis Polis Asuransi

1. Asuransi All Risk 

Dikenal juga asuransi comprehensive yang memberikan jaminan kepada kendaraan Anda terhadap berbagai resiko yang terjadi. Biasanya bentuk asuransi ini ditawarkan pada pemilik kendaraan baru. Ada banyak keuntungan menggunakan jenis polis satu ini, karena melindungi dari kerusakan ringan, kerusakan berat, dan kehilangan kendaraan. 

Namun, untuk pembelian asuransi jenis ini termasuk mahal. Jika melihat dampaknya dan bentuk pertanggungjawabannya masih terbilang masuk akal dan relatif terjangkau. 

2. Asuransi Total Loss Only (TOL)

Hampir sama dengan asuransi all risk, tapi proses untuk klaim atau pengajuannya khusus untuk kendaraan yang hilang total atau menyeluruh. Maksud dari kehilangan total adalah kendaraan yang hancur dan mencapai kerusakan 75 persen, sehingga sangat tidak mungkin untuk diperbaiki ataupun bisa biayanya hampir sama dengan membeli kendaraan baru. 

Selain itu juga, apabila kendaraan Anda dicuri dan mempunyai bukti insidennya nyata atau valid, maka pihak asuransi akan memberikan santunan. 

3. Collision Coverage 

Jenis asuransi satu ini hanya memberikan pertanggungjawaban kepada sopir yang mengalami kecelakaan, baik itu tabrakan atau sebagainya. Bentuk klaim yang diberikan terkait biaya perbaikan mobil dan memberikan ganti rugi yang disesuaikan dengan harga mobil tersebut. Jika kecelakaan disebabkan Anda sendiri, asuransi satu ini bisa Anda gunakan. 

Selanjutnya, tinggal langsung pengajuan klaim dan pihak perusahaan akan memberikan ganti rugi sesuai dengan harga jual mobilnya. 

 

Terpenting apapun bentuk jenis asuransi yang Anda gunakan, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat dan terpercaya. Kebutuhannya untuk perlindungan, jangan sampai pilih yang sembarangan, karena dampaknya akan panjang.