Mengetahui Besaran Gaji Menteri dan Tunjangannya

gaji menteri

Dalam susunan pemerintahan, selain Presiden dan wakilnya masih ada jajaran menteri. Para menteri ini memiliki tugas utama untuk membantu Presiden dalam menjalankan urusan dalam negeri dan luar negeri dari seluruh aspek yang dibutuhkan. Sama seperti anggota DPR ataupun Presiden, para menteri pun mendapatkan gaji. Lalu berapakah gaji menteri di Indonesia? 

Tanggung Jawab Menteri 

Tapi sebelum membahas gaji menteri Indonesia, maka ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa saja tanggung jawab yang diemban oleh jajaran menteri Indonesia ini. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab menteri: 

  • Bertanggung jawab pada program atau kebijakan

Tugas pertama dari menteri adalah bertanggung jawab atas seluruh pelaksanaan program atau kebijakan yang telah direncanakan oleh pemerintah dalam hal ini Presiden. Setiap bidang sudah pasti ada menteri yang akan menjadi pemimpin agar program berjalan dengan lancar. Menteri harus mengadakan koordinasi terkait program yang sedang dijalankan. 

Dalam hal ini menteri juga harus mengawasi semua program dan kebijakan sudah sesuai dengan koordinasi atau masih ada masalah di lapangan. Karena tugas ini sangatlah penting agar masyarakat tidak dirugikan karena kebijakan dan program yang berjalan. Maka dari pada itulah, menteri harus memastikan dan bertanggung jawab akan semua program dan kebijakan dari masing-masing bidang.

  • Menyelesaikan masalah 

Setiap menteri juga perlu sekali menyelesaikan masalah yang sedang terjadi pada setiap bidang yang mereka tempati. Jika ada masalah dalam bidang tersebut, di mana sudah menjadi isu dalam masyarakat, maka menteri harus bisa mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Hal ini sendiri sangatlah penting, agar permasalahan dapat ditangani dengan cepat dan juga tidak menimbulkan dampak buruk yang akan semakin meluas. 

  • Menjalin hubungan kerja sama dengan ketua lembaga pemerintahan

Tugas selanjutnya dari menteri adalah menjalin hubungan kerja sama dengan ketua lembaga atau jajaran direktur jendral yang ada pada masing-masing bidangnya. Di mana kerja sama ini harus dijaga dengan baik agar dapat menyelesaikan masalah ataupun isu yang sedang terjadi di lapangan. Hal ini sendiri sangatlah penting agar masalah tidak menyebar terlalu luas dan menyebabkan kepanikan dari semua lapisan masyarakat. 

  • Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan instansi

Tidak hanya itu saja, seorang menteri juga harus bisa menjalin kerja sama dengan baik terhadap seluruh lembaga, departemen dan instansi pemerintahan. Di mana ini sangat berguna untuk mengumpulkan data dan bahan akan masalah yang sedang dihadapi. Pengumpulan data sendiri sangat penting agar dapat dilakukan pembahasan dan mencari solusi tepat terhadap masalah tersebut. 

  • Melapor ke Presiden 

Tugas terakhir dari menteri adalah melaporkan seluruh kinerja dan permasalahan yang sedang terjadi. Di mana menteri juga akan memberikan pendapatkan kepada Presiden untuk mengambil langkah ke depannya supaya masalah dapat teratasi dengan baik. Setiap kurun waktu tertentu nantinya menteri akan melakukan rapat dan koordinasi bersama Pemerintah. 

Hal ini sendiri sangatlah penting agar seluruh masalah yang sedang terjadi dapat terselesaikan dengan baik dan Presiden dapat mengambil keputusan yang tepat. Dari sini maka terlihat bahwa menteri harus bisa melapor dengan baik dan telah melakukan tindakan yang tepat dan mendukung langkah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Dari tugas tersebut, terlihat sekali bahwa tugas menteri sama sekali tidak mudah. Karena seluruh bidang harus tetap dalam keadaan stabil sehingga masyarakat tidak akan terbebani akan hal-hal yang menyangkut keberlangsungan bersama. Maka dari pada itu, jangan terkejut jika gaji menteri Indonesia cukup besar karena beban yang ditanggung juga sangatlah besar. 

Besaran Gaji Menteri di Indonesia 

tunjangan menteri

Setelah melihat tugas-tugas dan kewajiban menteri, maka selanjutnya bisa kita bahas berapa besaran gaji yang diterima seorang menteri pada tiap bulannya. Untuk gaji bersih selama perbulan, seorang menteri mendapatkan sekitar 5 juta rupiah menurut dengan peraturan dari Keputusan Presiden. Di mana untuk tunjangannya setiap meneteri akan mendapatkan sekitar 13 juta rupiah. Sehingga jika ditotal gaji menteri Indonesia mendapatkan 18 juta rupiah. 

Terlihat kecil bagi Anda? Tentu saja tidak, karena setiap menteri sendiri mendapatkan dana operasional yang mencapai 150 juta perbulan. Dana operasional ini sendiri tidak boleh digunakan untuk kebutuhan pribadi, di mana dana ini hanya boleh digunakan untuk kebutuhan dari kegiatan menteri saja. Jika menteri ketahuan menggunakan dana operasional untuk kebutuhan pribadi maka sudah jelas aka nada sanksi yang diterima. 

Fasilitas seperti mobil dan rumah juga harus dikembalikan oleh para menteri ketika sudah selesai menjabat. Perlu Anda ketahui bahwa gaji menteri yang sudah ditetapkan tidak berubah semenjak masa kepemimpinan Presiden Abdulrahman Wahid. Di mana ini menunjukan bahwa gaji para menteri tidak berubah semenjak 20 tahun silam. 

Itulah gaji menteri yang ada di Indonesia, di mana memang gajinya tidak terlalu besar. Bahkan jajaran direktur jendral yang berada di bawah menteri bisa mendapatkan angka yang lebih besar.