Merasa Hidup Boros? Begini Cara Menghemat Uang yang Mudah

cara menghemat uang

Membuat perencanaan keuangan itu sangat penting, mulai dari tips menabung hingga cara menghemat uang. Mungkin Anda pernah mendengar kalimat yang mengatakan “Jika ingin cepat kaya, Anda harus hidup berhemat!”. Kalimat tersebut memang sering terucap dan tersimpan dalam benak semua orang, hanya saja pada kenyataannya tidak semudah itu diterapkan.

Siapa sih yang ingin hidup boros? Tentu setiap orang ingin hidup hemat dengan menekan pengeluaran bulanan, hanya saja merasa sulit menolak godaan yang datang menghampiri. Alhasil malah sering membuang-buang uang untuk sesuatu yang tidak penting. Padahal, Anda mungkin sangat berkeinginan menyisihkan sebagian uang untuk keadaan darurat.

Seperti yang kita tahu, saat ini keadaan ekonomi tampak sudah habis-habisan menekan biaya hidup sehingga membuat sebagian orang kesulitan menabung. Lalu, bagaimana tips hemat uang yang bisa dipraktekkan mudah tanpa harus melakukan perjuangan ekstra berat? Ini jawabannya!

Berikut Ini Langkah Hemat Uang

menghemat uang

  • Buka Rekening Alternatif

Cara menghemat uang gaji sebenarnya tidak begitu sulit. Cukup dengan membuka rekening alternatif yang tidak bisa diakses dengan kartu ATM. Setelah menerima gaji bulanan, segera lakukan transfer uang ke rekening alternatif atau jika ingin mudah Anda bisa memanfaatkan fitur autodebet yang ditawarkan bank. Dengan demikian, uang di rekening utama akan langsung dikirimkan ke rekening alternatif sesuai nominal yang ditentukan setiap bulannya.

Jika tidak ingin menggunakan uang tabungan di rekening alternatif sama sekali, lakukan print buku tabungan minimal 4-5 bulan sekali. Anda juga bisa menyetorkan bonus yang diterima ke rekening tabungan ini sesuai dengan kemampuan.

  • Disiplin Mengatur Uang            

Memahami dasar-dasar tentang finansial tentu akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Seperti belajar tentang cash flow, ROI, IRA, dan lain-lain. Dengan begitu, kesadaran untuk menghemat uang menjadi lebih tinggi. Sekarang belajar apapun jadi lebih mudah berkat internet, apalagi tentang finansial. Anda bisa menemukan berbagai informasi tentang finansial seperti tips hemat uang secara gratis di internet.

  • Hindari Pembelian Mendadak

Membeli sesuatu yang tidak bersifat wajib atau bukan kebutuhan Anda sebaiknya dapat dihindari supaya uang yang telah diposkan untuk pengeluaran bulanan tidak membengkak. Membeli barang yang tidak penting karena tergoda diskon adalah bagian dari pemborosan. Jika merasa hidup boros maka jangan lakukan hal-hal yang seperti ini.

  • Cari Teman Satu Visi    

Agar lebih bersemangat dalam menghemat pengeluaran, dibutuhkan dukungan dari partner yang mempunyai satu visi dengan Anda. Carilah teman atau anggota keluarga yang juga berkeinginan hidup hemat, karena dengan keterlibatan pihak tersebut, Anda jadi lebih mudah mengendalikan pengeluaran bulanan.

  • Catat dan Evaluasi Pengeluaran            

Cara menghemat uang gaji selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mencatat setiap pengeluaran dan mengevaluasinya secara berkala. Untuk memulainya, Anda bisa mengambil pensil dan kertas, kemudian catat setiap barang atau keperluan yang mengharuskan uang keluar dari tabungan. Setelah itu, analisa semua pengeluaran tersebut untuk mencari tahu apakah ada bagian yang dapat ditekan atau jika tidak penting bisa dihapus dari daftar. Menekan pengeluaran bulanan adalah cara paling ampuh dalam menghemat keuangan.

  • Bayar dengan Uang Tunai        

Penggunaan kartu kredit memang terlihat praktis  dan mudah, akan tetapi jika tidak dikelola dengan benar dapat berdampak buruk bagi kesehatan finansial. Anda mungkin tidak suka membawa banyak uang tunai ketika belanja, namun jangan sampai hal ini menyebabkan utang menumpuk akibat pemakaian yang tidak terkendali. Supaya keuangan tetap aman dari virus bernama kartu kredit, sebaiknya lakukan segala transaksi pembelian menggunakan uang tunai.

  • Lawan Kebiasaan Boros             

Setiap orang pasti mempunyai kebiasaan buruk yang membuatnya boros, dan hal ini cukup berdampak negatif pada kesehatan keuangan mereka. Untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang Anda belajar mengenali dan memahami diri sendiri. Kegiatan ini penting untuk menghindari pemborosan, misalnya saat membeli camilan ataupun nongkrong di café bersama teman-teman. Hidup hemat bukan sekedar omong kosong apabila Anda sukses melawan kebiasaan buruk ini.

  • Beli Barang Second

Membeli barang dari gaji sendiri sebenarnya boleh-boleh saja, namun jika memungkinkan sebaiknya beli barang tersebut dalam kondisi bekas daripada baru. Harga barang bekas atau second tentu lebih terjangkau dan murah dari barang baru, dengan demikian Anda bisa memastikan pos pengeluaran tetap terkendali. Inilah tips hemat uang paling efektif untuk Anda.

  • Tambah Sumber Penghasilan 

Cari sumber pendapatan lainnya yang bisa menghasilkan banyak uang. Terlebih jika Anda memiliki gaya hidup yang cukup boros, jika ingin pengeluaran tetap terkontrol maka tambahkan sumber penghasilan yang dapat memperbanyak pundi-pundi kekayaan. Gunakan cara menghemat uang gaji ini segera.

  • Jaga Kesehatan              

Sehat itu mahal, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya pengobatan yang menguras dompet maka jagalah kesehatan supaya tidak mudah jatuh sakit. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara rajin berolahraga, makan dan minum yang teratur, dan pastikan waktu tidur tercukupi.

Demikian beberapa cara menghemat uang untuk Anda yang merasa hidup boros. Selamat mencoba.