Merdeka Finansial, Sekadar Mitos atau Benar-benar Bisa Dilakukan?

Apakah Anda pernah mendengar merdeka finansial? Mungkin Anda beranggapan apabila keadaan yang ada tersebut hanya mitos dan sulit untuk dilakukan. Padahal, jika Anda melihat jauh lebih dalam, keadaan tersebut bisa Anda capai dan raih. Terpenting Anda mempunyai dasar dan pemahaman untuk mencapai semuanya tersebut. 

Untuk yang belum terlalu memahami, maka masih bingung mengenai merdeka finansial tersebut. Bahkan, masih banyak menganggap apabila untuk mendapatkan merdeka finansial hanya mitos dan tidak pernah bisa dicapai. Dengan demikian, masih ada beberapa orang yang belum terlalu mempercayainya dan hanya omong kosong belaka. 

Hal ini menjadi lebih menarik untuk dibahas, karena apabila ini menganggap mitos. Diluar sana masih ada banyak orang yang sudah mapan dan mempunyai kebebasan finansial yang jelas. Sehingga tahapan satu ini sangat menarik untuk dibahas secara menyeluruh. Berikut ini beberapa penjelasan lengkapnya, simak ulasannya dibawah ini. 

Mengenal Merdeka Finansial

Menurut Robert T Kiyosaki menjelaskan apabila merdeka finansial adalah kondisi yang bebas dalam menjadi diri sendiri dan bebas dalam menjalankan segala keinginan yang ada. Sehingga apapun yang Anda lakukan tidak berpengaruh pada kondisi keuangan dan membuatnya tetap berjalan secara maksimal untuk dapat Anda nikmati. 

Dalam tahap ini, beban keuangan yang ada mulai dari tagihan kartu kredit, cicilan hutang, cicilan mobil, dan beberapa kewajiban lainnya sudah tidak ada lagi. Sehingga, fokusnya hanya pada pengembangan diri dan membentuk beberapa inovasi yang memberikan banyak manfaat kepada seluruh masyarakat sekitar dan dunia. 

Kata lainnya, kebebasan finansial ini lebih kepada segala tatanan puncak yang ada dalam kebutuhan sudah masuk dalam rasa puas dan tidak menjadi persoalan yang besar. Fokusnya tidak lagi pada kebutuhan fisik, sosial, penghargaan, dan sebagainya. Namun, lebih kepada kepuasaan yang besar terhadap diri sendiri atau aktualisasi diri. 

Lantas, bagaimana untuk mencapai merdeka finansial tersebut? Apabila Anda ingin untuk berada dalam posisi itu, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, simak ulasannya. 

Mencapai Merdeka Finansial

1. Tidak Cemas dan Panik Akan Masa Depan 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut bisa Anda lakukan dengan melakukan investasi sejak dini dan memulainya sebelum banyak orang tahu, sehingga jika orang lain baru belajar Anda sudah profesional dalam mempersiapkannya untuk kebutuhan mendatang. Apabila Anda ingin mencapai kebebasan finansial, investasi termasuk bagian yang bisa Anda lakukan. 

Bahkan, sekelas tokoh Warren Buffet telah melakukan investasi sendiri sejak usianya masuk 10 tahun, sehingga ini termasuk yang paling lama dalam mempersiapkannya. Kenapa harus investasi? Karena kegiatan ini memberikan hubungan timbal balik yang memberikan keuntungan, sehingga secara tidak langsung menambah sumber penghasilan. 

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda coba untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Diantaranya bisa memulai dengan saham, emas, reksadana, atau kripto untuk bisa mencapai merdeka finansial. 

2. Mempersiapkan Masa Tua

Mungkin dari Anda pernah mendengar mengenai dana pensiun? Hal ini menjadi bagian yang bisa Anda nikmati ketika memasuki masa pensiun. Bagian tersebut termasuk dalam fasilitas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda ketika memasuki usia senja dan tidak bisa lagi bekerja secara maksimal. 

Apabila Anda ingin mencapai merdeka finansial, maka bisa dilakukan dengan mempersiapkan masa tua lebih cepat lagi dan tidak menundanya. Mungkin Anda bisa memanfaatkan beberapa lembaga untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan tersebut. Bahkan, investasi bisa juga menjadi jaminan hari tua Anda nantinya. 

Oleh karena itu, semuanya berdasarkan pada kebutuhan dan perencanaan. Jika Anda sudah mempersiapkan segalanya, maka bukan hal yang mustahil untuk mencapai merdeka finansial tersebut. 

3. Memenuhi Dana Pendidikan Anak 

Jika Anda sudah berkeluarga, maka mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak Anda termasuk yang paling penting untuk dilakukan. Apalagi biaya pendidikan setiap tahunnya mengalami kenaikan yang besar. Apabila Anda tidak mempersiapkannya, maka membuat kondisi keuangan yang Anda lakukan akan keteteran. 

Untuk mencapai merdeka finansial, bagian ini termasuk dalam bagian yang harus dan penting untuk Anda pertimbangkan. Langkah yang bisa Anda lakukan bisa dengan memanfaatkan asuransi pendidikan untuk mendapatkan pendidikan yang diinginkan. Oleh karena itu, jika ingin merdeka dalam kondisi keuangan, lakukan persiapan secara matang. 

Apabila Anda masih menganggap biaya pendidikan bisa diatur dalam waktu yang dekat dan sudah memiliki anak, tentu akan terlambat. Sehingga merdeka finansial yang diinginkan akan sangat sulit terwujud dan tidak bisa menikmatinya sama sekali. Hal ini harus benar-benar bisa Anda lakukan agar tidak salah langkah nantinya. 

 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai merdeka finansial. Apabila Anda masih menganggap mitos, mungkin Anda belum terlalu memahami makna dan tujuannya. Jika Anda sudah mengerti, maka kebutuhan tersebut bisa Anda capai.