Minim Modal Tapi Ingin Berbisnis? Inilah 7 Ide Usaha dengan Modal 25 Juta Rupiah

tujuan perencaan bisnis

Tren bisnis saat ini, minim modal bukan jadi halangan untuk membuka usaha. Hal tersebut karena banyak sekali ide usaha yang menawarkan modal kecil. Salah satunya usaha dengan modal di bawah 25 juta rupiah. Cukup menarik memang, hanya bermodalkan uang tersebut, Anda bis memiliki usaha sendiri.

Apakah Anda penasaran ide usaha apa saja yang minim modal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pastikan Anda menyimak informasi berikut ini. Namun, sebelum mengetahui 7 ide usaha dengan modal 25 juta rupiah, sebaiknya Anda memahami tips merintis usaha supaya tahan lama.

Tips Merintis Usaha Supaya Tahan Lama dan Tidak Bangkrut

Tentunya, Anda tidak ingin usaha yang baru Anda rintis bangkrut. Nah, untuk menghindari kebangkrutan dan usaha yang tahan lama, ada tips tertentu yang bisa Anda aplikasikan. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pilih jenis usaha yang sesuai dengan passion dan hobi Anda, supaya Anda bisa tekun mengembangkannya.
  2. Siapkan konsep beserta strateginya secara matang, sebelum Anda membuka usaha.
  3. Pastikan, Anda memilih lokasi yang strategis untuk menjalani usaha Anda. Perlu diketahui, pemilihan lokasi usaha dapat mempengaruhi perkembangan bisnis.
  4. Terus melakukan inovasi produk supaya produk yang Anda jual berbeda dari produk lainnya.
  5. Atur keuangan usaha secara bijaksana. Hal tersebut supaya keuangan tidak tercampur antara modal usaha dan keuntungan.

Rekomendasi 7 Ide Usaha dengan Modal 25 Juta Rupiah

Setelah memahami beberapa tips merintis usaha, tentunya Anda dibuat penasaran apa saja ide usaha dengan modal kecil yang bisa Anda kembangkan. Berikut adalah 7 ide usaha dengan modal 25 juta rupiah.

1. Usaha Franchise Kuliner

Ide usaha bermodalkan 25 juta rupiah yang pertama adalah franchise kuliner. Bisa dibilang, usaha franchise kuliner ini booming sejak tahun 2000 – an. Hal tersebut karena usaha yang satu ini dinilai menguntungkan dan dapat tahan lama.

Umumnya, usaha franchise kuliner ini beragam bahkan ada yang hanya bermodalkan 10 juta rupiah. Kabarnya, dengan modal sebesar itu, usaha yang satu ini cepat balik modal. Itu karena kuliner masih menjadi jajanan favorit masyarakat Indonesia.

2. Usaha Fashion

Satu lagi usaha dengan modal kecil dan tidak ada matinya, adalah usaha fashion. Apalagi jika yang Anda kembangkan adalah usaha fashion wanita, tentunya banyak sekali peminat produk Anda. Bisa dibilang produk fashion mulai dari pakaian, celana, hijab, tas sampai dengan sepatu banyak peminatnya.

Adapun modal usaha untuk usaha fashion ini terjangkau, jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Bagi Anda yang ingin merintis bisnis fashion, Anda bisa mulai merintis usaha ini dengan modal antara 20 – 25 juta rupiah.

3. Usaha Aquascape

Bisa dibilang, ide bisnis yang satu ini masih belum populer di telinga masyarakat Indonesia. Namun, ternyata usaha aquascape ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Kabarnya, hanya dengan modal 25 juta rupiah, Anda dapat merintis usaha aquascape.

Perlu diketahui, usaha aquascape ini banyak dibutuhkan oleh jasa konsultan kontruksi yang bergerak di bidang eksterior dan interior rumah atau gedung. Tentunya, bagi Anda yang memiliki keahlian desain lonstruksi yang bagus, Anda bisa menjalankan bisnis yang berkaitan dengan seni mengatur aquarium ini.

4. Usaha Produk Kecantikan (Skincare)

Bisa dibilang, segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan wanita tidak ada matinya, salah satunya adalah produk kecantikan (skincare). Bagi Anda para wanita yang menyukai dunia kecantikan, Anda dapat memulai usaha menjual produk kecantikan ini.

Kabarnya, modal usaha untuk merintis usaha kecantikan ini cukup terjangkau, yaitu antara 20 – 25 juta rupiah. Namun, perlu diingat hindari menjual dan memproduksi produk kecantikan yang palsu atau mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

5. Usaha Spa dan Salon Kecantikan

Selain usaha produk kecantikan, satu lagi usaha yang dapat dirintis dengan modal 25 juta rupiah, yaitu bisnis spa dan salon kecantikan. Kabarnya, usaha yang satu ini dinilai menguntungkan dan tahan lama. Itu karena banyak sekali konsumen wanita yang selalu memperhatikan penampilan kulit.

6. Usaha Bengkel

Usaha yang tidak kalah menariknya, meski dengan modal kecil adalah usaha bengkel. Tentunya, usaha bengkel ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang hobi dan memahami soal mesin kendaraan bermotor. Kabarnya, usaha yang satu ini bisa mendatangkan omset tinggi setiap harinya.

7. Usaha Agrobisnis

Bisa dibilang usaha atau bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan pokok manusia akan selalu dibutuhkan sepanjang tahun. Salah satunya usaha agrobisnis. Bagi Anda yang memiliki modal 25 juta rupiah, Anda dapat membuka usaha agrobisnis.

Adapun usaha agrobisnis yang bisa Anda kembangkan untuk saat ini adalah usaha ternak, perkebunan dan perikanan. Dalam mengembangkan usaha agrobisnis ini, Anda dapat mengombinasikan sistem agrobisnis konvensional dan menggunakan teknologi canggih.

Itulah 7 ide usaha dengan modal 25 juta rupiah yang bisa Anda rintis dan kembangkan untuk masa depan. Pastikan, Anda memilih jenis usaha yang sesuai dengan bidang usaha yang Anda sukai supaya Anda tidak bosan ketika mengembangkan usaha tersebut.