Nomor Care Center BPJS dan Cara Menghubunginya

Semua orang bisa terhubung ke nomor care center BPJS kesehatan untuk menyampaikan berbagai pertanyaan atau meminta solusi mengenai beberapa hal yang ada kaitannya dengan BPJS. Untuk nomos customer service tersebut dapat di hubungi oleh siapa saja baik itu peserta KIS/JKN, rumah sakit, keluarga pasien, petugas, dokter dan lain sebagainya.

Dengan langsung menghubungi maka Anda berpeluang untuk memperoleh informasi terkait hal mengenai BPJS kesehatan, contohnya menanyakan kewajiban dan hak sebagai seorang peserta, menanyakan total tagihan iuran perbulan, bertanya tentang cara mendaftarkan diri ke BPJS atau berbagai pertanyaan lain.

Call Center BPJS Kesehatan Dengan Berbagai Cara Menghubunginya

BPJS ketenagarkerjaan

Agar bisa menyampaikan berbagai keluhan atau memperoleh hal yang dibutuhkan seputaran BPJS kesehatan, tentu Anda bisa menghubungi nomor yang tersedia. Dimana nomor customer service BPJS kesehatan yakni 1500400. Untuk dapat menghubungi nomor call center tersebut pastinya bisa Anda lakukan kapanpun sebab selalu melayani 34 jam nonstop.

Meski begitu, nomor call center tersebut layanannya tidaklah gratis. Untuk bisa tersambung dengan layanan tersebut Anda akan terkena beban pulsa bila menghubungi melalui ponsel.  Sedangkan, jika Anda menghubungi call center BPJS melalui telepon rumah, hanya akan dikenakan beban biaya atau tarif lokal.

Walau tidak tersedia telepon customer service BPJS gratis, tapi masih tersedia alternatif lain agar bisa menghubungi layanan BPJS kesehatan yang dapat Anda pilih. Selain menghubungi call center BPJS kesehatan, dibawah ini terdapat metode lain  agar bisa terhubung ke customer service BPJS kesehatan.

Layanan SMS Gateway

Untuk layanan satu ini merupakan salah satu dari beberapa jenis layanan customer service BPJS yang bisa diakses dengan memakai pesan singkat lewat ponsel ke nomor 087775500400. Meskipun tidak termasuk layanan customer service BPJS kesehatan yang bebas pulsa, namun layanan SMS Gateway dapat Anda gunakan bila mempunyai paket SMS gratis.

Agar bisa mengakses informasi serta layanan SMS Gateway tersebut, Anda perlu mengirim pesan menggunakan format tertentu.

Apabila Anda merasa bingung terhadap format penulisan yang sesuai, Anda hanya perlu mengirimkan pesan bertuliskan HELP lalu kirim ke nomor yang sudah dicantumkan diatas. Kemudian, ikutilah format pengiriman pesan berdasarkan pesan yang diperoleh dari layanan tersebut.

Sosial Media BPJS Kesehatan

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk bisa terhubung ke nomor customer service BPJS kesehatan. tidak perlu khawatir, Anda dapat menikmati layanan melalui sosial media resmi BPJS kesehatan.

Dibawah ini terdapat beberapa akun sosial media resmi milik BPJS kesehatan yang dapat Anda kunjungi, seperti:

  •         Instagram: @bpjskesehatan_ri
  •         Twitter: @BPJSKesehatanRI
  •         Facebook: BPJSKesehatanRI

Anda dapat meninggalkan caption atau komentar dibawah postingan akun tersebut, atau langsung menghubungi lewat direct message. Nantinya admin bisa meminta Anda untuk memberikan informasi tertentu, berupa nama lengkap, nomor NIK, tanggal lahir untuk validasi dan verifikasi data diri.

Layanan PANDAWA Lewat WhatsApp

Cara berikutnya untuk bisa melayangkan aduan ke customer service BPJS kesehatan yakni lewat layanan administrasi WhatsApp PANDAWA. Dimana call center BPJS WhatsApp tersebut adalah mobile customer service BPJS yang bisa dihubungi bila Anda mempunyai akses internet di smartphone.

PANDAWA mempunyai nomor kontak berbeda berdasarkan kantor cabang yang ada di lokasi tempat Anda tinggal. Agar bisa mengetahui customer service BPJS kesehatan melalui WhatsApp tersebut, Anda harus mengakses WhatsApp bot BPJS dengan nomor 08118750400. Setelahnya, Anda akan mendapatkan nomor PANDAWA yang bisa dihubungi oleh Anda.

Aplikasi Mobile JKN

Metode lain yang terbilang mudah bisa mengakses layanan BPJS kesehatan yakni melalui aplikasi mobile JKN. Dimana Anda dapat langsung mengajukan permintaan informasi atau keluhan lewat mobile customer service BPJs kesehatan di aplikasi ini.

Sesudah login, Anda bisa memilih opsi informasi atau pengaduan. Kemudian klik tanda plus untuk menyampaikan berbagai keluhan. Isilah informasi yang ada, lalu pilihlah jenis keperluan, misalnya Anda menyampaikan beberapa pertanyaan, atau meminta informasi atau bahkan keluhan akan kendala-kendala yang terjadi terkait BPJS kesehatan. Jika selesai, kemudian klik Laporkan.

Pastinya layanan customer service dengan nomor 1500400 milik BPJS kesehatan tersebut bisa sangat membantu Anda serta memenuhi berbagai macam kebutuhan. Seperti menyampaikan sebuah keluhan, menanyakan informasi kepesertaan, perubahan data, layanan kesehatan, sampai melakukan pendaftaran untuk peserta baru tanpa perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

Meskipun ini bukanlah layanan yang bisa dilakukan secara gratis, namun pelayanan yang ditawarkan tetap bisa menghemat biaya dan waktu Anda bila kita bandingkan terhadap metode offline dengan langsung mendatangi  kantor BPJS kesehatan di dekat tempat tinggal Anda. Maka dari layanan care center BPJS sangat dibutuhkan supaya dapat memudahkan para peserta BPJS kesehatan jika mengalami banyak kendala selama mengikuti program BPJS kesehatan.