ORI 017 Bukan Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Kategori Risiko Kecil

investasi ORI

Pemerintah lewat Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atau DJPPR Kemenkeu masih membuka sebuah penawaran untuk produk Obligasi Negara Ritel seri ORI 017. Jenis investasi berbentuk surat utang negara tersebut sering dianggap jauh lebih menguntungkan daripada deposito yang ada di bank. Akan tetapi, apakah ORI 017 merupakan investasi yang rendah risiko.

Perbandingan ORI 017 dengan Produk Investasi Lain

Beberapa sumber melakukan perbandingan produk ORI 017 dengan dua jenis produk dari investasi lain yang resikonya kecil serta keamanannya terjamin. Perbandingan yang dilakukan menunjukan hasil yang mana ORI 017 bukan sebuah produk investasi minim resiko yang paling memberikan keuntungan.

Salah satu kelebihan yang dimiliki ORI 017 yaitu pembayaran kupon dengan bunga 6,4% yang sifatnya tetap sampai masa jatuh tempo. Besaran pajak untuk instrumen investasi tersebut yaitu 15% setiap kupon yang di dapat.

Baik itu deposito dari bank umum atau BPR akan dibebankan pajak sebesar 20%. Walau demikian, kedua deposito tersebut mempunyai keunggulan dalam bentuk bunga bergulung yang bisa melalui metode ARO (Automatic Roll Over) di periode masa jatuh tempo selama satu bulan.

Itu berarti ORI 017 bisa dikatakan lebih unggul jika dibandingkan dengan deposito bank umum. Tapi, masih kalah oleh deposito BPR yang besaran bunga hingga 5,25% p a serta mempunyai bentuk bunga bergulung. Pada rentang waktu 3 tahun, keuntungan bersih yang diperoleh dari deposito BPR memungkinkan untuk tembus 18,4%, sementara ORI 017 sebesar 16,3% serta deposito bank umum besaran maksimal hanya menyentuh angka 14,2%.

Walaupun demikian, harus Anda cermati juga bahwa ORI 017 merupakan investasi yang dapat dijual dalam pasar sekunder, para investor dari produk ORI 017 mempunyai potensi mendapatkan untuk berupa capital gain ketika menjual surat berharga tersebut. Sedangkan, keuntungan dari capital gain tentu tidak ditemukan di produk deposito bank umum maupun BPR. Kondisi disebabkan deposito tidak dapat berpindah tangan bahkan diperjualbelikan pada pasar sekunder. Untuk imbal hasil produk ORI 017 masih lebih rendah daripada deposito BPR.

Produk ORI 017 Bukan Hanya Produk Investasi

Untuk Imbal hasil dari ORI 017 memang tidak sebesar deposito BPR yang dapat menyentuh angka 18% dalam kurun waktu 3 tahun, akan tetapi ORI 017 sebetulnya merupakan produk investasi yang berdampak.

ORI merupakan salah satu instrumen berupa Surat Berharga Negara yang ditawarkan ke individu (Warga Negara Indonesia) lewat mitra distribusi pada pasar perdana. Intinya konsep yang diterapkan pada ORI yaitu negara berutang ke masyarakat Indonesia. Inilah alasannya investasi untuk surat berharga tersebut keamanannya dijamin langsung oleh negara atau pemerintah.

Lewat produk ORI 017, pihak pemerintah Indonesia mencoba menghimbau masyarakat untuk ikut terlibat ke dalam program upaya pemulihan ekonomi negara serta pembangunan nasional, dan menjaga kesejahteraan, masa depan hingga kestabilan kondisi negara Indonesia di tengah wabah pandemi Covid-19

Semua dana yang didapat dari produk ORI 017 akan dipakai untuk program pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk di antaranya yaitu pembiayaan untuk penanganan dan pemulihan dampak dari pandemi Covid-19. Produk ORI 017 juga turut memberi dukungan ke pelaku UMKM di negara Indonesia.

  •         Keuntungan Berinvestasi Produk ORI 017
  •         Pembayaran kupon serta pokok sampai waktu jatuh tempo, selain itu dijamin oleh UU SUN serta dananya selalu disediakan pada APBN tiap tahunnya
  •         Kupon dengan tingkatan bungan hingga masuk waktu jatuh tempo
  •         Ketika diterbitkan pertama kali di pasar perdana, kupon akan ditawarkan dengan nilai lebih tinggi daripada rata-rata tingkatan bunga deposito dari bank BUMN
  •         Kupon akan selalu dibayarkan setiap bulannya
  •         Bisa diperjualbelikan di dalam pasar sekunder lewat metode bursa, melalui sistem Electronic Trading Platform, transaksi diluar dari bursa atau over the counter.
  •         Tersedia informasi mengenai harga yang wajar atau lagi terjadi di pasaran sekunder didapat dari mitra distribusi maupun pihak lain yang memang bekerja sama oleh mitra distribusi
  •         Kemudahan dalam mengakses upaya melakukan transaksi lewat sistem elektronik
  •         Memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan jika produk ORI dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding harga belinya setelah memperhitungkan besaran biaya transaksi pada pasar sekunder.
  •         Bisa dipinjamkan atau bisa dijaminkan ke pihak lainnya, antara lain sebuah jaminan untuk pengajuan pinjaman dana di bank umum, badan keuangan lain, atau jaminan dalam bentuk transaksi efek. Ketetapan peraturan atau kebijakan penjaminan atau peminjaman ORI mengacu pada ketentuan serta persyaratan yang diberlakukan dari masing-masing pihak.
  •         Mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam rangka mendukung pendanaan pembangunan nasional agar bisa menjadi bangsa yang maju, makmur dan rakyatnya sejahtera

Itulah hal mengenai produk investasi ORI 017, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang macam-macam instrumen investasi untuk menjadi referensi yang berguna di kemudian hari.