Pahami 7 Manfaat Asuransi Perjalanan Ini Sebelum Berangkat Liburan

asuransi travelling

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan di dalam hidup, Anda bisa berlibur bersama pasangan, teman bahkan keluarga. Bersama siapapun itu, pastinya liburan akan selalu menyenangkan. Setiap akhir pekan atau libur lebaran, tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur.

Setelah memeras keringat untuk mencari uang, maka akan tiba momen berlibur untuk melepaskan penat dan meninggalkan sebentar rutinitas kantor. Saat hendak pergi berlibur dengan menggunakan sarana transportasi komersial seperti kapal, kereta, bus hingga pesawat, apakah pernah terlintas di benak Anda jika transportasi yang akan Anda gunakan mengalami peristiwa kecelakaan?

Pemikiran-pemikiran tersebut dapat membuat masa liburan Anda dihantui rasa khawatir, alhasil momen liburan menjadi tidak terlalu menyenangkan. Akan tetapi, saat ini Anda dapat lebih tenang dan sudah tidak perlu lagi memikirkan hal ini lagi, sebab hampir seluruh biro perjalanan telah memberi asuransi perjalanan bagi konsumennya.Apakah Anda mengetahui manfaat dari adanya asuransi perjalanan? Jika belum tahu, silahkan simak informasi selengkapnya dibawah ini.

1.    Kompensasi untuk Ketidaknyaman Perjalanan

Hadirnya asuransi perjalanan berfungsi untuk menaggung rasa ketidaknyaman yang dirasakan penumpang, misalnya keterlambatan pesawat hingga pembatalan penerbangan. Nah, jika penerbangan Anda dibatalkan secara mendadak, kompensasi yang ditawarkan asuransi cukup bervariasi, dapat berupa pengembalian uang tunai atau penginapan gratis di hotel.

2.    Bantuan Hukum

Walaupun tidak semuanya, tapi beberapa produk dari asuransi perjalanan memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dalam bentuk bantuan hukum. Itu berarti jika Anda mengalami peristiwa berbau hukum di perjalanan, Anda bisa memperoleh santunan yang didapat dari asuransi untuk nantinya membayar pengacara atau lawyer.

3.    Proteksi Rumah Tinggal

Ada juga asuransi perjalanan yang memberikan fasilitas asuransi rumah tinggal, yakni untuk memberikan proteksi rumah tinggal Anda selama Anda bepergian. Biasanya bentuk perlindungan ditawarkan adalah risiko pencurian dan kebakaran.

4.    Biaya Perawatan Medis Ditanggung

Pastinya tidak satupun orang yang mau momen liburan mereka rusak yang disebabkan oleh jatuh sakit tiba-tiba sehingga diberikan perawatan media. Namun, kondisi ini mungkin saja terjadi kepada Anda, lalu bayangkan apabila Anda harus masuk rumah sakit di negara lain dimana biaya pengobatan sangat mahal disana.

Lantas, bagaimana cara Anda bisa membayar perawatannya? Disinilah manfaat asuransi perjalanan akan terasa, apabila peristiwa tersebut benar terjadi,tentu pihak asuransi segera memberi biaya tanggungan keperawatan medis tersebut. Dengan begitu Anda sudah tidak perlu cemas untuk memikirkan bagaimana Anda bisa membayar semua tagihan yang ada.

5.    Sumbangan Kematian

Siapapun tidak ada yang mengetahui kapan mereka meninggal dunia, Maka dari itu, ada baiknya bila Anda memikirkan dan menyiapkan itu semua agar, jika Anda meninggal dunia, kehidupan keluarga tercinta tetap terjamin. Khususnya untuk Anda yang memiliki peran sebagai pencari nafkah utama di keluarga Anda.Pastinya kondisi finansial keluarga sangat bergantung oleh Anda.

Cara mempersiapkannya yakni dengan mempunyai produk asuransi perjalanan. Jika Anda sudah mempunyai asuransi perjalanan, ada sejumlah uang santunan yang akan diberikan langsung oleh pihak asuransi kepada anggota keluarga Anda saat Anda meninggal dunia ketika sedang bepergian. Jika ini benar-benar terjadi, setidaknya bisa mengurangi kekhawatiran Anda dan keberlangsungan hidup mereka yang ditinggal masih bisa terjamin.

6.    Kompensasi Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan

Ketika bepergian memakai sarana transportasi umum, pembatalan atau keterlambatan perjalanan dapat saja terjadi. Hal ini pasti akan merugikan banyak orang terutama Anda yang merupakan pengguna jasa layanan perjalanan tersebut.  Nah, dengan mempunyai asuransi perjalanan, Anda dapat menerima sebuah kompensasi langsung dari pihak asuransi jika hal tersebut benar menimpa Anda.

Seperti contoh, jika Anda akan menggunakan pesawat terbang untuk mudik atau berlibur, mendadak pesawat yang Anda pesan tidak dapat terbang di hari itu juga. Biasanya Anda akan memperoleh sebuah kompensasi dalam bentuk gratis menginap di hotel, yang mana hotel tersebut merupakan mitra dari maskapai penerbangan terkait.

Bentuk kompensasi yang ditawarkan juga bervariasi tergantung ketetapan dari perusahaan asuransi terkait. Jika Anda mengalami yang namanya kerugian, tidak perlu ragu untuk langsung mengajukan klaim. Bentuk kompensasi yang diberikan berbeda-beda tergantung pada peraturan dari perusahaan asuransinya. Bila Anda mengalami kerugian karena hal ini, jangan ragu untuk mengajukan klaim ya.

7.    Ganti Rugi untuk Kerusakan dan Kehilangan Bagasi

Khusus masalah yang satu ini tergolong sering ditemukan, dan mungkin Anda juga pernah mengalami hal serupa. Jika bagasi Anda rusak atau hilang pastinya membuat Anda rugi serta membuat situasi liburan  menjadi tidak seru dan menyenangkan. Namun, Anda bisa sedikit bernafas lega jika Anda mempunyai asuransi perjalanan, karena Anda akan mendapatkan ganti rugi. Jadi bila Anda mengalami peristiwa tersebut, segera lakukan klaim serta ambil kompensasi yang tersedia.