Paklaring: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Paklaring

Apakah anda tahu apa itu Surat pengalaman kerja? Jika anda belum mengetahui apa itu paklaring, simak terus artikel ini sampai bawah ya. Karena artikel ini akan membahas dan mengulas dari pengertiannya hinggan contohnya.

Paklaring adalah dokumen atau surat pengalaman bekerja yang dapat dikeluarkan oleh perusahaan tempat anda bekerja dan dapat dikeluarkan untuk posisi tertentu. Isi dokumen atau surat tersebut akan mencakup dengan detail mulai dari jenjang karir awal anda memulai bekerja di perusahaan tersebut hingga posisi terakhir yang anda tempati. 

Dokumen surat pengalaman kerja tidak hanya diterbitkan atau dikeluarkan oleh perusahaan saja. Selain perusahaan, dokumen surat pengalaman kerja biasanya dapat diterbitkan atau dikeluarkan oleh para lembaga kecil dimana para lembaga kecil tersebut mempunyai hak penerbitan dokumen surat pengalaman kerja.

Dokumen surat pengalaman kerja biasanya digunakan sebagai tambahan lampiran berkas dan dokumen pada waktu melamar atau saat anda mendaftar di perusahaan yang baru. Dokumen surat pengalaman kerja yang anda lampirkan berguna untuk calon perusahaan anda mengetahui bagaimana kinerja anda di perusahaan sebelumnya.

Fungsi Dokumen Paklaring

Selain sebagai salah satu syarat tambahan pada saat anda mendaftar di perusahaan yang baru, ada beberapa fungsi dari dokumen surat pengalaman kerja yang perlu anda tahu, diantaranya adalah :

  • BPJS Ketenagakerjaan

Dokumen surat pengalaman kerja berfungsi sebagai syarat untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan. Anda harus memiliki dokumen Surat pengalaman kerja agar nantinya anda dapat mencairkan semua Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan.

  • Pengajuan Pinjaman

Dengan Dokumen Surat pengalaman kerja, anda dapat mengajukan pinjaman dana untuk kartu kredit atau anda dapat langsung ke bank untuk pengajuan pinjaman cash. Dokumen surat pengalaman kerja berguna sebagai penguat bukti bahwa anda memang seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dan mendapatkan penghasilan yang stabil setiap bulannya.

  • Beasiswa melalui jalur Profesional

Salah satu fungsi dari dokumen surat pengalaman kerja adalah dapat anda gunakan jika anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tentunya lebih tinggi. Dengan dokumen surat pengalaman kerja ini, anda bisa mendapatkan beasiswa pendidikan melalui jalur profesional.

Contoh Dokumen Paklaring 

Dalam membuat dokumen surat pengalaman kerja, anda harus mencantumkan beberapa informasi seperti :

– Nama lengkap karyawan,

– NIK atau Nomor Induk Karyawan,

– Posisi atau Jabatan,

– Lokasi kantor pusat tempat bekerja,

– Masa kerja yang telah dilalui.

Pada dokumen surat pengalaman kerja biasanya memiliki format yang hampir sama di berbagai perusahaan. Karena ada kaidah atau standar format pembuatan dokumen surat pengalaman kerja dari sistem administrasi formal. Format tersebut adalah :

– Harus menampilkan identitas perusahaan seperti kop perusahaan,

– Hal selanjutnya adalah nomor surat untuk memastikan kapan dokumen surat pengalaman kerja itu dibuat,

– Isi dokumen surat pengalaman kerja harus menginformasikan dengan benar bagaimana sikap dan kinerja karyawan selama bekerja di perusahaan,

– Pengesahan dokumen yang dilakukan atau disahkan oleh Direktur atau atasan karyawan. Jika tidak ada pengesahan oleh atasan, maka dokumen surat pengalaman kerja tidak dapat diterbitkan, dan

– Ditanda tangani oleh atasan dan di stempel menggunakan stempel resmi perusahaan. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa dokumen surat pengalaman kerja tersebut legal dan diterbitkan secara resmi oleh perusahaan tempat karyawan bekerja.

Syarat Pembuatan Surat Paklaring

Paklaring

Yang berwenang dalam pembuatan dan menerbitkan dokumen surat pengalaman kerja adalah unit Human Resource Management (HRD). Jika ingin mendapatkan dokumen surat pengalaman kerja setelah menyelesaikan pekerjaan di hari terakhir pengunduran diri, karyawan dapat mengajukan dokumen ke bagian HRD perusahaan. 

Selain menjadi salah satu syarat administratif untuk mendaftar ke perusahaan baru, dengan mempunyai dokumen surat pengalaman kerja juga akan mendapatkan prestise tersendiri yang membuktikan sejauh mana pengalaman kerja yang anda peroleh di perusahaan sebelumnya.

Dokumen surat pengalaman kerja juga tidak dapat serta merta didapatkan dengan mudah. Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi jika ingin pengajuan dokumen surat pengalaman kerja anda disetujui dan diterbitkan, antara lain :

  • Yang pertama adalah dengan mengundurkan diri secara baik – baik. Saat anda mengundurkan diri disebabkan oleh alasan yang bisa diterima oleh perusahaan bukan dengan membuat masalah. 

Karena jika anda mengundurkan diri atau dipaksa mengundurkan diri oleh perusahaan karena anda membuat kesalahan sewaktu bekerja, anda tidak akan mendapatkan dan tentunya tidak akan dapat mengajukan dokumen surat pengalaman kerja,

  • Pengajuan dokumen surat pengalaman kerja yang anda minta dapat disetujui dan diterbitkan dengan batas minimal anda bekerja di perusahaan tersebut selama 1 tahun. Dokumen surat pengalaman kerja tidak dapat diterbitkan dengan masa kerja dibawah 1 tahun dikarenakan masa kerja dibawah 1 tahun dianggap belum mendapatkan pengalaman yang cukup,
  • yang terakhir adalah dokumen surat pengalaman kerja dapat diterbitkan jika anda telah memenuhi dan menyelesaikan masa kerja atau tugas sesuai dengan kontrak atau perjanjian yang telah anda dan perusahaan setujui bersama. Dengan menyelesaikan dan memenuhi masa tugas anda dengan baik dan lancar, tentunya akan membawa aura positif bagi perusahaan yang anda tinggalkan.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai dokumen Paklaring yang perlu anda tau. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda. Semoga sukses.