Pasar Sedang Turun, Kapan Saat Tepat Beli Bitcoin Lagi?

Melihat data yang dipublikasikan oleh CoinDesk mengenai pergerakan harga dari Bitcoin selama 2 tahun terakhir, tidak heran bila Bitcoin menjadi sangat dicari oleh investor. Pada bulan Maret 2020 yang lalu, harga Bitcoin sekitar 6.500 dollar AS (sekitar 93 juta rupiah).

Sementara itu, Bitcoin mencapai $41.000 (sekitar 588 juta rupiah) selama periode tersebut tahun ini. Itu berarti harga Bitcoin telah meningkat lebih dari 5 kali lipat selama dua tahun belakangan. Para ahli memperkirakan jika harga Bitcoin akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Waktu yang pas membeli Bitcoin

Selain itu, pengadopsi Bitcoin semakin banyak di berbagai industri serta negara. Mengingat tawaran keuntungan yang besar juga popularitas yang meningkat, menurut Anda kapan waktu terbaik untuk berinvestasi di Bitcoin?

Ada baiknya Anda tidak terpengaruh dengan tren yang saat ini sedang populer. Hal pertama yang harus Anda terapkan sebelum memulai untuk berinvestasi pada Bitcoin maupun aset crypto lain, yaitu jangan sampai Anda melakukan investasi yang disebabkan oleh FOMO.

Karena ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi pada jenis investasi apapun termasuk Bitcoin, ada banyak hal yang harus diperhitungkan. Tidak hanya seputar memantau pergerakan dari harga Bitcoin. Namun, Anda juga harus tahu cara untuk memperolehnya, lalu mengetahui koin mana yang legal peredarannya di negara Indonesia, cara penyimpanan yang aman dan hal lainnya.

Sebenarnya Anda bisa memulai kapan saja, hal terpentingnya adalah Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Bitcoin sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi pada aset crypto.

Temukan momen untuk melakukan investasi

Membeli Bitcoin saat harga sedang turun bisa menjadi pilihan yang aman. Jadi, perhatikan setiap kali harga Bitcoin tampak turun dan faktor lain apa yang menjadi penyebab dari penurunan harga Bitcoin.Biasanya hari senin merupakan waktu yang sangat dinanti oleh investor.

Permintaan Bitcoin umumnya cenderung menurun pada akhir pekan. Oleh karena itu, harga Bitcoin kemungkinan bisa saja turun setiap hari Senin. Anda juga dapat memantau harga Bitcoin ketika berada di garis dukungan. Ini merupakan level terendah dalam harga Bitcoin.

Namun, Anda tidak dapat menggunakan riwayat harga mingguan sebagai referensi tetap karena harga Bitcoin sulit untuk kami prediksi. Selain dua momen di atas, Anda juga bisa memperhatikan pendapat tokoh utama dan berita crypto terbaru demi mencari celah harga saat harga turun.

Juga, perhatikan sentimen pasar untuk melihat apakah nantinya Bitcoin akan bangkit kembali. Setelah memperoleh Bitcoin dengan nilai yang murah, Anda bisa menyimpannya hingga harga Bitcoin kembali melonjak dan dapat dijual kembali.

Cari tahu terlebih dahulu, apa motivasi serta tujuan dalam berinvestasi

Sebenarnya harga dari Bitcoin terbilang fluktuatif, tetapi pada umumnya grafiknya selalu meningkat. Ini merupakan investasi yang cocok bagi Anda yang sedang mencari investasi jangka panjang. Sebab Anda dapat menyimpan dana serta tidak harus menjual Bitcoin milik Anda sampai nilai dari aset tersebut lebih dari harga belinya.

Apabila memang Anda merupakan investor dengan tipe tersebut, maka Anda dapat membeli terlebih dahulu Bitcoin dalam nominal kecil secara berkala. Contohnya, Anda mulai berinvestasi pada Bitcoin yang setara dengan 100 ribu rupiah, kemudian secara rutin menyetorkannya bisa dalam hitungan minggu ataupun bulan.

Anda melakukan hal tersebut dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun. Dengan menggunakan cara tersebut, Anda tidak harus secara terus menerus mengawasi pergerakan pada harga pasar. Ketika Bitcoin mulai menurun atau terjadi sideways, maka Anda jangan panik.

Lebih cepat memang akan lebih baik, namun sebaiknya tidak melakukannya dengan terburu-buru

Berinvestasi pada Bitcoin memang mempunyai beragam kesempatan dan potensi menarik yang tidak bisa diprediksi dengan pasti di masa mendatang. Apalagi dengan perkembangan dunia digital seperti saat ini, dimana aset crypto semakin banyak digunakan. Karena itu, jika memang tertarik lakukanlah sejak dini. Namun, sebaiknya Anda melakukan riset secara matang dan tidak terburu-buru.

Anda harus memastikan jika memilih cara berinvestasi Bitcoin yang mudah dan aman. Agar bisa berinvestasi pada Bitcoin dengan mudah Anda dapat melakukannya melalui aplikasi digital yang belakangan ini banyak digunakan, yaitu Luno Indonesia.

Dimana aplikasi ini menyediakan begitu banyak akses bagi penggunanya mengenai aset crypto yang terpercaya dan tentunya legal, contohnya Ethereum, Bitcoin, Litecoin dan XRP. Anda juga bisa berinvestasi tidak hanya pada Bitcoin, namun juga aset lainnya, biayanya juga rendah mulai dari 0,75% dan tidak ada tambahan. Bahkan sudah dapat memulai investasi dengan uang sebesar 25 ribu rupiah.

Demikianlah informasi bagi Anda yang memang tertarik untuk berinvestasi pada saham crypto, tentunya masih banyak hal yang harus diperhatikan dan dipelajari mengenai Bitcoin dengan tujuan supaya tidak sampai terjerumus pada investasi bodong.