Pekerjaan Sampingan yang Dapat Dikerjakan Dari Rumah

s

Anda bisa melakukan kerja sampingan dari rumah asalkan dapat menemukan peluang yang tepat. Ada banyak sekali profesi yang dapat dipilih, sesuaikan dengan minat agar Anda lebih semangat ketika melakukan pekerjaan tersebut.

Lalu, apa saja pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan dari rumah? Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Kerajinan Tangan

Pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan adalah berjualan kerajinan tangan, seperti rajutan, sulaman dan masih banyak lagi. Apalagi bila Anda merupakan seseorang yang suka dengan kegiatan seperti itu, pasti dirumah sudah memiliki banyak hasil kerajinan yang Anda buat sendiri.

Harga untuk hasil kerajinan tangan bisa cukup tinggi bila Anda menjualnya pada tempat dan orang yang tepat. Maksudnya memang kepada mereka yang mengerti nilai dari seni. Bisa juga Anda jual melalui e-commerce atau sosial media.

Penulis Lepas

Apabila Anda memiliki keahlian atau suka dengan bidang menulis. Ini juga bisa menjadi sebuah kesempatan kerja dan menghasilkan uang yang cukup besar. Karena bila Anda memang pintar melihat peluang, Anda bisa membuka jasa penulis.

Misalnya membantu seorang blogger atau jasa menulis caption instagram. Walau pendapatan untuk satu kali terlihat kecil, namun bila Anda kumpulkan dalam waktu agak lama seperti satu atau dua minggu. Nominalnya bisa membuat Anda tersenyum lebar.

Usaha Kuliner

Bidang kuliner juga memiliki peluang besar dan pastinya bisa dikerjakan dari rumah. Anda bisa memilih untuk menjual hasil buatan sendiri atau membeli franchise, ingin makanan, minuman atau keduanya. Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu agar mengetahui apa-apa saja yang saat ini sedang menjadi kegemaran banyak orang.

Untuk promosinya, mungkin Anda bisa memulainya dengan meminta teman-teman dekat atau saudara agar mau membantu Anda memperkenalkan makanan maupun minuman tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitar mereka. Bisa juga dengan mendaftar dan berpartner dengan Grab food, Gofood atau Shopee food. 

Toko Online

Tentunya Anda tahu seberapa majunya teknologi saat ini. Dengan begitu tentu saja harus dimanfaatkan supaya bisa mendapatkan uang, Anda dapat membuka online shop dan menjual produk-produk pribadi atau menjadi reseller/dropshipper.

Kemudian Anda juga bisa memilih ingin berjualan dimana, misalnya e-commerce seperti tokopedia, shopee, lazada dan yang lainnya atau melalui media sosial, facebook, tiktok, instagram, whatsapp dan lainnya. Cukup pastikan apapun yang Anda jual, bukanlah produk atau suatu hal yang melawan hukum.

Menjual koleksi

Bila Anda adalah seseorang yang memiliki hobi mengoleksi suatu benda, misalnya tas branded, action figure, baju-baju pesta dan lainnya. Anda bisa menjualnya, apalagi jika barang tersebut memang limited edition.

Cara penjualannya bisa dengan sistem lelang, dimana Anda menentukan terlebih dahulu penawaran pertamanya, misalnya Anda menjual action figure limited edition dengan membuka bit 25.000 dan penawaran selanjutnya harus kelipatannya.

Jasa Penerjemah 

Anda memiliki kemampuan bahasa asing atau bahasa daerah yang baik? Atau sudah masuk grade pro? Maka Anda bisa menjual keahlian Anda untuk menerjemahkan buku-buku berbahasa asing/daerah ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Bayaran dari jasa ini cukup tinggi karena memang tidak banyak orang dapat melakukannya. Semakin tinggi skill dan jam terbang yang dimiliki, tentu akan semakin besar pula bayaran yang diberikan.

Desain Grafis 

Saat ini seseorang yang memiliki keahlian di bidang desain grafis sangat banyak dibutuhkan. Apalagi dengan semakin banyaknya konten kreator di Indonesia. Jadi, bila Anda adalah salah satunya, silahkan mencoba membuka jasa editing video ataupun foto. Bayarannya cukup menjanjikan loh.

Mengisi Survey Online

Bagi Anda yang memiliki media sosial pasti pernah mengikuti survei-survei berbayar atau berhadiah. Nah, ternyata ada juga platform yang memang khusus untuk melakukan survei dan orang-orang tersebut akan digaji bila berhasil menyelesaikan sejumlah kuesioner yang disediakan.

Beberapa platform tersebut bahkan membayar para penguji tidak dengan mata uang rupiah, melainkan dolar. Aplikasi yang terkenal itu, misalnya ViewPoint Facebook, SuveyOn, Mobrog dan masih banyak lagi.

Podcaster

Nah, untuk profesi ini di Indonesia makin banyak orang yang melakukannya. Bahkan memang dijadikan sebagai pekerjaan. Bila Anda menyukai bidang broadcast, bisa banget mencoba untuk membuat podcast. Beberapa platform media sosial dapat Anda jadikan sebagai sarana konten tersebut. Angkat saja topik-topik yang menarik minat penonton, namun ada baiknya tidak mengundang SARA atau politik.

Jastip (Jasa Titip)

Anda suka berbelanja, tetapi tidak memiliki dana untuk membeli barang atau produk yang disukai. Caranya mudah, buka saja jasa titip. Jadi, Anda membantu orang-orang yang ingin membeli sebuah produk namun mereka tidak mempunyai waktu untuk pergi ke tokonya secara langsung.

Bukankah ini terbilang sebagai peluang yang baik seperti sebuah pepatah yang mengatakan “sambil menyelam, minum air.” Walaupun barang-barang tersebut bukan milik Anda, tapi setidaknya keinginan Anda untuk bisa berbelanja dapat tersalurkan dengan lebih positif.

Nah, bagaimana menurut Anda profesi-profesi di atas. Cukup menarik, bukan! Anda tinggal memikirkan mana yang menarik dan sekira mampu untuk di jalani.