Peluang Investasi Kripto Untuk Para Milenial

Investasi kripto semakin populer beberapa tahun terakhir ini. Bahkan di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, masyarakat justru beramai-ramai mencoba peruntungan melalui kripto dan berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC).

Di akhir tahun 2020 hingga 2021 peminat kripto naik lebih dari 100% dan dari persentase tersebut, 64 persennya didominasi oleh para generasi milenial. Kaum milenial ini memang jauh lebih melek digital dibandingkan generasi sebelumnya. Sehingga investasi sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi kaum millennial.

Lantas, sebenarnya apa sih kripto itu ? Dan bagaimana peluangnya untuk para kaum milenial? Jika kamu termasuk generasi milenial yang tertarik dengan investasi kripto, yuk simak ulasan di bawah ini!

Mengenal Investasi Kripto

Kripto atau cryptocurrency adalah mata uang digital yang sebenarnya sudah ada sejak 2009 lalu. Dan yang pertama kali hadir sebagai mata uang digital ini adalah Bitcoin (BTC). 

Akan tetapi di kala itu, Bitcoin memang belum banyak peminatnya. Kemudian lambat laun jenis mata uang kripto ini makin bertambah. Beberapa di antaranya adalah Dogecoin, Binance (BNB), Ethereum (ETH), Litecoin, dan masih banyak lagi.  

Mata uang digital ini dapat digunakan sebagai alat transaksi atau pertukaran secara virtual. Namun di Indonesia sendiri mata uang kripto belum boleh digunakan untuk melakukan transaksi, hanya aset kripto saja yang diperbolehkan. 

Pada dasarnya, kripto diamankan dengan kode-kode rahasia atau biasa disebut kriptografi sehingga tidak akan mudah disalahgunakan. Karena dalam investasi kripto sifatnya desentralisasi.

Artinya tidak ada perantara dalam setiap transaksi. Meski begitu, seluruh transaksi tetap akan dipantau dan tercatat di jaringan aset kripto atau teknologi blockchain dan perlu diketahui juga, kripto termasuk investasi yang bersifat high risk, high return. 

Keuntungan yang akan kamu dapatkan memang sangat besar dibandingkan jenis investasi lainnya. Namun risiko kerugiannya juga tinggi bahkan dapat terjadi hanya dalam waktu sekejap. 

Hal ini disebabkan karena sulitnya memprediksi harga mata uang kripto. Dan jika melihat record dari Bitcoin, aset kripto fluktuasinya sangatlah tinggi. Sehingga dibutuhkan pengetahuan dan keberanian sebelum mengambil keputusan berinvestasi dengan aset kripto.

Millennial dan Investasi Kripto

Kripto menjadi aset yang lebih likuid dan safe haven daripada investasi yang lain. Karena sudah pasti tidak mudah dibajak dan aman untuk bertransaksi. Banyak kaum milenial yang memang sudah tidak percaya lagi dengan investasi-investasi yang menggunakan analisa dari pihak lain seperti penasihat keuangan. 

Misalnya investasi saham, obligasi, dan reksa dana. Para milenial jauh lebih tertarik melakukan analisa pasar sendiri. Nah, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kaum milenial doyan dengan aset kripto, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Familiar dengan Teknologi

Para generasi milenial saat ini tidak dapat dipisahkan dengan kecanggihan teknologi digital. Sementara aset kripto hadir di tengah teknologi digital yang semakin bertambah pesat.  

Maka tak heran jika generasi milenial lebih familiar dengan aset kripto. Apalagi sekarang sudah banyak platform digital yang menyediakan fasilitas bagi siapa saja yang tertarik berinvestasi dengan kripto.  

  • Tidak Percaya dengan Lembaga Keuangan 

Banyak dari kalangan milenial yang beralih ke kripto karena menghindari lembaga keuangan tradisional seperti perbankan, broker saham, sekuritas, dan manajer investasi. Sebagian besar meyakini bahwa sistem keuangan yang ada saat ini tidak efisien.

Untuk dapat berinvestasi pada aset kripto pun tidak butuh melalui proses yang panjang dan berbelit-belit. Sesuai dengan gaya hidup milenial yang lebih menyukai  hal-hal praktis. 

  • Informasi Mudah Didapatkan 

Saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui internet. Hal tersebut yang akhirnya membuat para milenial mudah mendapatkan seluruh informasi mengenai aset kripto secara up-to-date. Akses untuk mempelajari kripto juga sangat beragam. Tak hanya dari situs-situs tertentu, tetapi juga media sosial seperti Instagram dan Youtube. Bahkan semakin banyak pihak yang menawarkan kelas online. 

Lalu, bagaimana peluang investasi kripto untuk para milenial ? Berikut beberapa di antaranya :  

  • Adanya teknologi blockchain yang membuat transaksi dalam investasi kripto dapat dilakukan secara transparan, cepat, dan efisien. 
  • Tidak adanya batasan ruang dan waktu. Dan juga dapat diakses ke seluruh dunia.
  • Kedepannya, kripto dapat menjadi alat pembayaran yang sah, terutama di beberapa fintech, e-commerce dan juga UMKM. 
  • Aset kripto dapat dijadikan alternatif investasi yang potensial karena adanya diversifikasi produk investasi.   
  • Teknologi yang semakin canggih tentu akan mendorong minat masyarakat terutama kaum milenial untuk berinvestasi pada aset kripto. 

Nah, demikian tadi sedikit penjelasan mengenai apa itu kripto dan bagaimana peluangnya untuk para generasi milenial. Pada dasarnya, setiap instrumen investasi pasti ada lebih dan kurangnya masing-masing. Tak masalah jika kamu ingin mencoba investasi kripto, namun sebaiknya pelajari dulu sebelum mulai berinvestasi.