Pengertian Agribisnis Adalah dan Contohnya

Indonesia termasuk negara yang sumber penghasilannya didapatkan dari hasil pertanian, karena memiliki lahan yang luas dan subur. Apabila bisnis atau usaha pertanian bisa dimaksimalkan, maka hasil bumi dari tanah air dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Untuk dapat memaksimalkannya perlu konsep agribisnis, agribisnis adalah unit usaha yang berfokus pada bidang pertanian. 

Dalam tahap ini semuanya benar-benar dipahami dan ditentukan, baik dari sektor hulu serta hilirnya. Hal ini tentunya membuat agribisnis bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan mengulas secara lengkap mengenai pengertian agribisnis dan contohnya, untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasannya berikut ini. 

Mengenal Konsep Agribisnis

pengertian agribisnis

Menurut Paul Roy  pengertian agribisnis merupakan sebuah koordinasi yang memberikan sub sistem yang saling berkaitan dan mempengaruhi. Pada tahap ini semua prosesnya dari input, produk, pengolahan, dan pemasaran dilakukan secara menyeluruh untuk pertanian tersebut. Hal inilah membuat agribisnis menjadi pilihan yang menguntungkan untuk para petani. 

Dalam tahap ini prosesnya pertanian tidak lagi sebagai pengelolaan dan penjualan saja, tetapi lingkupnya sudah lebih luas dan menyeluruh. Apabila agribisnis bisa dikelola dan dimaksimalkan, maka menjadikannya sebagai industri yang tepat, karena akan ada tindakan komersial yang lebih luas dan menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan masyarakat nantinya. 

Oleh karena itu, konsep dari agribisnis ini diperuntukkan untuk bisa memperoleh dan memaksimalkan keuntungan dari hasil pertanian. Semuanya di konsep dan diatur secara menyeluruh baik dari pengelolaan, bahan baku, panen, proses pemasaran, dan sebagainya. Dengan demikian ekonomi yang diharapkan bisa hidup dan berkembang sesuai keinginan. 

Untuk itulah pengertian agribisnis harus bisa dipahami dengan jelas dan lengkap, sehingga membuat Anda akan bisa mengenalnya secara lebih dalam dan optimal. Dengan demikian proses inilah memberikan para bettor akan keuntungan besar dan maksimal kedepannya.

Manfaat Mengenal Agribisnis

Di Indonesia perkembangan mengenai agribisnis sudah mulai banyak dipilih dan diminati oleh masyarakat, tentunya sudah ada banyak contoh agribisnis. Hal ini dioptimalkan oleh beberapa kalangan masyarakat, karena memberikan keuntungan yang diharapkan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai manfaatnya. 

1. Meningkatkan Pendapatan 

Apabila hanya mengharapkan dari hasil pertanian saja rasanya tidak akan bisa mengikuti berbagai perubahan dan perkembangan zaman sekarang ini. Karena berbagai kebutuhan yang diinginkan terus meningkat dan mahal, apabila hanya bergantung pada hasil tani saja rasanya sudah tidak bisa memenuhinya secara maksimal untuk mendapatkan kelayakan. 

Jika pertanian bisa memaksimalkan dan menggunakan agribisnis, maka pendapatan yang diharapkan bisa memenuhi dan lebih untuk berbagai kebutuhan. Karena semua sektor pendapatan tidak lagi berfokus dari satu saja atau hasil pertaniannya. Dengan agribisnis membuat banyak kran lainnya terbuka dan membuat pendapatan akan bisa terus meningkat nantinya. 

2. Membuka Lapangan Pekerjaan 

Contoh agribisnis yang sukses itu bisa memberikan manfaat untuk orang banyak, salah satunya dengan memberikan dan menyediakan lapangan pekerjaan. Dalam konsep agribisnis melihat pertanian itu memenuhi semuanya dari hulu ke hilir. Proses ini membuat petani bisa lebih optimal menentukan dan mengelola secara keseluruhan berbagai bidang yang ada. 

Untuk dapat memaksimalkan dan mengoptimalkannya, maka perlu adanya tambahan tenaga kerja. Karena tidak mungkin untuk mengatur dan melakukannya hanya satu orang saja. Oleh karena itu, agribisnis sebagai peluang besar untuk memberikan dan menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat secara luas, terutama yang tertarik pada pertanian. 

3. Peluang Pertumbuhan Devisa 

Semakin banyak masyarakat yang mandiri dan mengelola pertaniannya membuat perekonomian dalam masyarakat akan hidup. Dengan demikian devisa negara yang akan didapatkan akan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentunya memberikan dampak yang luas, terutama dalam kemajuan bangsa dari hasil pengelolaan pertanian yang tepat dan menyeluruh. 

4. Menumbuhkan Kualitas Pertanian 

Mungkin untuk sebagian orang pertanian hanya level pekerjaan bawah, padahal apabila di konsep dan ditentukan dari konsep agribisnis pertanian menjadi punggung bangsa dan negara. Karena untuk memenuhi berbagai kebutuhan didapatkan dari pertanian. Dengan demikian apabila diatur dan dikonsep sesuai agribisnis, maka kualitas pertanian meningkat dan dilirik oleh generasi muda nantinya. 

Contoh Agribisnis Sederhana 

Sebenarnya untuk contohnya di Indonesia sendiri sudah banyak yang melakukannya dan prosesnya tidak membutuhkan lahan yang begitu luas. Salah satunya konsep agribisnis Anda dapat melihat dari perkebunan sayuran organik. Hal ini tentunya sebagai peluang besar, karena sekarang ini sudah mulai banyak masyarakat lebih peduli terhadap kesehatannya. 

Sehingga pemilihan sayuran yang berpestisida sudah tidak begitu diminati dan dihindari oleh beberapa lapisan masyarakat. Apabila Anda menggunakan konsep agribisnis, maka peluang kedepannya sangat besar, terutama yang di desa dan bisa memasok kebutuhan kota. Pada tahap ini itulah konsep atau contoh dari agribisnis yang sederhana. 

 

Dengan demikian agribisnis adalah konsep meningkatkan pertanian yang memperhatikan hulu dan hilirnya, sehingga kualitas pertanian bisa lebih baik dan makmur kedepannya.