Pengertian Apa Itu NPWP, Fungsi, dan Manfaat

Untuk Anda yang sudah bekerja mungkin sudah tidak asing mengenai apa itu NPWP, karena sudah sangat sering ditemui dan didengar. Karena sebagai warga negara Indonesia diharuskan untuk wajib pajak dan tertib untuk membayarnya. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat diminta untuk mengurus dan memiliki NPWP sebagai identitas yang diwajibkan untuk membayar pajak kepada negara. 

Dalam tahap ini setiap orang yang telah wajib untuk pajak, maka akan diberikan satu NPWP saja yang akan dengan jelas mengatur dan menentukan semua kewajiban yang harus dibayarkan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai NPWP adalah bagian penting yang harus dipahami dan dimengerti oleh masyarakat luas, simak penjelasannya secara menyeluruh. 

Mengenal NPWP

Pada dasarnya NPWP adalah singkatan dari nomor pokok wajib pajak yang diberikan oleh pemerintah untuk orang yang telah melakukan wajib pajak. Adanya NPWP tersebut sebagai identitas yang diperuntukkan sebagai tanda pengenal atau identitas dari wajib pajak dalam memenuhi berbagai hak dan kewajibannya secara menyeluruh yang berkaitan dengan pajak yang akan diberikan. 

Selain itu juga, NPWP tidak hanya sebatas identitas saja. Namun untuk memberikan kewajiban dan ketaatan pada wajib pajak untuk menunaikannya dan sebagai bentuk pengawasan yang dilakukan secara langsung. Karena dalam nomor NPWP yang diberikan berkaitan langsung dengan seluruh pajak yang wajib atau harus dibayarkan tersebut dengan jelas dan lengkap. 

Pada nomor NPWP itu terdapat 15 angka yang terdiri dari 9 digit untuk kode wajib pajak, 6 digita untuk kode administrasi. Jika untuk informasi lengkapnya, maka setiap nomor yang ada pada nomor NPWP tersebut memiliki arti yang jelas dan menyeluruh. Hal ini bisa Anda temui dan dapatkan informasi ketika langsung datang ke kantor pajak atau langsung browsing saja untuk informasi lengkapnya. 

Jenis-Jenis NPWP

NPWP pribadi

NPWP adalah bentuk nomor khusus yang diberikan pemerintah untuk seseorang atau lembaga dalam melakukan kewajibannya untuk membayar pajak. Semuanya diatur dan ditentukan hanya melalui NPWP yang diberikan tersebut. Dengan demikian adanya NPWP akan lebih mempermudah untuk membayar berbagai kewajiban yang harus diberikan kepada negara. 

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa jenis-jenis NPWP yang dapat Anda ketahui dan pahami secara menyeluruh, simak penjelasan lengkapnya. 

1. NPWP Perorangan atau Pribadi

NPWP pribadi dikhususkan untuk kebutuhan individu agar lebih mudah untuk memenuhi kewajiban pajaknya atau orang yang memiliki penghasilan yang jelas setiap bulannya. Dalam tahap ini beberapa kriteria yang diberikan untuk NPWP perorangan ini disesuaikan dengan beberapa ketentuan yang jelas dan ditentukan berdasarkan pada sumber penghasilan yang didapatkan.

Untuk Anda yang ingin mengajukan NPWP didasarkan pada penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan, pekerjaan bebas, dan penghasilan dari bisnis atau usaha yang dibuat. Beberapa sumber yang disebutkan tersebut akan dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal inilah pentingnya untuk memiliki dan memahami NPWP secara menyeluruh. 

2. NPWP Untuk Badan 

Tidak hanya diperuntukkan untuk kebutuhan individu saja, tetapi NPWP diberikan juga untuk kebutuhan perusahaan yang mendapatkan atau memperoleh pemasukan di Indonesia. Untuk itu setiap perusahaan atau badan usaha yang melakukan usaha dan memiliki pendapatan, maka wajib untuk memiliki NPWP dan wajib untuk membayarkan pajaknya kepada pemerintah. 

Dalam tahap ini termasuk untuk beberapa badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah atau badan usaha yang dikelola oleh swasta. Hal ini semuanya wajib diberikan NPWP khusus perusahaan dan tidak hanya NPWP pribadi saja untuk memenuhi kebutuhan pajaknya. 

Manfaat Adanya NPWP

Untuk Anda yang sudah mempunyai penghasilan, maka sangat penting untuk memiliki dokumen satu ini. Karena memberikan dampak dan manfaat yang jelas untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang ada. Berikut ini beberapa manfaat dari Anda yang mempunyai NPWP pribadi atau perusahaan, simak penjelasan lengkapnya.

1. Kebutuhan Administrasi 

Biasanya NPWP ini diminta untuk berbagai kebutuhan administrasi, terutama untuk Anda yang ingin membuat buku tabungan di Bank. tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan yang penting untuk dipenuhi, salah satunya memiliki NPWP. Hal ini tentunya menjadi dokumen penting yang harus diperhatikan untuk mempermudah berbagai urusan yang dimiliki. 

Jika Anda sewaktu-waktu membutuhkannya, adanya NPWP ini akan membuat semua agenda atau urusan yang ada dapat diurus dan dilakukan dengan sangat mudah. 

2. Permudah Urusan Pajak 

Jika Anda ingin mengurus pajak dengan adanya NPWP ini akan permudah segala jenis urusan yang berkaitan dengan perpajakan. Apabila Anda tidak mempunyai NPWP, maka biasanya tidak akan diperbolehkan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pajak tersebut. Tentunya ini telah menjadi kewajiban dan ketentuan para wajib pajak untuk memenuhinya. 

Setelah Anda memahaminya apa itu NPWP, jenis, dan manfaatnya tentunya beberapa penjelasan diatas sudah dapat mewakilinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda nantinya.