Pengertian Bank, Jenis, dan Produknya

pengertian bank

Pengertian Bank adalah sebuah perusahaan yang menghimpun uang dari nasabah berupa simpanan serta menyalurkan dana kepada masyarakat baik dalam produk kredit atau produk bank lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan menyeimbangankan finansial masyarakat dimasa kini dan untuk masa depan. Secara singkatnya, bank memiliki fungsi sebagai suatu lembaga penyimpanan uang dan peminjaman uang untuk masyarakat.

Terdapat beberapa fungsi serta jenis-jenis bank yang harus Anda pahami secara garis besar. Dimana setiap bank memiliki produk perbankan andalannya masing-masing namun semuanya bisa dikatakan memiliki tujuan yang sama yang bergerak dibidang keuangan untuk masyarakat.

Berikut Fungsi bank yang perlu Anda ketahui :

  •         Sebagai banda yang menghimpun uang masyarakat
  •         Sebagai badan yang dapat menyalurkan produk kredit ke masyarakat
  •         Sebagai badan penyedia layanan pembayaran dan peredaran uang
  •         Berfungsi sebagai media untuk meningkatkan kualitas keuangan masyarakat

Jenis-Jenis Bank

Badan usaha seperti bank sesuai dengan undang-undang yang berlaku terkait perbankan, bank sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni :

1.       Bank Umum

Pengertian dari bank umum yakni bank yang menjalankan kegiatan usaha dengan metode konvensional uang atau sesuai prinsip syariah yang pada prosesnya memberi jasa untuk jalur pembayaran.

Nah, bank umum sendiri juga terbagi menjadi dua jenis, seperti :

  •         Bank Umum Milik Negara, seperti contoh Bank BNIA, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BTN
  •         Bank Umum Milik Swasta, seperti contoh Citibank, CIMB Niaga, BCA, Danamon dll

2. Bank Perkreditan Rakyat

BPR atau Bank Perkreditan Rakyat merupakan bank yang menjalankan aktivitas usaha dengan sistem konvensional atau sesuai dengan prinsip syariah yang dimana aktivitasnya tidak memberi jasa alur pembayaran. Jenis bank satu ini adalah produk perbankan yang turut menerima simpanan dana berupa deposito berjangka waktu, tabungan serta bentuk lain.

Selain Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Umum, ada juga beberapa bentuk bank lain, yaitu :

3.    Bank Sentral

Bank sentral sendiri mempunyai tujuan untuk bisa mengatur jumlah dana yang beredar dalam perekonomian sebuah negara. Akan tetapi dalam prosesnya, bank sentral memiliki berbagai fungsi lain, seperti pelaksanaan kebijakan moneter, menangani penyelesaian giro, hingga dengan memberi izin, pembinaan, sampai mengawasi kegiatan perbankan.

4. Bank Syariah

Pada prosesnya, bank syariah memiliki produk perbankan yang berbeda dari bank konvensional, dimana bank tersebut memakai prinsip atau hukum syariah di dalamnya, demokrasi ekonomi sampai kehati-hatian dalam setiap keputusan. Produk bank yang ditawarkan oleh jenis bank syariah diperuntukan untuk dapat menunjang seluruh pelaksanaan terkait pembangunan nasional terkait meningkatkan kebersamaan, keadilan dan kesejahteraan.

Produk Bank Serta Layanannya

produk perbankan

Setiap bank mempunyai beberapa jenis produk bank dan layanan yang bervariasi. Dibawah ini terdapat daftar produk yang umumnya ditawarkan oleh pihak bank, antara lain :

1. Kredit

Produk perbankan yang pertama ini menjadi salah satu pilih utama banyak orang, fasilitas kredit dari sebuah bank terkadang sangat membantu banyak orang dalam melakukan sebuah transaksi untuk bisa mencapai tujuan tertentu.

2. Tabungan atau Dana Simpanan

Pihak bank mempunyai layanan dana simpanan entah dalam bentuk uang maupun barang serta surat berharga lainnya. Selain dijadikan sebagai wadah menyimpan uang atau menabung dengan aman serta terjamin, para nasabah juga akan memperoleh keuntungan dari suku bunga saat memiliki tabungan meski jumlah tidak terlalu tinggi.

Bank sendiri memberi layanan tabungan berbeda-beda sesuai kebutuhan para nasabah, entah dalam jangka yang panjang dan jangka yang pendek.

3. Deposito

Produk deposito adalah layanan dana simpan mirip seperti tabungan akan tetapi mempunyai perbedaan untuk jangka waktunya. Apabila simpanan atau tabungan bersifat fleksibel, maka deposit hanya bisa diambil saat tiba jatuh tempo. Untuk jangka waktunya sendiri produk deposito menawarkan beragam pilihan mulai dari tiga bulan, enam bulan, sampai dua belas bulan.

4. Giro

Produk berikut ini bisa dikatakan mirip tabungan, dimana giro adalah layanan simpanan dana dan penarikan bisa dilakukan kapan saja. Apabila tabungan biasa bisa menarik uang lewat ATM atau buku tabungan, sedangkan tabungan giro cuma bisa menarik uang memakai bilyet giro atau cek.

5. Layanan Jasa

Pihak bank saat ini memiliki layanan yang semakin lengkap saja, dan produk bank satu ini dapat digunakan para nasabah sebagai tempat pengiriman sejumlah uang, melakukan pembayaran internet, berbagai macam tagihan, listrik, sampai pembayaran telepon,pulsa dan lain sebagainya.

6. Reksa Dana

Produk bank yang terakhir adalah Reksa Dana yang merupakan media yang digunakan untuk menghimpun uang dari nasabah pemodal untuk nantinya diinvestasikan ke bursa efek, lewat Manajer Investasi. Lebih jelasnya, Reksa Dana sendiri adalah suatu instrumen untuk melakukan investasi dengan metode pembelian efek.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian bank, fungsi bank, hingga produk-produk yang biasa ditawarkan oleh bank pada umumnya. Bisa dikatakan semua bank beserta produk yang mereka miliki, tidak lain tujuannya adalah untuk bisa mensejahterakan masyarakat dalam urusan finansial.