Pengertian Bitcoin Adalah dan Cara Kerjanya

pengertian bitcoin

Sering kali Kita dipertanyakan tentang apa itu bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital yang tercipta pada tahun 2009, nama penemunya adalah Satoshi Nakamoto yang merupakan nama samaran. Akan tetapi sampai saat ini keberadaannya masih misteri dan masih belum terpecahkan. Bitcoin sendiri merupakan salah satu jenis cryptocurrency.

Saldo token dari bitcoin disimpan dalam sebuah kunci publik yang berfungsi sebagai alamat yang dipublikasikan ke dunia dan juga kemana orang-orang bisa mengirim bitcoin, dan kunci pribadi yang berfungsi PIN ATM, yang berfungsi sebagai rahasia yang tetap terjaga dan juga sebagai otorisasi transmisi dari Bitcoin.

Perbandingan Bitcoin juga tidak seperti mata uang lainnya yang suplainya tidak terbatas. Bitcoin hanya mempunyai suplai dengan total 21 juta yang dikelola didasari oleh algoritma. Transaksi Bitcoin dan seperti kripto lainnya tidak bisa dibatalkan, yang menjadi perbedaan dari mata uang. Jika melakukan transfer atau pengiriman. Bitcoin menjanjikan biaya transaksi rendah dibanding mekanisme pembayaran lainnya.

Cara Kerja dan Istilah dalam Bitcoin

bitcoin adalah

Sebelum menanyakan tentang bagaimana cara beli bitcoin maupun cara tambang bitcoin, sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara dan juga istilah dalam bitcoin. Cara kerja bitcoin merupakan hal yang sangat menarik untuk Kita bahas. Ada beberapa istilah-istilah didalam Bitcoin dan juga penjelasannya yaitu sebagai berikut :

1. Blockchain

Fungsi dari blockchain yaitu membuat buku besar publik secara bersama. Transaksi adalah “Blok” yang “Dirantai” dan dikirimkan ke kode,  dan membuat catatan yang permanen dari setiap transaksi yang ada. Teknologi dari Blockchain juga merupakan jantung dari 2.200 mata uang yang ada di kripto yang pasca hadirnya bitcoin.

2. Kunci pribadi dan publik

Seperti yang telah Kita baca sebelumnya, Dompet bitcoin berisi kunci publik dan juga kunci pribadi, Yang kemudian akan bekerja sama untuk memungkinkan pemilik dalam menandatangani transaksi lewat digital,dan juga memberikan bukti otorisasi.

3. Penambang Bitcoin

Tambang Bitcoin ataupun Penambang Bitcoin, secara istilah mengonfirmasi transaksi yang digunakan komputer dengan kecepatan yang tinggi, Biasanya dalam waktu 10 sampai 20 menit. Penambang akan dibayar atas usaha yang telah dicapai.

4. Transaksi pribadi yang aman dengan biaya sedikit

Jika sudah mendapatkan bitcoin  dari tambang bitcoin maupun beli Bitcoin, Kita juga bisa mentransfer kapan pun, dimana pun, juga mengurangi waktu dan juga potensi biaya yang timbul dari transaksi apa pun. Prosesnya tidak mengandung informasi yang pribadi seperti nama maupun nomor kartu kredit, bahkan menghilangkan informasi konsumen yang mungkin bisa dicuri dan disalahkan untuk kepentingan curang maupun pencurian identitas.

5. Potensi pertumbuhan besar

Berbagai Investor banyak beli Bitcoin dan juga menahannya, akan tetapi mempunyai taruhan jika di masa depan kepercayaan maupun penggunaan Bitcoin yang akan meningkat, maka dari itu nilai dari Tambang bitcoin juga akan ikut tumbuh dengan sendirinya.

6. Terhindar dari bank tradisional atau perantara pemerintah

Dikarenakan resesi hebat dan juga krisis keuangan, banyak dari investor ingin mempunyai mata uang alternatif yang di desentralisasi. Dikarenakan mata uang itu di luar kendali bank-bank umum, otoritas pemerintahan, dan juga pihak ketiga lainnya.

7. Harga tidak stabil

Pada tahun 2017, Bitcoin mengalami kenaikan harga dikarenakan adanya pencari keuntungan pasar yang bergegas didalam pasar Bitcoin. Keuntungan adalah kabar baik apabila Kita membeli bitcoin di tahun 2018. Karena, Pemborong bitcoin pada 2017 disaat itu harga bitcoin naik sampai sekitar 20.000 USD masih perlu untuk memulihkan dari kerugian yang dialami.

8.  Penggunaan terbatas

Tepat pada tahun 2019 perusahaan-perusahaan seperti Dish Network, Microsoft, dan Overstock.com mulai menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan tadi menerapkan berbagai pengecualian yang tidak searah dengan aturan dari perusahaan.

9. Tidak dilindungi SIPC

Securities Investor Protection Corporation atau yang disingkat SIPC. Merupakan perusahaan nirlaba yang terbuat oleh tindakan kongres yang bertujuan melindungi investor dari perusahaan yang berwenang dalam perusahaan jual beli investasi yang dipaksa bangkrut. Banyak dari anggota SIPC merupakan pialang dan juga dealer yang telah terdaftar dalam Securities Exchange Act of 1934, dan sebagian besar merupakan anggota NASD.

10. Risiko peretasan

Blockchain didalam Bitcoin banyak dipercaya masyarakat karena lebih aman dan juga mudah dalam mentransfer mata uang elektronik dibandingkan dengan transfer uang secara tradisional, Dompet bitcoin juga sangat diminati bagi para peretas. Seperti misalnya pada tahun 2019 yang lalu, menyebutkan bahwa banyak aku yang diretas dan dicuri dengan kerugian lebih dari 40 juta USD.

Meskipun begitu, bitcoin merupakan alat tukar yang kebal dari pemalsuan. Berikut ini adalah kelebihan dalam penggunaan bitcoin :

  • Keamanan yang ketat agar terhindar dari resiko yang sama.
  • Mampu berperan sebagai mata uang global.
  • Sebagai pelindung dari inflasi.
  • Dapat menjadi Tabungan yang tidak merepotkan.

Kekurangan dalam Bitcoin yaitu :

  • Tidak Stabil.
  • Sangat berisiko hilang atau dicuri.
  • Dijadikan sebagai alat pencucian uang.

Jadi dari penjelasan diatas,Bitcoin adalah salah satu mata uang virtual yang bisa Kita gunakan sebagai salah satu investasi, dan juga sangat menarik untuk dipelajari. Dan juga salah satu jenis cryptocurrency yang paling sering digunakan.