Pengertian CVV Adalah, dan Fungsinya

cvv adalah

Card Verification Value atau juga disebut CVV adalah 3 atau 4 angka pada digit terakhir yang berada dibalik sebuah kartu kredit, biasanya terletak pada samping kanan dari tanda tangan pemilik kartu. Digit-digit yang ada pada kartu berfungsi untuk bukti verifikasi pada saat transaksi secara online yang menggunakan kartu kredit.

Pada saat bertransaksi online maka akan diminta dalam memasukkan CVV untuk digunakan sebagai pengesahan pada proses pelunasan transaksi pembelian. Kode CVV sendiri juga digunakan di jenis kartu pembayar, contohnya yaitu kartu Paypal, dompet digital ataupun e-wallet yang berfungsi dalam menjamin keamanannya. 

Macam-Macam jenis kartu yang menggunakan CVV/CVC

Pengertian dari CVV sendiri sering disamakan oleh CVC atau kepanjangan dari Card Verification Code. Beberapa pemilik dari kartu digital lainnya juga menyebut dengan istilah CSC atau Card Security Code. Istilah-istilah tersebut mempunyai artian dan juga tujuan yang sama. Akan tetapi memiliki beberapa perbedaan yang terletak pada setiap kartu dari berbagai perusahaan penyedianya.

Ada 3 perusahaan penyedia debit atau juga kartu kredit yang menggunakan keamanan seperti ini, yaitu:

1. VISA dan MasterCard

Pada setiap kartu kredit yang mempunyai logo maupun lambang Visa dan juga MasterCard umumnya mempunyai 3 nomor kartu kredit atau CVV pada sisi bagian kanan dari tanda tangan dari pemilik kartu tersebut. Untuk mengetahui dengan cara melihat 3 digit angka yang terpisah dari nomor kartu kredit 

2. American Express

Beda halnya seperti kartu Visa maupun MasterCard, American Express memiliki CVV/CVC yang tercantum di bagian depannya kartu kredit tersebut. Perbedaan yang juga dimiliki kartu ini dengan yang lain yaitu kartu American Express ini mempunyai 4 nomor di CVV/CVC nya. Yang terletak pada bagian atas dari nomor kartu kredit yang memiliki ukuran sedikit kecil, namun bisa dilihat dengan jelas.

3. Paypal

Walaupun paypal adalah alat dalam pembayaran digital, Paypal juga dapat memberikan fitur dari CVV juga.  Agar dapat menggunakan kode CVV, pemiliknya harus mendapatkan akses dari member pada dashboard Paypal. Kemudian tinggal disesuaikan dengan pengaturan dalam kriteria yang diinginkan. Pada menu pengaturan yang memiliki beberapa pilihan jumlah yang diberikan izin sampai akun merchant yang dilanggani. 

Cara transaksi online menggunakan kartu kredit

Kartu kredit juga dapat dipakai dalam melakukan transaksi pembayaran melalui online. Berikut merupakan cara transaksi secara online menggunakan kartu kredit yang dapat digunakan dan juga langkah-langkahnya. 

  •         Memilih barang yang akan diproses untuk dibeli.
  •         Kemudian tentukan metode pembayaran.
  •         Setelah itu pilih opsi pembayaran melalui kartu kredit.
  •         Lalu Masukkan data dari kartu kredit.
  •         Masukkan juga kode CVV nya.
  •         Sistem akan mulai memproses dalam mengirimkan kode melalui nomor ponsel dari pengguna sebuah pop up berupa notifikasi ke dalam pesan singkat.
  •         Kemudian lakukan verifikasi transaksi dengan cara memasukkan kode yang telah dikirimkan sebelumnya.
  •         Proses pembayaran selesai.

Transaksi pada penggunaan Paypal juga memiliki perbedaan yang jauh pada urutannya. Akan tetapi, diperlukan untuk mengatur terlebih dahulu melalui menghubungkan emonye maupun e-wallet terlebih dahulu pada kartu kredit. 

Tips dalam menggunakan CVV pada kartu kredit

fungsi cvv

Beberapa orang mungkin belum mengerti apabila CVV merupakan suatu kode rahasia yang tidak dapat diketahui oleh orang lain apalagi untuk dibagikan. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips yang wajib dibaca dalam menggunakan CVV pada kartu kredit maupun pada saat menggunakannya dalam transaksi online.

Menutup kode CVV menggunakan selotip agar nomor tidak bisa terlihat dan diketahui orang lain.

Jangan sesekali untuk menyimpan kode CVV pada smartphone maupun catatan lainnya.

      Pastikan lagi jika kartu kredit hanya digunakan pada mesin EDC bukan melalui mesin kasir agar dapat menghindari dari penduplikasian data dari kartu kredit.

  •   Menggunakan sistem keamanan yang ganda dengan cara memasang PIN pada setiap transaksi yang diproses melalui kartu kredit secara offline.

Menghindari dalam penyimpanan data-data dari kartu kredit dan juga CVV pada suatu aplikasi agar dapat menghindari pencurian data.

  •     Memastikan untuk tidak asal meng-klik bahkan mengisi suatu formulir yang meminta data pada kartu kredit maupun kode cvv dengan dalih untuk digunakan dalam melakukan verifikasi oleh pihak manapun dan juga dari pihak penerbit kartu kredit.
  •    Segera untuk melakukan pemblokiran apabila terdapat suatu transaksi yang dicurigai atau tiba-tiba ada muncul sebuah pop up konfirmasi untuk  memverifikasi pembayaran pada smartphone.

 Untuk yang belum berpengalaman dalam penggunaan kartu kredit maka dari itu lebih baik lagi untuk mengetahui arti dari sebuah kode CVV. Dengan mengetahui pengertian, fungsi serta mengetahui cara kerja sebuah cvv pada nomor kartu kredit, maka dapat menghindarkan dari modus penipuan dalam pembobolan sebuah kartu kredit.