Pengertian Freelance Adalah dan Keuntungannya

freelance adalah

Dari jaman dulu, manusia yang ada di dunia pasti membutuhkan sebuah pekerjaan. Lewat pekerjaan inilah manusia bisa bertahan untuk hidup sampai memenuhi segala kebutuhannya. Semakin kesini terdapat perubahan pola pikir yang ada di dalam benak manusia, dimana sebagian orang sangat ingin memiliki sebuah pekerjaan yang lebih santai dan tidak dituntun oleh waktu. Menjadi freelance adalah jawabannya. Agar bisa memiliki waktu luang dirumah atau bersama keluarga.

Pengertian freelance sendiri mungkin sampai saat ini Anda belum terlalu memahami istilah ini. Freelance sendiri adalah sebutan untuk yang orang yang bekerja namun jam kerjanya bisa diatur atau disesuaikan. Itulah salah satu keuntungan kerja freelance. Lain halnya dengan karyawan perusahaan profesional, yang diwajibkan mempunyai jam kerja setidaknya delapan jam sehari.

Sekarang profesi menjadi freelance telah banyak diminati orang sebab beberapa pekerjaan freelance ini mempunyai profit atau prospek yang tidak kalah tinggi. Profesi freelance yang termasuk banyak disukai orang yakni menjadi desainer.

Agar dapat mencari seorang pelanggan, para desainer umumnya akan melakukan promosi lewat kemampuan yang dimiliki. Para desainer dapat dengan mudah memperoleh pelanggan ketika mereka menjadi salah satu anggota di sebuah situs atau platform. Kehadiran platform ini tentu menjadi wadah bertemunya seorang desainer dengan user lewat online serta dapat berkomunikasi.

Setelah Anda memahami pengertian freelance, perlu diketahui juga bahwa terdapat beberapa kelebihan jika berprofesi sebagai seorang freelancer. Nah, berikut beberapa keuntungan kerja freelance yang akan Anda rasakan.

 

Keuntungan Berprofesi Sebagai Freelancer

Cukup banyak orang yang mengatakan seorang freelancer memiliki pendapatan yang begitu besar. Tapi memang terdapat bukti bahwa pendapatan seorang freelancer yang hebat dan berpengalaman memiliki penghasilan yang begitu tinggi. Salah satunya adalah Bill Gates, merupakan orang terkaya di dunia sampai saat ini.

Anda perlu mengetahui banyak hal, bahwa bukan hanya mendapatkan uang yang banyak, seorang yang berprofesi sebagai freelancer juga merasakan banyak sekali keuntungan yang diraih, yakni diantaranya :

freelancer adalah

1.       Quality Time

Dapat Anda bayangkan apabila Anda bekerja dari rumah namun memiliki pendapatan yang besar. Anak dan pasangan Anda tentu akan sangat senang sekali akan hal ini. Pekerjaan tersebut hampir mirip dengan yang dilakukan oleh seorang investor. Akan tetapi, profesi freelance selalu menguras pikiran dan ide untuk suatu pekerjaan. Sementara investor bisa menikmati uang dan waktu yang akan terus mengalir dengan auto income.

Ada riset yang menyatakan bahwa seseorang yang berprofesi sebagai freelancer mempunyai tingkat kebahagiaan lebih tinggi dari pada seorang pekerja tetap pada umumnya. Sebab tidak jarang freelancer memiliki gaji lebih tinggi dari pekerja tetap dan mempunyai waktu lebih fleksibel.

2.       Kapanpun dan Dimanapun

Ketika Anda menjadi freelancer, Anda bisa mengatur waktu sendiri serta lokasi untuk Anda melakukan pekerjaan. Hanya perlu membawa laptop serta ponsel di dalam tas Anda, pekerjaan Anda akan menghasilkan uang dari beberapa pelanggan atau customer.

Dengan memiliki sistem waktu yang fleksibel dan lokasi yang juga tidak perlu berada dikantor, hal ini tentu akan semakin menambah nilai plus dan menjadi keuntungan kerja freelance yang dimana ketika orang bekerja pasti memiliki mood di jam-jam tertentu serta kejenuhan atau rasa bosan pada suatu tempat yang itu-itu saja akan turut mempengaruhi performa seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun hal tersebut sangat terbalik, dimana seorang freelancer dapat mengatur waktunya sendiri serta memilih lokasi yang paling cocok dan nyaman untuk dijadikan tempat melakukan pekerjaan dengan santai dan tenang.

3.       Kompetisi yang Sehat

Sampai saat ini dunia freelance sendiri mempunyai kompetisi yang begitu sehat.  Semua jenis yang berkaitan oleh aplikasi sudah mempunyai izin yang resmi dari pemerintah agar membuat para pengguna menjadi semakin nyaman.

Kebutuhan konten digital semakin tinggi, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di dunia saat ini. Hal ini membuat persaingan atau kompetisi di dunia freelance akan selalu sehat sebab setiap orang atau setiap freelance sudah memiliki lapaknya masing-masing dan bahkan bisa dikatakan dunia digital masih kekurangan para freelancer untuk bisa diajak kerja sama membangun suatu hal.

4.       Prospektif

Pengertian freelance sendiri pasti penjelasannya tidak jauh-jauh dari yang namanya perangkat laptop atau ponsel. Begitu banyak macam aplikasi yang bisa dipakai untuk dijadikan media sosialisasi sampai hiburan. Anda akan semakin sering melihat berbagai macam hal di dalamnya. Hiburan yang dimaksud adalah sebuah gambar, animasi, atau tulisan yang sering Anda baca dari hasil pencarian google. Itu semua dibuat oleh para freelancer yang bekerja.

Karena freelancer adalah profesi yang sangat erat kaitannya dengan dunia digital, karena dunia digital atau platform-platform kebanyakan akan selalu membutuhkan para freelance untuk bisa membangun bisnis digital mereka, dan pastinya tidak mungkin jika mengharapkan pekerja tetap untuk bisa melakukan hal tersebut.

 Saat ini banyak sekali platform yang dapat kamu gunakan untuk memulai pekerjaan sebagai freelancer. Salah satu situs ternama sribulance, memiliki data berupa kebutuhan job sebanyak 55.884 unit sedangkan freelancer terdaftar berjumlah 23.935 akun. Melalui data tersebut dapat dikatakan bahwa kesempatan untuk menjadi seorang freelancer sangat tinggi sekali. Apa kamu salah satu calon freelancer ?