Pengertian Investasi, Tujuan, dan Keuntungannya

Pengertian Investasi

Investasi adalah salah satu bahan pembicaraan yang berat dan pasti serius jika membahasnya. Tapi tahukah anda apa Pengertian dari Investasi itu sendiri? Jika anda hanya mengetahui investasi secara garis besar saja, anda wajib menyimak artikel ini sampai selesai dibawah, karena artikel ini akan mengulas dari Pengertian Investasi, tujuan investasi hingga keuntungan dalam investasi yang dapat anda peroleh.

Investasi jika diartikan secara umum merupakan kegiatan penanaman aset , dana, atau modal dengan jangka waktu yang telah ditentukan untuk memperoleh timbal balik atau keuntungan yang tentunya lebih besar dimasa depannya dan biasanya dilakukan oleh perusahaan atau bahkan perorangan.

Bagi orang yang sudah berpengalaman dan lama berurusan didalam dunia penanaman aset atau modal, tentunya istilah investasi tidak menjadi hal yang baru dan asing. Berbeda dengan orang yang masih awam atau pemula yang ingin mengetahui apa itu investasi.

Secara garis besar dan dengan penjabaran secara sederhana untuk anda pemula , investasi dapat diartikan dengan salah satu kegiatan atau cara untuk mengembangan atau mendapatkan keuntungan lebih dimasa depan dari  jumlah harta atau uang anda yang anda jadikan modal.

Tujuan Investasi

Dalam berinvestasi, tentunya anda harus memiliki tujuan. Apa saja sih tujuan dalam berinvestasi? Untuk apa saja investasi itu? Berikut beberapa tujuan dalam berinvestasi, yaitu :

  • Dengan berinvestasi, anda akan mendapatkan penghasilan atau pendapatan yang selalu tetap dan stabil dalam setiap satu periode . Pendapatan investasi bisa berupa dividen, royalti, uang sewa, bunga, atau sejenisnya.
  • Berinvestasi memiliki tujuan untuk membuat dana yang khusus untuk keperluan atau kebutuhan lain seperti dana untuk kepentingan sosial atau untuk kepentingan ekspansi.
  • Investasi untuk dapat mengatur atau mengontrol suatu perusahaan. Contoh : jika anda melakukan investasi dengan menanamkan modal ke sebuah perusahaan, anda bisa terlibat didalam mengambil keputusan.
  • Investasi dapat menjamin tersedianya bahan baku dan bisa terus mendapatkan pangsa pasar bagi produk yang telah dihasilkan.
  • tujuan investasi yang lain dan lebih dalam adalah untuk dapat menjaga hubungan antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain.
  • Investasi dapat mengurangi dan menghindari persaingan dengan perusahaan yang mempunyai bidang usaha yang sama.

Bentuk investasi secara umum

Bentuk dari investasi sendiri terbagi menjadi dua apabila dikategorikan secara umum, antara lain :

  1. Investasi aktiva riil. Dimana investasi ini dilakukan dalam bentuk nyata terlihat. Seperti : properti, tanah, emas, logam mulai, dan lain sebagainya.
  2. Investasi aktiva Finansial. Dimana investasi ini dilakukan dengan berbentuk sekuritas. Seperti : deposito, reksadana, saham, dan lain sebagainya.

Pengertian Investasi

Keuntungan berinvetasi

Dengan tujuan – tujuan umum investasi diatas, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan jika anda masuk dan mulai bermain investasi. Diantaranya :

  1. Investasi dapat meningkatkan aset. Contoh : jika untuk saat ini anda berinvestasi dengan membeli tanah (yang kita ketahui bahwa harga jual tanah setiap tahunnya akan mengalami kenaikan) ,  anda dapat menjualnya dikemudian hari atau dimasa depan saat harga tanah menjadi naik dari harga waktu anda membelinya. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut.
  2. Investasi dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan yang telah direncanakan di masa depan. Contoh : banyak orang – orang atau masyarakat kita yang membeli emas untuk berinvestasi . Tujuannya adalah untuk kedepannya dapat dijual lagi pada saat harga emas melambung tinggi dan biasanya digunakan untuk biaya pendidikan atau dana darurat.
  3. Investasi dapat membuat gaya hidup seseorang yang sebelumnya bisa dikatakan boros menjadi gaya hidup yang lebih hemat dan bermanfaat. Contoh : jika anda memaksakan diri anda untuk berinvestasi dengan tetap sesuai dengan dana yang anda punya, anda akan menjadi rutin mengalokasikan dana ke tempat yang lebih penting yang dapat memberikan anda keuntungan daripada anda gunakan untuk berfoya – foya.
  4. Dengan berubahnya gaya hidup anda menjadi lebih bermanfaat serta komitmen, dan melakukan investasi secara teratur dan terjadwal, anda akan dapat menghindari terjeratnya hutang.
  5. Investasi tidak selalu muluk – muluk memerlukan biaya lebih atau besar. Saat ini banyak program investasi yang dapat disesuaikan dengan dana atau budget yang anda miliki . Jadi anda tidak perlu khawatir dengan beban investasi.
  6. jika anda seorang karyawan dan berkomitmen selalu berinvestasi, anda akan menjadi seseorang dengan kebebasan financial atau biasa disebut dengan financial freedom. Karena dengan terus berinvestasi, anda bisa mendapatkan keuntungan atau passive income setiap bulannya diluar gaji yang anda terima (jika anda seorang karyawan).
  7. Investasi juga dapat menggandakan atau meningkatkan aset yang anda miliki.

Bagaimana dengan ulasan mengenai Pengertian Investasi hingga keuntungan yang didapat dari berinvestasi? Apakah anda tertarik untuk mulai melakukan investasi? Yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi, anda harus selalu cermat dan teliti dalam memutuskan atau memilih suatu investasi agar tidak merugikan anda kedepannya. Selamat berinvestasi.