Pengertian, Jenis, dan Contoh Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

kegiatan ekonomi

Kegiatan seperti membeli dan menjual barang hingga memproduksi barang, itu semua merupakan contoh dari kegiatan ekonomi yang sering Anda jumpai sehari-hari. Dimana kegiatan tersebut sangat penting sebagai sebuah sarana untuk pemenuhan serta keuntungan di dalam siklus ekonomi masyarakat.

Tapi apakah Anda mengetahui apa itu kegiatan ekonomi serta apa jenis dan contoh dari aktivitas ekonomi tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan pada artikel ini sampai habis.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Secara garis besar, kegiatan ekonomi merupakan segala hal yang dilakukan oleh masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup, dan kegiatan ini meliputi produksi barang, konsumsi, hingga distribusi.

Seluruh lapisan masyarakat pastinya akan ikut terlibat pada kegiatan tersebut. Dalam kegiatan ekonomi ini selalu ada yang namanya pertukaran barang atau jasa dan melibatkan nilai uang. Misalnya seseorang membeli minuman seharga 10 ribu di warung atau seorang pekerja yang menerima upah karena kerjanya dalam satu bulan.

Uang dan pertukaran barang ini adalah salah satu cara manusia supaya dapat terus bertahan hidup. Dari kasus penjual minuman dan pembelinya, seorang pembeli memperoleh minuman untuk memenuhi hasrat dahaganya, sedangkan si pemilik warung memperoleh uang yang nantinya dapat digunakan sebagai tabungan atau modal usaha.

Tujuan dari Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi mempunyai dua tujuan utama yang berkaitan dengan uang. Pertama yaitu sebagai sarana memenuhi kebutuhan konsumen. Kedua, sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Itulah inti pokok dari tujuan kegiatan ekonomi.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Untuk kegiatan ekonomi sendiri dapat terbagi menjadi 3 jenis ataupun kelompok, yang pertama produk, lalu konsumsi serta distribusi. Ketiga hal ini mempunyai hubungan saling berkaitan untuk dapat memenuhi kehidupan dari para pelaksana kegiatan ekonomi. Berikut ulasan lengkap dari ketiga poin tersebut.

1.    Produksi

Suatu kegiatan yang tujuannya untuk mendapatkan serta menaikkan nilai guna suatu barang atau jasa. Dimana kegiatan tersebut begitu penting untuk pemenuhan kebutuhan hidup seseorang atas sebuah barang. Produknya pun dapat berupa beberapa jenis yakni barang yang masih mentah, setengah jadi atau barang sudah jadi.

Contoh dari kegiatan produksi seperti sebuah pabrik beras, menggiling pada, lalu menyortir padi terbaik, kemudian memasarkan padi dalam bentuk beras yang telah diberikan merek.

2.    Konsumsi

Aktivitas untuk memakai, menghabiskan atau mengurangi suatu nilai guna dari barang tertentu. Orang yang melakukan aktivitas konsumsi ini biasa disebut dengan konsumen. Seluruh orang tak akan bisa hidup semestinya jika tidak melakukan kegiatan bersifat konsumtif.

Contoh dari kegiatan konsumsi, misalnya Bella membeli makanan di warung cepat saji di samping kantor dan Bella membeli sebuah pakaian di mal depan rumahnya.  Dilihat dari contoh barusan Anda bisa melihat sendiri bahwa kegiatan konsumsi ini identik dengan transaksi pembelian.

3.    Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan yang tugasnya untuk menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Kegiatan tersebut sangat penting untuk membantu produsen memasarkan barang mereka serta membantu pihak konsumen memenuhi kebutuhan mereka.

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Anda mungkin dapat dengan mudah menjumpai atau merasa melaksanakan kegiatan ekonomi dalam kehidupan Anda sehari-hari. Dibawah ini terdapat beberapa contoh kegiatan ekonomi masyarakat yang sering terjadi sekitar Anda.

1.    Kegiatan Ekonomi Produksi

Negara Indonesia menjadi salah satu bangsa dengan memiliki kualitas biji kopi terbaik. Kondisi ini lalu dimanfaatkan oleh para perusahaan untuk melakukan pengolahan biji kopi yang mentah dijadikan bubuk siap minum. Nah, kopi siap saji ini lalu dijual dengan nilai jual yang sudah disesuaikan oleh besaran biaya produksi.

2.    Kegiatan Distribusi

Pihak pemerintah pusat melakukan penjualan serta memasarkan produk pangan pilihan dari negara sendiri ke negara-negara lain. Hal tersebut selain sebagai upaya pendistribusian produk lokal namun juga ikut mengangkat kualitas dari produk supaya dapat bersaing di lingkaran internasional.

3.    Kegiatan Ekonomi Konsumsi

Untuk kegiatan konsumsi adalah aktivitas yang menghabiskan atau memakai suatu nilai guna barang supaya dapat memenuhi kebutuhan. Misalnya seorang konsumen membeli roti di toko roti terdekat lalu disajikan untuk dimakan di sore hari bersama keluarga.

4.    Kegiatan Ekonomi dengan Memanfaat SDA

Kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan sumber daya alam umumnya terjadi di bidang pertanian, perkebunan, sampai pertambangan. Seperti contoh, perusahaan tambah batubara yang menggali fosil dari endapan bumi yang nantinya dijadikan sumber bahan bakar yang akan bermanfaat untuk seluruh industri lain yang membutuhkan.

5.    Kegiatan Ekonomi Perdagangan

Aktivitas perdagangan merupakan kegiatan jual beli dimana akan mempertemukan seorang pedagang dan juga pembeli. Anda dapat melihat langsung kegiatan tersebut di pasar atau di kawasan perdagangan lainnya. Banyak para pedagang buah dari pagi hari sudah menawarkan hasil kebun ke para konsumen untuk membeli.