Pengertian Kebutuhan Primer dan Contoh-contohnya

Setiap manusia memiliki berbagai macam kebutuhan primer, sekunder, dan juga tersier yang wajib untuk dipenuhi supaya mempunyai kehidupan yang layak. Namun faktanya berbagai kebutuhan tersebut dibutuhkan tidak hanya untuk dapat bertahan hidup saja, namun juga untuk dapat menunjukkan eksistensi dari setiap diri manusia sebagai seorang makhluk sosial. 

Pada ilmu ekonomi, kebutuhan manusia telah dibedakan dari intensitas kepentingan nya. Oleh karena itu, mari pelajari lebih lanjut mengenai kebutuhan manusia berikut ini.

Kebutuhan primer

Primer dulunya berasal dari kata Primus yang memiliki arti pertama. Untuk kebutuhan primer yaitu adalah sebuah kebutuhan pokok yang biasanya muncul secara alami supaya manusia bisa bertahan hidup. Apabila kebutuhan itu tidak dapat dipenuhi, maka secara otomatis manusia akan terancam. Contoh kebutuhan primer tersebut yaitu sandang, pangan, dan papan. Jika tidak ada pangan, maka manusia akan meninggal. Jika tidak ada sandang dan pangan, secara otomatis manusia akan rentan untuk terkena penyakit.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan yang satu ini posisinya berada ditengah tengah. Pada umumnya kebutuhan ini akan muncul secara alami selepas seluruh kebutuhan primer bisa terpenuhi. Karena fungsi yang ada pada kebutuhan Sekunder merupakan sebuah menunjang untuk hidup manusia.

Jika kebutuhan Sekunder ini tidak dapat terpenuhi, maka hidup manusia tidak merasa terancam. Tak hanya itu saja, kebutuhan Sekunder untuk masing masing orang juga berbeda beda.

Terdapat beberapa contoh kebutuhan Sekunder yaitu seperti smartphone, hiburan, koneksi internet, sepeda, mobil, dan hal hal lainnya yang bukan termasuk ke dalam kebutuhan pokok manusia.

Kebutuhan Tersier

Untuk kebutuhan tersier yang berasal dari kata Teririus memiliki arti ketiga. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi jika kebutuhan Primer dan juga Sekunder sudah terpenuhi. Pada umumnya kebutuhan ini berfungsi untuk dapat meningkatkan status sosial dari manusia. Contoh kebutuhan ini merupakan perhiasan, liburan keluar negeri, pakaian mahal, rumah mewah, dan juga kendaraan mewah. Contoh kebutuhan tersebut tentu saja berbeda dengan contoh kebutuhan primer. 

Tidak hanya 3 kebutuhan  tersebut saja yang ada di dalam hidup manusia, tetapi ada pula kebutuhan lain yaitu kebutuhan menurut sifat berdasarkan atas kebutuhan Rohani dan juga kebutuhan Jasmani. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai kebutuhan menurut sifat yang harus anda ketahui.

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan Jasmani merupakan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan oleh badan atau Jasmani. Misalnya saja seperti yang termasuk pada kebutuhan Jasmani di dalam bentuk barang seperti makanan, obat obatan, minuman, pakaian, serta vitamin. Ada pula yang tergolong ke dalam kebutuhan Jasmani pada bentuk jasa antara lain seperti mendengarkan music, menonton televisi  dan kebutuhan rekreasi.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan Rohani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh jiwa atau Rohani yang ada dalam diri manusia masing masing. Contohnya seperti untuk menyegarkan pikiran seperti manusia membutuhkan liburan, manusia membutuhkan Siraman Rohani dalam bentuk nasehat keagamaan dan juga petunjuk lainnya, serta untuk menguatkan Iman, untuk dapat meningkatkan keterampilan dan juga mencerdaskan pikiran pada setiap diri manusia.

Adapun kebutuhan menurut subjek berdasarkan kebutuhan dari masing masing manusia dan juga kebutuhan untuk bersama sama berikut ini penjelasan untuk kebutuhan menurut subjek yang harus anda pahami.

Kebutuhan Individu

Kebutuhan yang pertama yaitu adalah kebutuhan individu yang merupakan kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi secara perorangan atau individu. Misalnya saja seperti, kebutuhan makan, pakaian, minum, sepatu, dan hal lainnya. Kebutuhan ini tentunya berbeda-beda untuk setiap manusia. Contohnya saja seperti seorang karyawan yang membutuhkan pakaian bagus untuk pergi ke kantor serta sepatu untuk menunjang penampilannya.

Kebutuhan Bersama

Selanjutnya yaitu kebutuhan kolektif yang merupakan kebutuhan yang wajib sekali untuk dipenuhi demi kepentingan bersama dan dilaksanakan secara bersama sama juga. Kebutuhan yang satu ini biasanya berbentuk seperti angkutan umum, listrik, jalan protokol, dan juga jembatan. 

Tidak sama dengan contoh kebutuhan primer, kebutuhan bersama yang satu ini tidak berbentuk misalnya saja seperti kebersihan, ketertiban, keamanan, dan lain lainnya. Berbagai macam kebutuhan bersama tersebut dapat dilaksanakan secara umum, dengan jalan usaha bersama atau juga dibiayai oleh dana pemerintah dari uang pajak.

Perkembangan Kebutuhan Manusia

Melihat perkembangan zaman yang semakin canggih, kebutuhan manusia juga semakin berkembang. Klasifikasi kebutuhan tersebut berdasarkan dari intensitas yang tidak bersifat mutlak. Kebutuhan primer setiap manusia yang satu dengan lainnya dapat berbeda beda. 

Saat ini ponsel merupakan kebutuhan primer untuk pekerja kantoran pada bidang jasa. Karena ponsel sangat dibutuhkan oleh mereka supaya dapat bisa bekerja.Namun untuk petani yang berada di desa, ponsel merupakan kebutuhan sekunder atau bahkan juga Tersier. Anda harus mengetahui kebutuhan pribadi serta harus mengelompokkannya pada tiga pembagian kebutuhan tersebut yang bertujuan supaya anda mengetahui kebutuhan yang harus lebih dulu diprioritaskan untuk kehidupan Anda.