Pengertian Komoditas Adalah dan Jenis-jenisnya

pasar komoditas

Seberapa dalam pengetahuan Anda tentang komoditas? Artikel ini akan membahas pengertian komoditas adalah dan jenis-jenisnya secara lengkap di bawah ini.

Definisi Pasar Komoditas

Pengertian komoditas secara umum adalah suatu produk atau barang yang dapat diperjual belikan untuk memperoleh keuntungan, juga bisa ditukarkan dengan barang lain yang bernilai sama. Menurut para ahli, komoditas dapat diartikan sebagai sebuah benda yang berwujud dan biasanya memiliki nilai jual atau beli, bisa disimpan, dan bahkan ditukar dengan produk lainnya.

Kata komoditas sendiri berasal dari bahasa asing yaitu commodity yang artinya suatu yang memberikan kesenangan dalam kualitas dan juga layanannya. Istilah ini sudah digunakan pada abad ke-15 oleh masyarakat Inggris untuk menunjukkan suatu metode mengukur sesuatu secara tepat. Misalnya, ketika mengukur kualitas, keuntungan, keadaan atau kondisi, bahkan untuk mengukur kemampuan menghasilkan sesuatu.

Pasar komoditas merupakan suatu tempat atau pasar yang di dalamnya terjadi pertemuan antara penawaran komoditas/barang dan permintaan. Ini merupakan pasar yang memperjualbelikan barang yang laku di pasaran internasional. Pengertian komoditas sendiri adalah bahan baku dasar yang diperdagangkan dengan barang lain yang tipenya sama atau sejenis.

Di pasar ini, ada banyak jenis komoditas yang diperjualbelikan. Mulai dari jasa, hasil industri, kehutanan, pertambangan, hingga hasil pertanian yang memiliki standar internasional. Adapun kegiatan utama dari pasar ini adalah transaksi yang terjadi antara komoditas/barang yang diperjualbelikan.

Ada dua 2 cara yang dapat dilakukan dalam perdagangan di pasar ini, yaitu yang bersifat efektif seperti physical trading (perdagangan fisik) dan yang bersifat spekulatif seperti future trading (perdagangan berjangka). Sedangkan untuk anggota pasar secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu anggota luar biasa dan anggota biasa. Tentunya dalam perdagangan komoditas juga ada risiko yang harus dihadapi, hal ini bisa disebabkan oleh fluktuasi harga ataupun gagal janji.

Permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar ini sangat menentukan harga komoditas/barang. Untuk permintaan akan ditentukan oleh substitusi, penggunaan baru, pertambahan penggunaan, atau karena pertambahan penduduk. Sedangkan penawaran bisa dipengaruhi oleh cuaca yang baik atau buruk, musim, bencana alam, perdamaian, perang, insentif pemerintah, larangan, atau pertambahan kapasitas produksi.

Jadi, penyebab pergerakan harga komoditas bisa dikarenakan banyak faktor. Akan ada permintaan yang tidak terpenuhi apabila pasar memiliki keterbatasan barang, dan begitu juga sebaliknya.

Perkembangan Pasar Komoditas di Indonesia    

Sejak zaman kuno, kegiatan pasar ini di Indonesia sudah berlangsung baik secara lintas negara maupun domestik. Berdasarkan sejarah, sejak era Majapahit dan Sriwijaya telah terjadi terjadi transaksi antar wilayah. Bahkan ada pedagang dari India dan China yang telah melakukan transaksi jual beli komoditas, seperti rempah-rempah, gula, serta beras.

Hingga masa penjajahan pun perdagangan ini terus berlangsung.  Dan bahkan ketika Indonesia sudah merdeka perdagangan komoditas masih terjadi di negeri-negeri jiran melalui bursa berjangka secara tradisional.

Mengenal Beberapa Jenis Komoditas      

 

Ruang lingkup yang dimiliki komoditas sangat luas. Secara umum dimanfaatkan sebagai objek transaksi perdagangan sehingga membaginya kedalam empat jenis komoditas:

Logam

Komoditas pertama yang masuk dalam jenis pertambagan adalah logam berharga dan logam industri. Untuk jenis logam berharga diantaranya ada palladium, platina, perak, dan emas. Komoditas logam ini dalam ruang lingkup perdagangan internasional akan dihitung dengan satuan troy ons. Khusus emas juga bisa menggunakan satuan kilogram.

Sedangkan untuk logam industri mencakup karbon, besi, titanium, cobalt, magnesium, aluminium, timah, nikel, tembaga, dan lain sebagainya. Produk tambang ini umumnya diperjualbelikan dalam satuan metrik, ton, kilogram dan ons.

Pertanian

Komoditas pertanian meliputi berbagai produk hasil pertanian dan perhutanan. Untuk pertanian diantaranya ada kedelai, gandum, garam, gula, kopi, beras, jagung, dan lain-lain. Sedangkan untuk komoditas perhutanan meliputi karet, rotan, kapas, sawit, dan lain-lain yang diperjual belikan dalam satuan ons, kilogram, gantang, atau ton.

Energi 

Komoditas jenis energi meliputi berbagai produk eksplorasi dan tambang yang mempunyai fungsi sebagai bahan bakar. Antara lain yaitu minyak bumi dan batu bara yang berbentuk bensin tanpa timbal, brent crude oil, light sweet crude, crude oil, diesel, dan bensin. Sedangkan satuan yang diperjual belikan untuk komoditas energi dihitung dengan metrik, barret, dan ton.

Peternakan      

Komoditas jenis peternakan memiliki berbagai varian produk yang dihasilkan oleh peternakan, mulai dari pakan, daging, dan susu. Contohnya pakan ternak, susu, daging bebek, daging ayam, daging sapi, ikan, bebek, ayam, kambing dan sapi dalam satuan pon.

Kesimpulan   

Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa komoditas adalah bahan baku dasar yang diperjualbelikan oleh institusi maupun individu di pasaran. Beberapa komoditas yang paling banyak diminati di antaranya ada perak, emas, kopo, hingga minyak mentah. Jadi, itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada pembaca. Semoga menambah ilmu Anda.