Pengertian Manajemen Fungsi dan Manfaat Bagi Bisnis

manajemen

Merealisasikan ilmu manajemen pada kehidupan sehari-hari tentu tidak bisa Anda praktekkan jika tidak mengetahui apa itu arti dari manajemen sebenarnya. Pengertian tentang ilmu manajemen secara garis besar wajib Anda ketahui supaya bisa diterapkan dengan benar.

Secara garis umum, manajemen merupakan sebuah proses yang mana seseorang bisa mengatur semua hal yang dikerjakan kelompok atau individu. Manajemen harus diterapkan guna untuk mencapai target atau tujuan dari sebuah kelompok atau individu secara kooperatif memanfaatkan sumber daya yang ada.

Dari pengertian ini, ilmu manajemen bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk mengatur suatu hal supaya target yang diinginkan bisa tercapai. Sebenarnya, hal tersebut sudah sangat sering terjadi pada kehidupan nyata. Semua orang juga tentu pernah menerapkan ilmu manajemen meski tidak secara tidak sadar di hari-harinya.

Selain itu, ilmu manajemen juga bisa diartikan berdasarkan etimologinya, dimana manajemen merupakan sebuah seni yang melaksanakan dan mengatur, di dalam bahasa Prancis kuno. Tidak hanya itu, manajemen juga bisa diartikan sebagai upaya koordinasi, perencanaan, dan pengaturan semua sumber daya yang tersedia agar bisa mencapai target dengan efektif serta efisien.

Mempraktikkan ilmu manajemen, tinggi harapan agar sesuatu yang saat ini sedang dilakukan bisa selesai dengan baik dan tepat waktu dan tidak menyisakan suatu hal yang sia-sia.

Fungsi Manajemen Secara Umum

  • Perencanaan

Perencanaan merupakan penetapan atau pemilihan tujuan organisasi serta penentu strategi yang diperlukan agar bisa mencapai tujuan. Lewat perencanaan, bisa melakukan penilaian alternatif di pengambilan keputusan supaya memperoleh pilihan terbaik dari pilihan alternatif lainnya.

  • Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan rangkaian  terkait pembagian jobdesk yang akan dilakukan dan proses pengembangan keorganisasian berdasarkan tujuan sebuah perusahaan.

Tujuan pengorganisasian wajib dilakukan dengan baik supaya bisa mengatur berbagai sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Jika demikian, sumber daya para perusahan bisa berfungsi dengan optimal serta mampu melaksanakan pekerjaan dan perannya masing-masing dengan efektif.

  • Fungsi Penempatan

Seorang pemimpin mempunyai tugas untuk menempatkan karyawan atau sumber dayanya berdasarkan kebutuhan perusahaan. Jika dilakukan dengan baik, maka proses untuk mencapai target atau tujuan perusahaan bisa berjalan dengan baik dan efektif.

  • Pengarahan

Pengarahan merupakan sebuah tindakan supaya seluruh anggota kelompok bisa berusahan mendapatkan tujuan berdasarkan rencana manajerial dan usaha. Fungsi tersebut bertujuan untuk mengendalikan atau mengarahkan supaya pekerjaan semakin efisien dan efektif.

  • Pengawasan

Tujuan pengawasan atau controlling yaitu untuk menilai sebuah pekerjaan yang sudah dilakukan oleh para pekerja atau SDM perusahaan. Pengawasan sendiri tentu sangat penting diterapkan sebab fungsi tersebut dapat menentukan kualitas produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan bisa berjalan baik atau malah sebaliknya.

Manfaat Penerapan Bisnis Bagi Sebuah Bisnis

  • Perencanaan Bisnis

Fungsi dasar dari manajemen tentu adalah perencanaan. Sebuah perencanaan sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis yang mana tahap tersebut dapat dilakukan pemilihan tujuan perusahaan. Hal ini nantinya akan dijadikan sebagai penentu serta sekaligus pertimbangan berbagai macam strategi kebijakan yang berhubungan dengan anggaran serta tahap-tahap yang akan dilakukan.

  • Perencanaan Peonrganisasian

Berikutnya yaitu pengorganisasian yang terdapat beberapa aspek yang berkaitan untuk bisa mencapai sebuah target perusahaan. Contohnya seperti SDM serta kegiatan utama dari perusahaan, kelompok kerja, pengembangan organisasi dan pembagian  tanggung jawab pekerjaan untuk masing-masing posisi.

  • Penyusunan SDM

Selain itu manajemen juga berperan untuk menyusun SDM yang mana pada tahap pengembangannya, seperti penerimaan karyawan baru. Tidak hanya itu, pemberian orientasi ke karyawan juga perlu dilakukan supaya mereka bisa bekerja dengan profesional, kreatif dan produktif.

Fungsi ilmu Manajemen untuk Bagian Pengarahan

ilmu manajemen

Terdapat fungsi lain dari manajemen yakni untuk pengarahan, yang mana pengarahan bisa menentukan jenis pekerjaan seperti apa yang perlu dilakukan. Hal tersebut antara lain:

  • Pengawasan

Pengawasan adalah tahap pengendalian serta penerapan strategi dan cara untuk menjamin sebuah rencana berdasarkan apa yang diterapkan

  • Koordinasi

Koordinasi dilakukan yakni dengan melakukan rapat atau pertemuan terhadap orang terkait pada sebuah perusahaan. Pengkoordinasian akan meminimalisir terjadinya persaingan tidak sehat antar karyawan.

  • Pelaporan

Semua kegiatan yang dilakukan di dalam suatu perusahaan tentu tidak akan mempunyai arti apa-apa bila tidak diterima dengan baik lewat sebuah laporan.

  • Budgeting

Budgeting adalah penetapan sejumlah anggaran yang mempertimbangkan sejumlah aspek penting seperti kebijakan perusahaan, tujuan, perkembangan ekonomis, data sebelumnya, hal terkait kompetitor bisnis serta kemungkinan terjadinya perubahan kebijakan dari pemerintah.

  • Pemberi Instruksi

Tahap satu ini merupakan manfaat manajemen dalam menjalankan suatu bisnis yang mana pada prosesnya berperan sebagai bentuk pembinaan, saran serta instruksi ke bawahan untuk mereka melaksanakan pekerjaan dan tugas dengan baik supaya tetap berada di alur yang sebenarnya guna untuk mencapai target dari perusahaan tersebut.