Pengertian Rekening Koran, Fungsi, dan Cara Membuatnya

cara cek rekening koran

 Sebelum masuk kedalam pembahasan tentang rekening koran, ada baiknya untuk mengenal apa itu rekening koran. Pengertian rekening koran menurut KBBI  mempunyai arti dalam hubungan mengenai utang piutang dalam periodik pada perhitungan penyelesaian atau juga mengenai rekening pribadi dari bank.

Pengertian rekening koran juga disebut sebagai rekening giro dikarenakan memiliki saldo bersifat dinamis dan juga dapat berubah-ubah. Atau dalam bahasa inggris disebut dengan current account. Pengertian rekening koran sendiri merupakan salah satu dari berbagai jenis rekening yang ada di bidang akuntansi, jenis lainnya yaitu berupa rekening aktif dan rekening mati serta rekening tagihan.

Rekening koran dapat berupa rekening individu ataupun suatu perusahaan. Perbedaan rekening koran dari buku rekening seperti biasanya yang berupa isi dalam rekening koran yang tidak hanya berbentuk informasi debit maupun kredit, akan tetapi mengenai tujuan transaksi dan kemana tujuannya.

Pencetakan dalam rekening koran juga akan dikenai biaya untuk per lembarnya, akan tetapi ada juga suatu bank yang akan memberikan rekening koran tersebut dengan rutin tanpa memungut biaya tambahan. Kegunaanya sendiri yaitu untuk mendapatkan informasi mengenai ringkasan transaksi, untuk dijadikan bukti hukum, pengajuan visa dan pinjaman, dan banyak lagi.

Cara Mencetak Rekening Koran

Cara cetak rekening koran tergantung dengan keperluan dari nasabah. Jika menginginkan data tanpa memerlukan legalitas maupun disahkan dari bank, nasabah dapat mencetak secara pribadi dengan cara cetak rekening koran melalui internet banking maupun m-banking. Dan jika ingin disahkan atau legal maka para nasabah dapat mencetanknya melalui kantor bank cabang.

 

Cara mencetak rekening koran dapat dilakukan dengan cara online maupun offline, begini caranya:

Cara mencetak rekening koran offline

  1. Mendatangi kantor bank cabang maupun pusat dengan membawa dokumen berupa buku tabungan asli, kartu ATM, KTP
  2. Mengambil nomor antrian dalam mengantri pada layanan customer service.
  3. Memberitahu maksud dan tujuan ke customer service dengan memberikan berkas persyaratan yang dibawa mengenai pencetakan rekening koran.
  4. Setelah dicetak dapat untuk diberikan legalitas dengan cap bank dan juga tandatangan dari bank tersebut.

Cara mencetak rekening koran online

Cara cetak rekening koran online bisa dengan cara melalui Internet banking maupun m-banking. Keuntungan apabila mencetak online yaitu dapat diproses secara cepat. 

Fungsi dari Rekening Koran

  1. Pengajuan dalam Pinjaman

Apabila memerlukan dana dan juga ingin mengajukan pinjaman, pastinya suatu bank meminta suatu catatan mengenai riwayat transaksi dalam keuangan. Dan juga rekening koran dapat dijadikan sebagai dokumen yang dapat menunjang apabila mengajukan permohonan tertentu, agar dapat memberikan bukti apabila memiliki alur pada keuangan yang baik dalam rekening tersebut.

  1. Menjadikannya sebagai bukti hukum

Rekening koran ini dapat juga dijadikan sebagai suatu bukti hukum resmi apabila suatu ketika Kita terlibat perdebatan bersama orang lain yang berkaitan mengenai suatu mutasi rekening. Misalnya saja dikala kita yakin sudah mengirim setoran uang agar dapat melakukan pembayaran pesanan pada suatu toko online, tetapi pihak penjual mengatakan jika tidak adanya uang yang masuk. Sehingga pesanan Kita tidak dapat dikelola. Maka dari itu rekening koran dapat dijadikan sebagai bukti.

  1. Berfungsi untuk pengajuan Visa

Seandainya kita berkeinginan untuk bertamasya ataupun pergi ke suatu negara, ada beberapa negara yang mengharuskan kita mempunyai visa. Dikala pada saat itulah rekening koran memiliki peranan. Saat berkeinginan dalam pengajuan visa, kita sepatutnya dapat menandakan bahwa Kita memiliki cukup dana agar tak terlantar di negara tujuan. Umumnya syarat yang dipinta yakni menyertakan beragam dokumen yang bisa dinilai untuk memberikan info dan membuktikan keadaan finansial kita dari rekening tersebut. 

  1. Untuk Mengetahui Informasi Mengenai Transaksi

Rekening koran ini biasanya sama seperti buku tabungan, yaitu bisa menunjukkan transaksi yang dilakukan dalam kurun waktu yang tertentu. Informasi yang berada pada rekening koran merupakan jumlah saldo permulaan hingga akhir bulan, bunga bank, arus debit-kredit dan tarif administrasi.

Rekening koran memiliki kelebihan juga yakni bukan cuma mencantumkan tanggal maupun waktu seperti pada buku tabungan, melainkan juga memiliki pesan yang tercantum dikala transaksi dilaksanakan dan hal terperinci lain.

  1. Ikut lelang

Untuk Kalian yang sungguh-sungguh berminat ikut serta lelang, Kita akan dipinta rekening korannya. Khususnya pada lelang suatu proyek yang dimiliki oleh suatu swasta maupun pemerintahan. Peserta pelelangan harus bisa memberikan mengenai bukti kepemiliki dari dana dengan memperlihatkan dari jumlah saldo di rekening. Dan jangan lupa agar melampirkan rekening koran ke dalam bentuk dokumen prasyat dalam pelelangan.

  1. Audit Keuangan Perusahaan

Rekening koran memiliki peranan fungsi yang penting. Fungsinya sendiri yaitu untuk bisa menjalankan suatu rekap daftar mengenai keuangan mau itu transaksi arus keluar ataupun masuk. Jadi seandainya ada sebuah hal yang tak wajar pada sebuah transaksi rekening dari perusahaan, maka bisa langsung untuk periksa agar dapat diproses. 

Cara dalam pengajuan Rekening Koran

cek rekening koran

  1. Membawa Kartu Debit

Persyaratan lainnya yaitu membawa kartu debit dikarenakan Customer service memerlukan para nasabahnya agar bisa memperlihatkan kartu debit untuk dijadikan bukti dari kepemilikan dari rekening dan juga nasabah bank.

Karena itu jangan lupa untuk membawa kartu debit dikala Anda berkeinginan mencetak rekening koran, sebab apabila Anda tidak menyiapkannya, maka para petugas tersebut tidak dapat untuk memproses permohonan dari anda untuk bisa pencetakan rekening.

 2.Membawa Kartu identitas

Petugas bank berikutnya akan memeriksa sebuah tanda pengenal agar dapat dicocokan pada identitas diri melalui melihat buku tabungan. Maka dari itu, bawalah KTP dan juga dokumen lainnya, contohnya paspor maupun Surat Izin dalam Mengemudi seandainya tak bisa memperlihatkan dari kartu tanda penduduk. 

  1. Membawa Berkas Asli

Supaya bisa mencetak rekening, para nasabah sepatutnya datang sendiri dan juga membawa buku tabungan dalam bentuk aslinya.

Itulah tadi pembahasan mengenai Rekening koran beserta dengan fungsinya dan juga cara untuk membuatnya, semoga dapat membantu.