Pengertian Reksdana Pendapatan Tetap dan Keunggulannya

keunggulan reksadana

Apa itu reksadana pendapatan tetap? Pada saat ini banyak dari masyarakat berinvestasi dan juga mencari dari berbagai jenis investasi yang sangat menguntungkan untuk mereka. Jenis investasi yang pada saat ini sangat digandrungi di kalangan masyarakat yaitu Reksa dana. Investasi dari reksa dana dipercaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi lainnya.

 Pengertian reksa dana adalah perusahaan yang menghimpun dana yang dikelola dari masyarakat yang ingin menjadi investor dengan cara menanamkan modalnya. Dana yang sudah terkumpul akan dikelola dari pihak manajer investasi menuju ke beberapa macam instrumen investasi lainnya, seperti obligasi, deposito, dan juga saham.

 Berinvestasi dengan reksa dana dapat dikatakan cocok bagi masyarakat awam jika berkeinginan untuk menginvestasikan uang ataupun aset mereka dengan sedikit modal dan juga belum memahami tentang pengertian reksadana secara detail.

 Sebelum membahas mengenai keunggulan reksa dana, disini kita akan membahas terlebih dahulu tentang beberapa jenis dari reksa dana, yaitu Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Apa yang dimaksud dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap

 Jenis dari Reksa Dana dimasa seorang investor telah memberikan sekitar 80% asetnya untuk diinvestasikan berupa bentuk obligasi. Obligasi dapat diberikan dari pemerintah dan juga suatu perusahaan. Instrumen obligasi merupakan surat berharga, dan juga obligasi mempunyai jangka waktu panjang. Jangka waktu yang dimiliki Reksa Dana Pendapatan Tetap mempunyai waktu sekitar 1-3 tahunan agar mendapatkan return  atau tingkat pengembalian yang lebih stabil.

Keunggulan dari Reksa Dana Pendapatan Tetap

 Reksa Dana merupakan salah satu dari berbagai investasi yang terbilang aman, dengan memiliki resiko yang lebih kecil. Jadi apa saja Keunggulan reksadana yang akan diperoleh bagi para investor, berikut adalah keuntungannya :

1. Memiliki Risiko yang cukup rendah

 Risiko yang dimiliki oleh Reksa Dana Pendapatan Tetap dibandingkan dengan reksa dana saham jauh lebih rendah, dikarenakan nilai nya yang stabil. Maka dari itu, keuntungan yang didapatkan dari reksa dana pendapatan tetap cenderung stabil karena, kebanyakan aset maupun dana investasi akan diletakkan pada produk-produk yang dapat memperoleh keuntungan terus-menerus. 

2. Keuntungannya lebih tinggi dibandingkan deposito

 Reksa dana Pendapatan Tetap memiliki keuntungan yang besar dibandingkan dengan deposito bank.

3. Investasi yang dapat dilakukan dengan modal sedikit

 Reksa Dana Pendapatan Tetap dapat anda lakukan dengan hanya bermodalkan uang sebesar 100 ribu saja, dan bahkan juga ada beberapa e-commerce, yang dapat menginvestasikan reksadana hanya dengan modal 10 ribu rupiah. 

Perbedaan Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Deposito

investasi reksadana

 Dalam investasi deposito dan juga Reksa Dana Pendapatan Tetap menjadi investasi yang sangat diminati. Masing-masing investasi ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Terdapat beberapa perbedaan antara deposito dan Reksa Dana Pendapatan Tetap :

  •         Dana Minimal yang Dibutuhkan

Seperti yang disebutkan sebelumnya reksa dana jauh lebih mudah yang disebabkan dari minimal jumlah untuk di investasikan sangat rendah, cukup hanya bermodalkan 100 ribu rupiah, Anda sudah dapat untuk membuka Reksa Dana.

Sedang dari pihak deposito, untuk membuka deposito dana minimalnya ditentukan oleh pihak bank. Apabila Anda tidak mempunyai dari jumlah minimal, maka Anda tidak dapat untuk membuka deposito. Dan memberatkan para calon investor yang ingin memulain berinvestasi dengan modal yang minim.

  •         Jangka Waktu

 Investasi deposito memiliki jangka waktu tertentu yang wajib untuk dipenuhi, contohnya dari 1-3 bulan bahkan hingga sampai 1 tahun lamanya. Apabila Anda ingin mengambil dana sebelum tanggal dari jatuh temponya, maka Anda akan diberikan penalti berupa denda dari pihak bank.

 Reksa Dana Pendapatan Tetap maupun reksa dana jenis lainnya, bisa untuk ditarik kapan saja sesuai dengan waktu yang Anda inginkan, dan juga proses pencairannya yang sangat mudah tanpa dikenakan penalti.

  •         Resiko

Deposito merupakan investasi yang hampir tidak memiliki resiko, dalam artian uang yang telah didepositokan kepada pihak bank akan aman. Jika terjadi suatu hal pada bank di waktu mendatang, maka semua aset yang dimiliki oleh nasabah akan dikembalikan oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Dikarenakan pendapatan yang diperoleh tetap dan memiliki resiko rendah, Maka Uang para nasabah yang diolah pada bentuk obligasi memiliki kemungkinan dalam mengalami kerugian, dan tentu saja akan berdampak kepada para investor.

  •         Hasil

Keuntungan yang akan diperoleh investor deposito yang berjangka  sudah dipastikan dan telah ditetapkan dari awal. Walaupun terjadi sesuatu, para nasabah akan tetap mendapatkan keuntungan dan juga uang yang telah ditanamkan kembali setelah jangka waktu ditentukan.

Sementara itu, Reksa Dana bergantung  terhadap selisih NAB atau Nilai Aktiva Bersih dengan jumlah yang tida menentu.

 Untuk Anda yang berkeinginan untuk investasi, sangat diperlukan untuk mencari informasi secara rinci terhadap jenis-jenis investasi. Apalagi jika anda berminat pada investasi reksa dana pendapatan tetap. Anda perlu mempelajari lagi tentang pengertian reksadana maupun keunggulan reksadana secara lebih mendalam.